Sukses

8 Buah-buahan yang Baik untuk Kesehatan Mata, Kaya Antioksidan

Liputan6.com, Jakarta Buah-buahan yang baik untuk kesehatan mata dipengaruhi oleh kandungan antioksidannya. Selama ini mungkin kamu hanya mengenal wortel sebagai makanan yang sangat baik untuk mata, tapi ternyata ada juga beberapa buah-buahan yang juga memiliki nutrisi penting untuk indra penglihatan ini.

Menjaga kesehatan mata tentunya sangat penting untuk diperhatikan. Apalagi sekarang ini manusia sudah hidup dengan berbagai teknologi yang bisa memengaruhi kesehatan mata. Tidak heran berbagai penyakit terkait indra penglihatan dialami banyak orang saat ini.

Buah-buahan yang baik untuk kesehatan mata juga dapat mencegah berbagai penyakit mata. Kamu bisa mengonsumsi buah-buahan tersebut secara rutin agar kesehatan mata senantiasa terjaga.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (28/7/2020) buah-buahan yang baik untuk kesehatan mata.

2 dari 5 halaman

Alpukat dan Jeruk

Alpukat

Seperti yang disebut sebelumnya, buah yang baik untuk kesehatan mata dipengaruhi oleh kandungan antioksidannya. Salah satu buah yang kaya antioksidan adalah alpukat. Hal ini berkaitan dengan kandungan lutein pada alpukat.  

Kandungan lutein pada alpukat ini dapat mengecilkan risiko kelainan pada mata. Selain itu, lutein juga membuat mata fokus dalam menangkap obyek sehingga penglihatan menjadi lebih jelas. Tidak hanya itu, buah alpukat juga bisa dijadikan sebagai masker pelembap mata.

Jeruk

Jeruk sudah terkenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Kandungan ini ternyata tidak hanya baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, namun juga untuk meningkatkan kesehatan mata.

Vitamin C memberikan kemampuan antioksidan ke seluruh tubuh, yang perannya membantu mengurangi risiko kekeruhan pada lensa mata (katarak). Jeruk juga sangat penting bagi orang-orang yang memiliki tekanan darah tinggi, karena hormon kortisol dapat menyebabkan penurunan kekebalan atau meningkatkan kerusakan oksidatif pada mata.

3 dari 5 halaman

Bluberi dan Stroberi

Bluberi

Buah-buahan yang baik untuk kesehatan mata berikutnya adalah bluberi. Bluberi adalah salah satu sumber antioksidan terkaya dan mengandung Vitamin C, anti-oksidan karotenoid lutein dan zeaxanthin. Kombinasi anti oksidan yang kuat ditambah lagi dengan kehadiran resveratrol menjadikannya pendukung peningkatan fungsi mata yang sangat baik.

Resveratrol dikaitkan dengan efek menguntungkan seperti anti-penuaan, pencegahan kanker dan efek anti-oksidan. Bluberi juga membantu menjaga kesehatan pembuluh darah mikro di bagian belakang mata, yang dapat menjadi rusak dan berdarah. Hal ini umum terjadi pada penderita diabetes.

Stroberi

Tidak jauh berbeda dengan bluberi, stroberi juga merupakan buah-buahan yang baik untuk kesehatan mata. Bahkan, buah berwarna merah ini diketahui memiliki kandungan vitamin C yang lebih banyak dibandingkan 1 buah jeruk. Tidak hanya itu, vitamin B, folat, serat, dan berbagai kandungan nutrisi yang ada di dalamnya juga mampu mencegah kanker.

4 dari 5 halaman

Anggur dan Tomat

Anggur

Buah-buahan yang baik untuk kesehatan mata selanjutnya adalah anggur. Hal ini tentu saja berkaitan dengan kandungan antioksidan di dalamnya yang baik untuk tubuh. Flavonoid dalam anggur berperan dalam menjaga mata dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Tomat

Tomat adalah sumber likopen terkaya yang dikenal manusia, anti oksidan karotenoid lainnya berkaitan manfaat pada prostat, kulit, mata, dan masih banyak lagi. Likopen ini dapat mencegah kerusakan UV pada retina, atau pada area mata lainnya.

Tomat juga kaya akan vitamin C dan senyawa bioaktif lainnya yang membantu melindungi mata dari kerusakan oksidatif. Tomat mentah tampaknya yang terbaik, karena beberapa nutrisi senyawa yang terkandung dalam tomat dihancurkan saat dipanaskan. Jadi, tidak ada salahnya mengonsumsi salah satu buah-buahan yang baik untuk kesehatan mata ini secara rutin.

5 dari 5 halaman

Pepaya dan Kiwi

Pepaya

Pepaya merupakan salah satu buah-buahan yang tidak bisa diremehkan manfaatnya untuk kesehatan. Bahkan, pepaya juga merupakan salah satu buah-buahan yang baik untuk kesehatan mata. Buah ini mengandung lutein dan zeaxanthin dan yang dipercaya mampu mengurangi risiko penyakit degenerasi makula.

Kiwi

Kiwi juga bisa dijadikan salah satu buah-buahan yang baik untuk kesehatan sebagai konsumsi harian. Makan 2-3 kiwi per hari dapat melindungi mata dari berbagai penyakit, seperti katarak dan degenerasi makula. Selain itu, kandungan mineral di dalamnya juga baik untuk sistem saraf dan peredaran darah.

Itulah beberapa buah-buahan yang baik untuk kesehatan mata yang bisa kamu konsumsi secara teratur. Untuk menjaga kesehatan mata, kamu juga bisa mengonsumsi vitamin mata yang mengandung nutrisi lengkap untuk kesehatan.