Sukses

5 Tempat Dengan Nama Terpanjang di Dunia, Ada yang Terdiri dari 85 Huruf

Liputan6.com, Jakarta Nama sebuah tempat biasanya mengandung nilai historis yang melekat pada waktu tertentu. Agar mudah untuk mengingatnya, maka pada umumnya sebagian besar wilayah, kota, provinsi, dan tempat memiliki nama yang cukup singkat.

Hal ini tentu dilakukan agar memudahkan untuk mengingat, menyebut, dan menuliskan tempat tersebut. Biasanya, tentu nama tempat atau lokasi tidak lebih dari beberapa suku kata.

Namun, hal berbeda akan anda dapati di beberapa tempat ini. Meski terkesan tak ada yang spesial dari tempat tersebut, namun nama-nama yang digunakan cukup tidak lazim, bahkan ada yang terdiri dari 85 huruf.

Penasaran? Berikut ini ulasan tentang 5 nama tempat terpanjang di dunia dirangkum dari World Atlas oleh Liputan6.com, Selasa (28/7/2020).

 

2 dari 6 halaman

1. Ateritsiputeritsipuolilautatsijanka - Finlandia

Berlokasi di negara Finlandia, tempat ini memiliki nama yang terdiri dari 35 huruf dengan satu kata terpanjang ketiga di Eropa. Lokasi kota ini berada di daerah rawa di Lapadia. Ateritsiputeritsipuolilautatsijanka tidak berasal dari bahasa manapun, melainkan pemberian dari pemilik seorang bar atau pub yang ingin mendaftarkan lahan miliknya kepada negara.

Hal tersebut dilatarbelakangi oleh dua upaya pendaftaran yang ia lakukan sebelumnya ditolak karena sudah pernah digunakan oleh pihak lain. Maka dari itu, ia mengarang nama yang panjang dan rumit dan mendaftarkannya dengan alasan bahwa tak mungkin nama karangannya tersebut sudah digunakan. Kini, bar tersebut telah tutup namun namanya masih terkenang hingga kini.

3 dari 6 halaman

2. Azpilicuetagaraycosaroyarenberecolarrea - Spanyol

Selanjutnya, ada Azpilicuetagaraycosaroyarenberecolarrea di Spanyol yang terdiri dari 39 huruf. Nama ini merupakan terpanjang nomor 2 di Benua Eropa dan terpanjang di Negara Spanyol. Nama daerah ini menggunakan bahasa Bosque. Azpilicuetagaraycosaroyarenberecolarrea jika diterjemahkan berarti 'Padang rendah di tanah tinggi Azpilkueta'.

4 dari 6 halaman

3. Chargoggagoggmanchauggagoggchaubunagungamaugg - Amerika Serikat

Sekilas, tempat ini mungkin terlihat seperti danau pada umumnya. Namun, ternyata danau ini memiliki nama yang ekstra panjang. Chargoggagoggmanchauggagoggchaubunagungamaugg berada di Webster, Massachusetts, Amerika Serikat. Lebih sering disebut dengan nama Danau Webster, sebab nama resminya memang kelewat sulit diucapkan. 

Nama danau ini berasal dari dialek Nipmuc yang termasuk dalam bahasa Algonquian. Chargoggagoggmanchauggagoggchaubunagungamaugg jika diterjemahkan berarti 'titik memancing yang berada di perbatasan dan termasuk titik temu netral,' karena memang terletak di dekat perbatasan Massachusetts dan Connecticut.

5 dari 6 halaman

4. Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch - Inggris

Terdiri dari 58 huruf, Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch menjadi tempat dengan nama terpanjang dan tersulit untuk diucapkan di Inggris dan Eropa. Tempat ini terletak di Wales, Kepualauan Anglesey, Inggris. Saking panjangnya, pemukiman ini sering disingkat menjadi Llanfairpwll atau Llanfair PG.

Awalnya tempat ini bernama Llanfair Pwllgwyngyll, lalu diubah menjadi namanya yang sekarang pada tahun 1860 untuk keperluan promosi. Nama yang sangat panjang itu diharapkan bisa mendatangkan turis.

6 dari 6 halaman

5. Taumatawhakatangi­hangakoauauotamatea­turipukakapikimaunga­horonukupokaiwhen­uakitanatahu - Selandia Baru

Terdiri dari 85 huruf, Taumatawhakatangi­hangakoauauotamatea­turipukakapikimaunga­horonukupokaiwhen­uakitanatahu menjadi nama tempat terpanjang di dunia. Hal ini pun sudah tercatat dalam Guinness World Records.

Terletak di dekat Porangahau, Hawke's Bay, Selandia Baru, bukit ini kerap disingkat menjadi Taumata karena memiliki nama yang terlalu panjang. Taumatawhakatangi­hangakoauauotamatea­turipukakapikimaunga­horonukupokaiwhen­uakitanatahu jika diterjemahkan memiliki arti, 'tempat di mana Tamatea, pria yang memiliki lutut besar, sang pendaki gunung, peluncur, dan pelahap bumi yang berkelana memainkan flute hidung miliknya untuk orang-orang terkasih.'