Sukses

7 Cara Mengeluarkan Dahak di Paru-Paru yang Aman Dilakukan

Liputan6.com, Jakarta Dahak di paru-paru menandakan adanya sebuah peradangan. Peradangan ini umumnya tak hanya terjadi di paru-paru, tetapi saluran pernapasan dan menyebabkan penyumbatan. Tentu kondisi ini bisa membahayakan, untuk itu ketahui cara mengeluarkan dahak di paru-paru sebagai solusinya.

Peradangan yang sebabkan munculnya dahak adalah bentuk pertahanan saluran pernapasan terhadap infeksi, utamanya paru-paru. Terutama infeksi virus, bakteri, kuman, dan benda asing yang membahayakan. Namun tetap saja jika dahak tak dikeluarkan, akan mengganggu kerja paru-paru. Nah, cara mengeluarkan dahak di paru-paru akan melegakannya.

Cara mengeluarkan dahak di paru-paru ini bisa dilakukan dengan mengandalkan bahan alami. Bisa juga menggunakan obat yang biasa dokter umum rekomendasikan. Namun amannya, terapkan cara dengan bahan alami daripada terus mengonsumsi obat-obatan. Sebab mengonsumsi obat terus menerus juga akan berdampak buruk bagi sistem imun pengonsumsinya.

Berikut Liputan6.com ulas cara mengeluarkan dahak di paru-paru dari berbagai sumber, Selasa (28/7/2020).

2 dari 7 halaman

Air Hangat dan Minyak Kayu Putih

Air Hangat

Tak hanya menjaga hidrasi tubuh, cairan hangat juga mampu mengatasi penumpukan lendir atau dahak yang ada di paru-paru. Cara mengeluarkan dahak di paru-paru ini akan membantu dahak keluar melalui tenggorokan bersama batuk.

Di samping memanfaatkan air putih hangat biasa, manfaat cairan hangat untuk mengatasi lendir di dada juga bisa dirasakan dengan mengonsumsi kuah kaldu, teh hitam atau hijau tanpa kafein, dan teh herbal.

Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih tak hanya bisa menghangatkan, tetapi juga bisa diandalkan sebagai cara mengeluarkan dahak di paru-paru. Prosesnya akan dimulai dari dada kemudian menuju tenggorokan. Cara kerjanya adalah mengencerkan dahak, jadi banyak kayu putih yang dioleskan ke dada maka akan semakin melegakan.

Jika tidak ingin mengoleskannya ke dada, bisa juga gunakan air panas yang beruap lalu teteskan minyak. Jika sudah, hirup uapnya perlahan sampai masuk saluran pernapasan. Cara ini cukup efektif, tetapi membutuhkan kesabaran ekstra untuk hasil maksimalnya.

3 dari 7 halaman

Uap dan NAC

Uap Panas

Uap bisa diandalkan sebagai cara mengeluarkan dahak di paru-paru. Hal ini disebabkan karena udara uap yang lembap bisa mengecerkan dahak. Tidak melulu harus menggunakan minyak kayu putih, coba gunakan makanan dan minuman. Misalnya saja seperti sayur sup hangat atau teh herbal yang memiliki aroma seperti aromaterapi yang bisa melegakan.

Siapkan baskom atau wadah, handuk, dan air mendidih. Tutupkan handuk di atas kepala, dekatkan wajahmu ke permukaan air panas tersebut, dan hirup uap airnya. Sedangkan jika menggunakan makanan dan minuman, pastikan keduanya masih panas atau hangat. Jadi, uap dan sifat hangatnya bisa sekaligus melegakan saluran pernapasan seperti paru-paru.

N-acetylcysteine ​​(NAC)

NAC termasuk jenis suplemen yang bisa diandalkan sebagai cara mengeluarkan dahak di paru-paru. Bahkan mengonsumsinya juga bisa membantu meredakan batuk yang disebabkan sumbatan dahak di paru-paru. Selain mengonsumsinya, bisa pula gunakan humidifier.

Hal ini disebabkan karena udara kering atau tidak lembap bisa menyebabkan lendir menjadi kering dan kental. Alat ini bisa sekaligus memecah dahak dan mengeluarkannya melalui batuk. Hingga infeksi saluran pernapasan bisa diatasi tanpa timbulkan komplikasi.

 

4 dari 7 halaman

Air Garam

Berkumur dengan air hangat yang dicampur garam dapat menghilangkan dahak yang menempel di bagian belakang tenggorokan. Untuk merasakan manfaat tersebut, tambahkan setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat.

