Sukses

5 Cara Menghilangkan Bau pada Termos, Mudah Dilakukan

Rasa minuman yang menggunakan air dari termos bau bisa berubah.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan bau pada termos ada baiknya untuk dipahami, agar tidak membuat kenyamanan saat mengonsumsi minuman kesuakaan jadi terganggu. Sebab, selain dari faktor bau yang kurang sedap, rasa dari minuman yang menggunakan air dari termos juga bisa saja berubah. Itulah mengapa cara menghilangkan bau pada termos menjadi sangat penting dipahami.

Mungkin Anda sudah mencoba berbagai cara menghilangkan bau pada termos, baik dengan sabun cuci piring hingga digosok dengan alat khusus pembersih termos. Tapi, apakah cara menghilangkan bau pada termos tersebut berhasil? Jika belum, maka Anda perlu mencoba beberapa cara menghilangkan bau pada termos yang bisa menjadi alternatif ini.

 

Untuk menunjang agar hasil dari cara menghilangkan bau pada termos ini dapat maksimal, Anda membutuhkan bahan-bahan khusus yang tidak sulit untuk didapatkan. Selain itu, bahan penunjang cara menghilangkan bau pada termos ini juga tidak semahal jika Anda membeli sabun khusus untuk mencuci botol.

Nah, supaya Anda bisa segera mempraktikkan cara menghilangkan bau pada termos tersebut, maka di bawah ini Liputan6.com sudah merangkum informasi tersebut untuk Anda, Sabtu (25/7/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Cuci Termos dengan Air Panas

Cara menghilangkan bau pada termos dimulai dari langkah pertama, yaitu dengan mencuci termos tersebut menggunakan air panas. Anda cukup menyiapkan air dengan takaran seukuran termos. Lalu, Anda bisa merebusnya hingga mendidih. Lalu, masukkan air panas tersebut ke dalam termos sembari di goyang-goyangkan agar seluruh dinsing dalam termos terkena air panas.

Jika sudah, maka Anda bisa membuang airnya terlebih dahulu lalu sikat dengan alat sikat botol. Jangan lupa untuk berhati-hati ketika melakukan pembersihan dengan air panas, sebab bisa membuat kulit Anda melepuh karena cipratan air panas tersebut.

3 dari 6 halaman

2. Gunakan Cuka untuk Membersihkan Termos

Jika menggunakan air panas masih belum terasa hasil yang diharapkan, maka selanjutnya Anda bisa mencoba cara menghilangkan bau pada termos dengan menggunakan bantuan dari cuka. Cuka yang digunakan cukup cuka meja yang biasa dijual di warung-warung terdekat.

Selain ampuh menghilangkan bau tidak sedap pada termos, penggunaan cuka juga ampuh untuk menghilangkan beks noda pada termos. Biasanya bekas noda ini karena termos pernah digunakan sebagai wadah teh atau kopi, yang umumnya meninggalkan noda cokelat.

Nah, langkah untuk menggunakan cuka sebagai penghilang bau pada termos cukup mudah. Pertama Anda cukup menuangkan cuka ke dalam segelas air. Lalu Anda bisa melarutkannya hingga tercampur rata. Jika sudah tercampur rata, Anda bisa memberi sedikit baking soda.

Pastikan semua bahan tercampur rata. Lalu tuangkan seluruh larutan ke dalam termos dan tutup rapat. Setelah dipastikan tertutup rapat, selanjutnya kocok-kocok termos selama 1-2 menit. Setelah itu buang larutan cuka tersebut dan bilas termos kembali dengan sabun pencuci botol atau piring hingga bersih.

4 dari 6 halaman

3. Gunakan Larutan Baking Soda

Jika cara menghilangkan bau pada termos sebelumnya menggunakan cuka yang dicampur sedikit baking soda, maka langkah ini tidak diperlukan tambahan cuka. Anda bisa langsung saja melarutkan baking soda ke dalam air panas. Lalu pastikan seluruh bagian termos terendam oleh baking soda tersebut.

Jika sudah dipastikan semua bagian terkena baking soda, selanjutnya diamkan larutan tersebut hingga 15 menit. Setelah itu, Anda bisa membuagn larutan baking soda dan membilas termos dengan menggunakan sabun cuci piring atau botol sembari di gosok hingga merata dengan sikat khusus botol.

5 dari 6 halaman

4. Bersihkan dengan Tepung Maizena

Tepung maizena? Mungkin Anda bertanya-tanya, apakah bisa tepung ini digunakan untuk menghilangkan bau pada termos, dan jawabannya adalah, ya, tepung maizena sangat ampuh dalam menghilangkan bau pada termos tersebut.

Terutama jika termos tersebut sering digunakan sebagai tempat menyimpan kopi atau teh yang biasanya meningglkan noda cokelat ke kuningan di termos. Cara penggunaan tepung mazena ini juga cukup mudah. Caranya cukup dengan mencampurkan tepung maizena dengan sedikit cuka hingga campuran tersebut membentuk tekstur seperti pasta. Dan, selanjutnya oleskanlah ke seluruh dinding termos dan diamkan selama 30 menit.

Selain bau dari termos tersebut dapat hilang, noda yang menempel pada termos juga dengan mudah bisa disingkirkan. Tapi jangan lupa, untuk membilas termos tersebut hingga bersih.

6 dari 6 halaman

5. Lap Sampai Kering

Dan cara menghilangkan bau pada termos yang terakhir ditutup dengan prosesi pengeringan dari termos. Sebab hal ini seringkali di abaikan. Padahal, salah satu kebiasaan yang menyebabkan termos menjadi kurang sedap baunya justru karena lembab pada termos itu sendiri, yang diakibatkan tidak keringnya termos setelah dicuci.

Jadi, jika Anda sudah selesai mencuci termos baik dengan berbagai cara di atas, jangan lupa lap sampai kering, terutama sebelum disimpan dan belum digunakan dalam jangka waktu dekat. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini