Sukses

6 Cara Membuat Infused Water untuk Jerawat, Kulit Lebih Sehat

Cara membuat infused water untuk jerawat tidak begitu sulit diterapkan.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat infused water untuk jerawat dipengaruhi oleh bahan-bahan yang digunakan. Jika bahan-bahan yang kamu gunakan dalam membuat infused water mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk jerawat, tentunya kamu bisa mengatasi masalah kulit tersebut. 

Apalagi, manfaat infused water tentunya tidak hanya untuk kecantikan saja, namun juga baik untuk kesehatan. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi infused water secara teratur untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.

Cara membuat infused water untuk jerawat tidak begitu sulit diterapkan. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami dari daun-daunan sehat hingga buah atau sayur dalam pembuatannya. Pastikan buah atau sayur dan daun yang kamu gunakan adalah bahan yang segar agar mendapatkan kesegaran dan manfaat yang maksimal.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (26/7/2020) tentang cara membuat infused water untuk jerawat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara Membuat Infused Water Lemon

Salah satu infused water yang cukup digemari adalah yang menggunakan bahan lemon. Lemon memang memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Salah satu jenis nutrisi yang terkandung di dalam infused water lemon adalah vitamin C. Tidak hanya bermanfaat pada kecantikan, infused water lemon juga sangat baik untuk menurunkan berat badan, menyehatkan pencernaan, dan menurunkan risiko terjadinya berbagai penyakit.

Berikut cara membuat infused water untuk jerawat menggunakan lemon:

1. Siapkan 2 buah lemon segar lalu cuci sampai bersih. Kemudian, potong-potong buah lemon menjadi 8 bagian.

2. Lalu, siapkan air putih sebanyak 200 ml. jika memungkinkan gunakan air matang agar mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Masukan potongan buah lemon ke dalam air yang sudah disiapkan.

4. Setelah seluruh buah lemon masuk ke dalam air, diamkan buah tersebut selama 1 – 2 jam.

5. Jika air dirasa sudah asam, berarti infused water lemon sudah siap dikonsumsi.

Kamu juga dapat menambah waktu rendam. Jika menginginkan tingkat keasaman yang lebih tinggi, maka kamu dapat merendamnya dalam waktu yang lebih lama. Selain itu, untuk menambahkan kesegarannya, kamu juga dapat memasukkan es batu ke dalamnya.

3 dari 7 halaman

Cara Membuat Infused Water Mentimun

Cara membuat infused water untuk jerawat selanjutnya bisa dengan menggunakan mentimun. Pasalnya, mentimun merupakan sayuran segar yang punya segudang manfaat bagi kecantikan dan kesehatan kulit.

Kandungan silika dalam mentimun sangat baik untuk otot dan kulit. Irisan mentimun yang telah direndam dalam infused water juga masih bisa digunakan untuk masker jerawat pada wajah.

Sama dengan cara membuat infused water lemon, cara membuat infused water mentimun juga cukup mudah. Cukup dengan memasukkan mentimun yang sudah kamu iris tipis-tipis ke dalam botol berisi air matang. Agar mendapatkan hasil dan rasa yang maksimal, diamkan infused water mentimun ini selama 24 jam. Simpan di kulkas agar tetap segar.

4 dari 7 halaman

Cara Membuat Infused Water Daun Mint

Kamu juga bisa mengikuti cara membuat infused water untuk jerawat menggunakan daun mint. Hal ini karena daun mint diketahui memiliki kandungan antioksidan yang baik, sehingga dapat menghilangkan racun-racun yang ada di dalam tubuh dan juga kulit.

Selain itu, daun mint juga dapat memperlancar proses pencernaan tubuh. Ketika proses pencernaan berlangsung dengan lancar, maka proses detoksifikasi alami pada tubuh pun jadi lancar. Efeknya, kulit akan semakin bersih dan berkilau.

Cara membuatnya tidak sulit, kamu tinggal memasukkan setangkai daun mint kedalam botol berisi air matang. Sebelum mencampurkan daun mint dengan air, kamu harus meremas daun mint terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar minyak alami daun mint mudah terlepas. Kemudian, simpan infused water semalaman di kulkas. Keesokan harinya, infused water sudah siap untuk diminum.

5 dari 7 halaman

Cara Membuat Infused Water Jeruk Nipis + Stroberi

Cara membuat infused water untuk jerawat juga bisa dengan memanfaatkan jeruk nipis dan stroberi.  Infused water stroberi dan jeruk nipis ini mengandung vitamin C yang tinggi. Mengonsumsinya bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme.

Infused water ini bisa disajikan dalam keadaan hangat atau dingin. Kombinasi dua buah yang mengandung vitamin C tinggi ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh sekaligus menurunkan berat badan.

Cara membuat infused water dari jeruk nipis dan stroberi juga sangat mudah. Potong tipis-tipis stroberi dan jeruk nipis lalu masukkan ke dalam botol berisi air matang. Simpan di dalam kulkas kurang lebih 3-4 jam.

6 dari 7 halaman

Cara Membuat Infused Water Kayu Manis + Apel

Kayu manis dan apel merupakan dua bahan yang sangat baik untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Kayu manis dapat mengontrol kadar gula sehingga permasalahan pada kulit, seperti kulit kering atau keriput tidak akan terjadi. Kayu manis juga bisa meminimalisir resiko jerawat pada kulit.

Sedangkan apel kaya akan vitamin C, flavanoid, dan juga polifenol sehingga menjadikannya sebagai antioksidan yang baik. Apel juga mengandung vitamin A dimana di dalamnya terdapat beta-karoten yang sangat dibutuhkan oleh kulit dan dapat mencegah terbentuknya sel kanker.

Cara membuat infused water untuk jerawat dengan kedua bahan ini juga sangat mudah. Potonglah 1 buah apel, lalu iris tipis-tipis. Agar buah apel tidak berubah menjadi coklat akibat terkena sari dari kayu manis, kamu perlu menggunakan air dingin dan segera menyimpannya ke dalam kulkas. Karena apel butuh waktu lama untuk mengeluarkan rasanya, maka kamu harus menyimpannya dulu semalaman atau paling tidak selama 4 jam sebelum dikonsumsi.

7 dari 7 halaman

Cara Membuat Infused Water Daun Basil

Minyak yang terdapat pada daun basil mengandung zat anti-inflamasi yang baik bagi kulit. Selain itu, daun basil juga mengandung senyawa flavonoid yang ampuh untuk melindungi kulit dari berbagai macam kerusakan. Jadi, sudah barang tentu kamu bisa memanfaatkannya sebagai cara membuat infused water untuk jerawat.

Cara membuat infused water dengan daun basil yaitu, masukkan 6-8 lembar daun basil ke dalam botol berisi air matang. Jangan lupa untuk meremas atau meremukkan daun basil terlebih dahulu sebelum mencampurnya dengan air. Gunakan air dingin agar infused water terasa lebih segar. Simpan di dalam kulkas semalam untuk mendapat rasa terbaik, atau minimal 1 jam.

Itulah beberapa cara membuat infused water untuk jerawat yang bisa kamu terapkan. Kamu bisa mengonsumsinya secara teratur sekaligus untuk menjaga kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini