Sukses

5 Cara Membuat Kandang Ayam Sederhana, Pahami Langkah Dasarnya

Cara membuat kandang ayam sederhana sangat mudah apabila sudah memahami langkah-langkah dasarnya.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat kandang ayam sederhana tidak memerlukan berbagai alat khusus dan mahal dalam praktiknya. Selain itu, banyaknya orang yang ingin tahu bagaimana cara membuat kandang ayam sederhana tidak lepas dari semakin populernya tren beternak ayam, baik yang fokus untuk diambil dagingnya atau sekadar telurnya saja.

Rasanya cukup logis jika cara membuat kandang ayam sederhana ingin diketahui banyak orang. Hal ini tidak lepas dari proses memulai bisnis ternak ayam, yang memang membutuhkan modal tidak sedikit, terutama dari segi kandang yang digunakan. Tentunya daripada membeli, lebih baik mempelajari cara membuat kandang ayam sederhana, karena bisa menekan pengeluaran yang menjadi beban cukup besar di bisnis ternak ayam ini.

Sebelum mempraktikkan cara membuat kandang ayam sederhana, ada baiknya untuk memperhatikan hal yang cukup mendasar dan penting untuk dipahami. Berikut ini Liputan6.com telah merangkumnya untuk Anda, Sabtu (25/7/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Membuat Kandang

Ukuran

Sebelum membuat kandang ayam, pastikan jika Anda sudah menghitung jumlah ayam yang dimiliki. Sebab, hal ini untuk menghindari ayam terlalu stress akibat kurang leluasa dalam bergerak. Sebagai contoh, jika Anda memiliki 100 ekor ayam, maka Anda bisa membuat kandang dengan ukuran 10 meter persegi.

Posisi

Selain dari ukuran, Anda juga perlu memastikan jika posisi kandang ayam ini tidak terlalu mengganggu warga sekitar. Sebab, selain aroma yang kurang sedap, faktor kesehatan juga berisiko terdampak. Terutama jika kasusnya ada flu burung seperti beberapa tahun lalu.

Ada baiknya kandang ayam dibuat kurang lebih berjarak 250 meter. Selain itu, pastikan jika Anda membuat kandang ayam yang memiliki posisi lebih tinggi, agar tidak digenangi air saat hujan. Lalu usahakan kandang ayam menghadap ke timur, karena bagus bagi kesehatan ayam.

Material

Selanjutnya diperlukan pemahaman mengenai material yang akan digunakan untuk membuat kandang sederhana. Anda bisa menggunakan bahan-bahan seperti triplek atau bambu. Selain murah, bahan tersebut mudah diolah sedemikian rupa agar menjadi kandang ayam yang layak pakai.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Kandang Ayam Sederhana

1. Siapkan alat dan bahan

Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk mempraktikkan cara membuat kandang ayam sederhana dimulai dari gergaji. Alat ini digunakan untuk memotong balok kayu atau bambu. Selanjutnya, Anda perlu menyiapkan amplas, palu, paku ukuran kecil dan sedang, meteran, serta pensil.

Tapia da satu hal yang penting untuk dipersiapkan, yaitu gunakan sarung tangan, sebab tetap saja ada risiko tangan terkena serat dari kayu atau bambu dan bisa membuat luka.

2. Buat kerangka

Umumnya tinggi kaki kandang ayam sekitar 10 cm, kecuali jika Anda ingin membuat kandang yang tidak memiliki lantai. Selain itu, jumlah dari kaki kandang ayam baiknya disesuaikan dengan panjang kandang itu sendiri.

Apabila semakin panjang kandang, maka semakin banyak pula jumlah pasang kaki yang perlu digunakan untuk menopang bobot dari kandang supaya kokoh berdiri. Lalu, ketika membuat bagian kerangkan, jangan lupa mengukur ukuran dari atap.

3. Membuat lantai kandang

Jka bagian kerangkan sudah dibuat denga sedemkian rupa, maka selanjutnya Anda perlu mengukur bagian dari lantai kandang. Tahap ini biasanya digunakan pada jenis ayam potong atau petelur. Sebab, bagi jenis ayam kampung akan sanagt sulit beradaptasi dalam keadaan kandang yang memiliki lantai buatan.

Saat membuat lantai kandang usahakan kontruksinya kokoh. Sebab selain bagian kaki-kaki pada kandang, bagian lantai juga turut serta menopang keseluruhan bobot dari ayam peliharaan Anda. Apabila Anda menggunakan bahan bambu sebagai lantainya, pastikan bambu tersebut sudah Anda amplas hingga halus dan dibersihkan dari berbagai material tajam yang bisa melukai ayam, serta jangan terlalu rapat ketika memasang lantai, tujuannya agar kotoran ayam bisa lebih mudah jatuh ke bawah kandang langsung ke tanah.

4. Membuat dinding kandang

Umumnya, dinding kandang ayam dibuat dari bambu yang berukuran sekitar 2-3 cm. lalu untuk panjangnya akan menyesuaikan dengan desain yang Anda buat sebelumnya. Selain menggunakan bahan bambu, Anda juga bisa menggunakan bahan berupa kayu.

Pastikan dinding ini tidak terlalu tinggi, sebab akan mengurangi daya topang dari atap kandang ayam yang Anda buat. Lalu, dinding kandag juga tidak perlu terlalu rapat, agar sirkulasi udara kandang ayam tetap terjaga. Sedangkan yang terakhir, jangan lupa membuat pintu kandang.

5. Membuat atap kandang

Material yang digunakan untuk membuat atap kandang ayam bisa menggunakan bahan triplek. Bahan tersebut cukup kuat untuk menahan terpaan air hujan. Namun, ada bahan lain yang bisa Anda gunakan, seperti asbes. Bahan ini bisa menjadi alternatif yang baik, sebab asbes cenderung mudah menyalurkan hawa panas dan akan berguna untuk menghangatkan suhu kandang ayam di malam hari.

Tapi pastikan jika atap kandang ayam ukurannya lebih besar dari kerangka. Hal ini bertujuan agar saat hujan turun, air hujan tidak rembes ke arah kandang. Sekaligus, langkah ini menjadi cara membuat kandang ayam sederhana. Jadi, selamat mencoba, ya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.