Aduk hingga garam benar-benar larut, lalu berkumurlah selama beberapa detik. Setelah dirasa cukup, buang air bekas kumur yang mungkin telah bercampur dengan lendir tersebut.

Meskipun cara ini tidak bisa sampai melegakan dahak di paru-paru, tetapi setidaknya pernapasan bisa sedikit dilegakan. Maka perlahan, dahak di paru-paru juga akan meluruh dan dikeluarkan bersama batuk jika uap hangat air garam terus terhirup masuk ke paru-paru.

5 dari 7 halaman

Madu dan Rempah

Madu

Madu dikenal memiliki sifat antivirus dan antibakteri. Tidak heran jika madu juga kerap diandalkan sebagai cara mengeluarkan dahak di paru-paru. Sebuah studi pada tahun 2007 menguji efek madu soba pada infeksi saluran pernapasan atas yang menyerang anak-anak. Dilaporkan bahwa anak yang secara konsisten mengonsumsi madu mengalami perbaikan gejala yang signifikan.

Cobalah mengonsumsi 1 sendok makan madu setiap 3 atau 4 jam sekali. Lakukan hingga lendir di dada atau paru-paru terasa mereda. Hindari memberikan madu untuk anak di bawah 1 tahun karena bisa membahayakannya.

Selain itu bisa juga konsumsi madu dengan campuran lemon. Campur keduanya dengan air hangat. Iritasi dan penumpukan dahak di tenggorokan bisa diatasi dengan mengonsumsinya. Saat meminumnya juga akan membuat saluran pernapasan menjadi lebih nyaman.

Rempah

Rempah-rempah juga bisa menjadi solusi untuk mengeluarkan dahak di paru-paru. Rempah ini adalah bawang putih, jahe, lemon, dan cabai rawit. Cara mengeluarkan dahak di paru-paru dengan rempah memang aman, tetapi tetap konsultasikan dengan dokter, ya.

Nah, rempah yang kerap digunakan adalah jahe. Jahe disebut sebagai dekongestan natural. Sedangkan mencampur jahe dengan kunyit akan membuat ramuan ini memiliki bersifat antiseptik. Jadi, bakteri jahat penyebab peradangan bisa segera disingkirkan. Coba tambahkan jahe dan kunyit dalam teh hangat, jika perlu tambahkan juga madu agar rasanya lebih nikmat.

6 dari 7 halaman

Warna Dahak Sesuai Jenis Infeksinya

Kuning Kehijauan

Dahak kuning kehijauan dalam dunia medis disebut sebagai purulent. Penyebab dahak tersebut adalah infeksi bakteri. Infeksi bakteri bisa menyebabkan dahak berwarna hijau, karena banyaknya sel darah putih yang berada di lokasi infeksi.

Merah Muda

Ketika dahak berwarna merah muda, merupakan sebuah indikator adanya edema paru atau masuknya cairan di dalam paru. Warna dahak merah muda juga sebagai tanda adanya darah dalam dahak yang jumlahnya relatif sedikit. Apabila dahak warna merah muda ini disertai busa, biasa menjadi sebuah tanda masalah kesehatan jantung seseorang.

Bening

Dahak bening yang diproduksi oleh tubuh mengandung protein, air, antibodi, dan garam yang larut. Dahak ini berperan untuk melembapkan sistem pernapasan di dalam tubuh. Batuk dengan dahak bening kerap disebabkan oleh infeksi virus, maupun reaksi alergi pada sistem pernapasan.

7 dari 7 halaman

Warna Dahak Sesuai Jenis Infeksinya

Kecokelatan

Warna dahak kecokelatan sering dijumpai pada seseorang yang memiliki kebiasaan merokok. Warna dahak ini merupakan kombinasi antara resin, tar, dan partikel lain yang ada pada rokok yang kemudian coba untuk dikeluarkan tubuh.

Putih

Dahak putih merupakan jenis warna dahak yang berbeda dengan dahak kuning kehijauan. Pada dahak kuning kehijauan disebabkan oleh bakteri, sedangkan dahak putih umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Cara mengatasi jenis dahak ini adalah harus meningkatkan daya tahan tubuh.

Berdarah

Ketika dahak mengeluarkan darah, ternyata darah dalam dahak tersebut bisa menjadi beberapa tanda penyakit. Mulai dari bronkitis, pneumonia, emboli paru, atau TBC.