Sukses

5 Perbedaan Mobil dengan Mesin Diesel Vs Bensin, Cermati Sebelum Membeli

Liputan6.com, Jakarta Meski secara kasat mata terlihat sama, ada beberapa perbedaan mobil yang menggunakan mesin diesel dan bensin yang baiknya Anda ketahui. Hal ini akan membantu Anda untuk mempertimbangkan mana jenis mesin mobil yang lebih baik Anda pilih sebelum akhirnya membeli mobil dalam kondisi baru maupun bekas.

Hal ini tidak terlepas dari perbedaan mesin diesel dan bensin yang memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing, terutama dari segi perawatan dan performa. Bahkan, dari segi kenyamanan berkendara juga ada sedikit perbedaan mesin diesel dan bensin yang cukup kentara.

Jenis mesin diesel umumya bisa ditemui pada mobil dengan bodi kekar atau jenis mobil semi truck. Sebab, diesel memiliki torsi pada putaran bawah yang dibutuhkan untuk mendongkrak daya dorong dari mobil. Namun, mesin diesel yang menggunakan bahan bakar solar ini memiliki kekurangan dari segi asap kendaraan.

Meski begitu, dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini cukup memberi inovasi dari segi performa dan kualitas asap kendaraan yang dihasilkan dari mesin diesel. Itulah mengapa Anda tidak perlu taku untuk memilih mobil yang memiliki mesin berjenis diesel.

Di sisi lain, mobil dengan mesin yang menggunakan bensin sudah cukup umum digunakan. Selain itu, dari segi harga umumnya mobil dengan mesin bensin memiliki harga yang relatif lebih murah. Hal tersebut yang juga bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum memilih mobil baru.

Secara lebih dalam, apa sebenarnya perbedaan mesin diesel dan bensin yang cukup terasa? Di bawah ini Liputan6.com sudah merangkum informasi mengenai berbagai perbedaan mesin diesel dan bensin yang baiknya Anda pahami sebelum membeli mobil, Selasa (28/7/2020).

2 dari 6 halaman

1. Jenis Bahan Bakar yang Digunakan

Perbedaan mesin diesel dan bensin yang paling terlihat yaitu dari segi bahan yang digunakan. Jenis bahan bakar dari mobil diesel ialah jenis solar. Sedangkan mobil bensin sudah jelas memakai bahan bakar bensin.

Mesin diesel memerlukan proses udara dikompresi terlebih dahulu dan bahan bakar disuntikkan karena udara memanas ketika dikompresi, sehingga bahan bakar akhirnya menyala. Sedangkan pada mesin yang menggunakan bensin, bahan bakar dicampur dengan udara, kemudian dikompres dengan piston lalu dinyalakan oleh percikan api dari busi.

3 dari 6 halaman

2. Perbedaan dari Performa

Perbedaan mesin diesel dan bensin selanjutnya bisa dirasakan dari tingkat performa yang dimiliki. Secara umum, dari segi kekuatan peforma mesin diesel lebih unggul jika dibandingkan dengan mesin bensin. Jika Anda pernah memperhatikan truk dan bus di jalan raya, keduanya mampu berjalan tanpa hambatan meski membawa beban berat.

Selain itu, mesin diesel sangat mampu untuk menempuh perjalanan yang jauh dengan medan yang cukup sulit untuk dilalui. Sedangkan jenis mesin yang menggunakan bensin memiliki banyak keunggulan dari segi akselerasi.

4 dari 6 halaman

3. Konsumsi Bahan Bakar

Salah satu hal yang perlu dipertimbangkan ketika akan memilih mobil tentunya dilihat dari segi konsumsi bahan bakarnya. Lalu, irit mesin diesel atau bensin? Jenis mesin diesel memiliki Air Fuel Ratio (AFR) pada tingkat 22:1, dimana maksudnya adalah 22 molekul udara dibanding satu molekul solar, sehingga membuat diesel mampu mengonsumsi bahan bakar lebih irit jika dibandingkan dengan mesin bensin.

Sedangkan dari jenis mesin bensin memiliki tingkat AFR 14:1 dimana tingkat AFR yang lebih rendah membuat konsumsi dari bahan bakar tersebut menjadi lebih boros. Lalu, proses penguapan pada mesin diesel membuatnya menjadi lebih irit jika dibandingkan dengan bensin yang disemprotkan dalam bentuk cairan.

5 dari 6 halaman

4. Kebisingan Suara

Mungkin faktor ini yang cukup membuat mesin diesel dipandang sebelah mata. Sebab, kebisingan suara mesin diesel memang dikenal lebih bising daripada mesin bensin. Perbedaan proses kompresi yang ada pada mesin diesel dan bensin yang pada akhirnya menjadikan tingkat kebisingannya menjadi berbeda.

Secara umum proses pembakaran pada mesin bensin terbilang lebih sempurna dan mampu memberi suara yang lebih senyap. Hal ini berbeda dengan mesin diesel yang membutuhkan pembakaran dengan suhu tinggi di angka 52 hingga 96 derajat Celcius.

Dikarenakan proses itulah, maka mesin diesel akhirnya dapat menghasilkan kebisingan yang akan terdengar hingga ke bagian luar dari kap mesin. Sedangkan jenis mesin bensin memiliki kebisingan suara yang lebih senyap karena proses pembakarannya lebih sempurna. Namun, dewasa ini pabrikan mobil sudah banyak yang menggunakan inovasi terbaru dan membuat suara dari mesin diesel dapat lebih senyap.

6 dari 6 halaman

5. Faktor Ramah Lingkungan

Perbedaan mesin diesel dan bensin yang juga mudah dipahami adalah dari sisi tingkat keramahan lingkungan. Secara mekanis, jenis mesin diesel tidak mampu melakukan pembakaran dengan sempurna layaknya mesin bensin. Itulah mengapa, asap yang dikeluarkan mesin diesel melalui knalpot dapat menciptakan kepulan asap yang lebih tebal.

Dengan berbagai perbedaan mesin diesel dan bensin yang ada di atas tadi juga menjadi faktor besar yang memengaruhi tingkat harga dari mobil yang ditawarkan.