Sukses

12 Macam-Macam Jenis Kucing Berbulu Panjang, Lucu dan Menggemaskan

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak macam-macam jenis kucing yang bisa dipelihara. Salah satu macam-macam jenis kucing yang banyak disukai adalah kucing berbulu panjang. Ras kucing berbulu panjang tersebar di seluruh dunia.

Macam-macam jenis kucing berbulu panjang banyak dikembangkan sebagai hewan peliharaan. Macam-macam jenis kucing berbulu panjang sebagian merupakan ras asli dan sebagian lagi merupakan persilangan.

Jika kamu berencana ingin mengadopsi kucing, macam-macam jenis kucing berbulu panjang mungkin bisa kamu pertimbangkan. Macam-macam jenis kucing berbulu panjang ini sebagian bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia.

Berikut 12 macam-macam jenis kucing berbulu panjang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (28/7/2020).

2 dari 7 halaman

Macam-macam jenis kucing berbulu panjang

Persia

Persia merupakan macam-macam jenis kucing berbulu panjang yang paling banyak dipelihara. Ciri khas dari kucing ini adalah bulunya yang panjang, lebat, berwajah bulat dan hidung pesek. Kucing persia merupakan salah satu ras kucing tertua yang ada di dunia.

British Longhair

British longhair masih berkerabat dengan kucing British shorthair. British Longhair merupakan persilangan antara British shorthair dan kucing Persia. Ciri khas kucing ini adalah bulunya yang tebal dan panjang, kepala relatif besar, dan mata yang besar dan bulat.

3 dari 7 halaman

Macam-macam jenis kucing berbulu panjang

Ragdoll

Ragdoll merupakan jenis kucing berbadan besar dengan bulu yang lebat. Dinamai Ragdoll karena saat kucing ini diangkat, ia akan tampak lemas dan lunglai, sama seperti sebuah boneka kain. Kucing ini pertama dikembangkan sejak 1960-an di Amerika Serikat. Ragdoll adalah salah satu ras kucing terbesar di dunia yang telah diakui oleh Guinness World Records.

Ragamuffin

Kucing ragamuffin merupakan hasil persilangan antara kucing Ragdoll dengan Persian, Himalayan, dan kucing berbulu panjang lainny. Ragamuffin terkenal karena kepribadiannya yang ramah dan bulunya yang mirip bulu kelinci yang tebal. Ragamuffin adalah kucing yang ramah, baik, sangat jinak, manis, lembut, dan penyayang.

4 dari 7 halaman

Macam-macam jenis kucing berbulu panjang

Anggora

Macam-macam jenis kucing berbulu panjang yang paling populer lainnya adalah anggora. Kucing ini berasal dari Turki yang juga sering disebut Anggora Turki. Sama seperti Persia, Anggora merupakan salah satu ras kucing tertua di dunia. Anggora memiliki hidung yang panjang, kepala yang berbentuk segitiga, serta telinga yang panjang, lebar, dan berbentuk segitiga. Ciri khas kucing ini adalah bulunya yang panjang, tubuh panjang, ramping, langsing dan elegan.

Maine coon

Maine coon merupakan jenis kucing besar dengan bulu panjang. Tubuhnya dapat mencapai ketinggian hingga sekitar 1 meter dengan bobot hingga 6 kg dan jantan sampai 8 kg. Maine coon memiliki kepala yang sedang dan lebar dengan dahi yang sedikit melengkung dan tulang pipi yang menonjol. Ekornya panjang dengan bulu yang lebat.

5 dari 7 halaman

Macam-macam jenis kucing berbulu panjang

Turkish van

Turkish van juga merupakan ras kucing tertua di dunia. Keunikan kucing ini adalah ia sangat senang berenang di air. Kucing ini berkembang di wilayah sekitar danau Van di Turki. Turkish Van memiliki tubuh yang panjang dan langsing dengan rumbai pendek di kakinya.

Himalaya

Kucing himalaya merupakan hasil persilangan antara kucing persia dengan kucing siam. Kucing ini bertubuh gemuk, besar, dan bulat dengan kaki yang pendek seperti kucing persia. Seperti kucing siam, kucing himalaya adalah kucing yang aktif, senang bermain, dan tidak senang bermalas-malasan. Kucing ini adalah kucing yang cerdas, tenang, lembut, komunikatif, dan manis seperti kucing persia.

6 dari 7 halaman

Macam-macam jenis kucing berbulu panjang

Oriental Longhair

Oriental Longhair merupakan jenis kucing domestik yang masih terkait dengan jenis Oriental Shorthair. Ciri khas dari kucing ini adalah tubuh yang panjang dan bentuk kepala segitiga.

Somali

Macam-macam jenis kucing berbulu panjang selanjutnya adalah Somali. Kucing ini juga dikenal sebagai kucing rubah. Ini karena bulu, kepala, telinga, dan ekor mirip dengan rubah. Kucing Somali masih berkerabat dekat dengan kucing Abyssinian yang berasal dari Ethiopia. Somali merupakan kucing yang sangat aktif dan enerjik.

7 dari 7 halaman

Macam-macam jenis kucing berbulu panjang

Norwegian Forest

Norwegian Forest adalah kucing yang berasa dari Norwegia. Kucing ini juga termasuk jenis kucing tertua yang ada di dunia. Dari tampilannya, Norwegian Forest mirip degan Maine Coon. Kucing ini memiliki bulu yang panjang dan lebat serta perawakan yang besar. Kucing ini umumnya ramah, cerdas, dan umumnya baik dengan orang lain.

Chantilly-Tiffany

Chantilly-Tiffany merupakan jenis kucing berbulu panjang hasil persilangan kucing Malaya dan kucing Burmese. Kucing ini dikenal dengan bulunya yang tebal dan halus seperti sutra. Bentuk kepalanya seperti segitiga dengan moncong yang pendek dan lebar serta dagu yang kecil. Chantilly memiliki surai disekitar leher. Chantilly-Tiffany biasanya berwarna coklat keemasan. Chantilly adalah kucing yang setia, mudah beradaptasi, dan dekat dengan manusia.

Cantik-cantik bukan deretan kucing di atas, kalau kamu memiliki kucing peliharaan di rumah pastikan deh bulu mereka terawat dan paling utama jaga asupan makanan mereka dengan makanan kucing dengan nutrisi tepat dan seimbang.

Kamu bisa coba berikan Muezza yang mengandung ekstrak Yucca Schidigera dan sangat berkhasiat untuk menghambat penyerapan bakteri berbahaya di saluran pencernaan, sehingga kesehatan kucing lebih terjamin.

Selain itu Muezza juga tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand. Ada lima varian Muezza seperti, Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor. Yuk segera beli varian rasa terfavoritnya di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia