Sukses

6 Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu dengan Air serta Metode Lainnya

Cara membedakan madu asli dan palsu perlu dipahami dengan benar agar tidak salah beli.

Liputan6.com, Jakarta Cara membedakan madu asli dan palsu dengan air menjadi salah satu metode yang umum dilakukan oleh banyak orang. Hal tersebut lumrah dilakukan, mengingat banyak sekali madu palsu yang saat ini dijual di pasaran, dan beberapa madu palsu tersebut memiliki bahan campuran berbahaya di dalamnya. Jadi tidak heran jika mempraktikkan cara membedakan madu asli dan palsu dengan air menjadi penting dipahami.

Selain cara membedakan madu asli dan palsu dengan air, untuk memastikan jika madu tersebut asli atau tidak bisa menggunakan metode lain, seperti mengunakan bantuan kertas hingga dengan cara dibakar. Sebab, madu merupakan salah satu bahan pangan yang cukup unik. Sifat unik dalam madu tersebut yang sulit ditiru. Berbagai proses terciptanya madu sangat memengaruhi berbagai keistimewaan yang ada pada jenis bahan pangan ini.

Madu berasal dari nektar yang merupakan salah satu bahan yang diperoleh lebah dan berasal dari bunga-bunga. Nektar inilah yang selanjutnya akan dikumpulkan ke sarang lebah. Proses pembentukan madu secara alami berada di dalam sarang lebah tersebut. Untuk mengolah nektar menjadi madu, setidaknya dibutuhkan hingga tiga proses pengolahan.

Madu selain memiliki rasa yang manis dan nikmat, dikenal juga kaya akan khasiat yang baik untuk tubuh. Manfaat tersebut mulai berbagai manfaat untuk perawatan kulit, membantu menyembuhkan luka, hingga berguna sebagai antioksidan. Namun, meski begitu madu memiliki kandungan gula dan kalori yang cukup tinggi, sehingga tidak disarankan untuk mengonsumsinya secara berlebihan.

Sayangnya, saat ini marak beredar madu palsu di pasaran. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir, sebab ada beberapa cara membedakan madu asli dan palsu dengan air atau metode lainnya, yang harapannya dapat secara efektif membantu Anda terhindari dari madu yang palsu dan tidak layak konsumsi. Berikut ini Liputan6.com sudah merangkum informasi mengenai cara membedakan madu asli dan palsu dengan air serta metode lainnya tersebut dari berbagai sumber, Selasa (28/7/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Meneteskan Madu ke Air

Salah satu metode yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan mempraktikkan cara membedakan madu asli dan palsu dengan air. Sebab, salah satu ciri-ciri madu asli tanpa campuran yaitu madu akan langsung jatuh ke dasar air ketika di celupkan ke air.

Berbeda dengan madu yang sudah jelas-jels palsu. Biasanya, madu palsu akan dengan mudah tercampur dengan air dan langsung larut. Selain itu, pada beberapa kasus bahkan madu bisa mengapung di atas air.

Untuk mempraktikkan cara ini cukup dengan menyiapkan gelas berisi air dan memasukkan satu sendok madu ke dalam gelas berisi air tersebut. Jika masih ragu, maka Anda bisa mencoba mengaduknya tiga putaran, apabila larut dengan cepat maka madu bisa diindikasi merupakan madu palsu.

3 dari 7 halaman

2. Gunakan Bantuan Kertas

Metode ini juga ampuh untuk membedakan madu asli denga yang palsu atau terdapat campuran. Caranya sangat mudah, Anda bisa menyiapkan kertas putih kosong, lalu coba meneteskan madu ke atas kertas kosong tersebut.

Setelah itu Anda bisa mencoba untuk merobek kertas yang sudah Anda beri madu tadi. Apabila kertas tersebut tidak mudah robek, maka madu itu benar-benar murni atau asli. Begitupun sebaliknya, apabila kertas tersebut mudah dirobek, maka sangat mungkin jika madu tersebut palsu atau sudah diberi berbagai campuran lain di dalamnya.

4 dari 7 halaman

3. Bakar dengan Korek Api Kayu

Salah satu tanda madu asli dapat terlihat setelah Anda membakar madu tersebut dengan api. Cara mempraktikkannya sangat mudah, yaitu dengan melumuri ujung korek api kayu dengan madu. Setelah itu Anda bisa menggesekkan ujung korek api yang sudah terlumuri madu tersebut untuk dinyalakan. Apabila korek api masih menyala meski sudah dilumuri madu, maka madu tersebut benar-benar asli.

Namun, apabila hasil dari metode pengetesan di atas didapatkan madu tidak menyala, tandanya madu tersebut palsu atau sudah tercampur dengan bahan lainnya.

5 dari 7 halaman

4. Panaskan dengan Sendok

Cara membedakan madu asli dan palsu selanjutny bisa dengan merebus madu di atas sendok. Caranya yaitu dengan menuangkan madu ke sendok, tidak usah terlalu penuh. Selanjutnya, panaskan sendok yang sudah terisi madu tersebut di atas lilin atau api.

Apabila madu tersebut mengeluarkan busa yang cukup banyak dan hampir tumpah dari sendok, maka madu tersebut merupakan madu murni dan sudah jelas asli. Tapi, jika madu tersebut hanya mengeluarkan sedikit busa, maka madu tersebut bisa dipastikan merupakan madu palsu atau madu yang telah dicampur dengan dengan bahan lain di dalamnya.

6 dari 7 halaman

5. Bekukan Madu

Selain berbagai cara di atas, cara ini juga cukup mudah. Anda cukup memasukkan madu ke dalam kulkas. Apabila madu tersebut tidak membeku meski di dalam kulkas beberapa lama, maka madu tersebut asli. Akan tetapi, apabila madu yang ada di dalam freezer menjadi beku, maka madu tersebut bisa dipastikan tercampur dengan bahan lainnya atau bahkan merupakan madu sintetis.

7 dari 7 halaman

6. Tetesi Cuka

Dan cara yang terakhir untuk membedakan madu asli dengan palsu, cukup dengan mencampurkan sedikit madu, air, serta 2-3 tetes sari cuka. Apabila madu tersebut mulai menunjukkan busa, maka sangat besar kemungkinan jika madu yang Anda beli tersebut palsu.

Nah, itu tadi beberapa cara membedakan madu asli dan palsu dengan air. Mengapa banyak sekali madu palsu? Hal ini tidak lepas dari kebutuhan ekonomi yang terkadang mendesak. Selain itu, permintaan akan madu juga cukup tingi, sehingga memberi daya tarik dan peluang bisnis bagi para oknum pembuat madu palsu. Maka tidak heran juga apabila cara membedakan madu asli dan palsu dengan air serta dengan metode lainnya perlu diberi perhatian lebih.

Hal ini bukan tanpa sebab, alih-alih mendapat berbagai manfaat baik dari madu, justru dengan mengonsumsi madu palsu akan membuat tubuh berisiko terkena penyakit. Sebab berbagai kandungan yang ada di dalam madu palsu belum tentu aman. Tapi jika sudah membahas tentang harga, memang sangat jauh terpaut antara madu palsu dan asli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini