Sukses

5 Cara Mengobati Penyakit Amandel dengan Bahan Alami, Mudah dan Efektif

Liputan6.com, Jakarta Cara mengobati penyakit amandel bisa dilakukan secara alami. Penerapan pola hidup sehat seperti, istirahat yang cukup, menghindari rokok, hingga banyak minum air putih dapat meredakan radang dan nyeri akibat penyakit amandel ini.

Amandel sendiri biasanya disebabkan oleh virus dan bakteri. Seseorang akan mengalami berbagai gejala seperti, sakit pada tenggorokan, sakit saat menelan, demam, sakit kepala, hingga batuk saat mengalami penyakit amandel ini.

Cara mengobati penyakit amandel bisa juga dilakukan dengan mengonsumsi beberapa bahan alami. Kamu bisa memilih beberapa bahan alami yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau memiliki sifat antiseptik untuk meredakan penyakit amandel.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (28/7/2020) tentang cara mengobati penyakit amandel.

2 dari 6 halaman

Penyebab Penyakit Amandel

Sebelum mengenali cara mengobati penyakit amandel dengan bahan alami, kamu tentunya perlu mengetahui penyebab dan gejalanya terlebih dahulu. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya penyakit amandel disebabkan karena virus dan juga bakteri.

Virus penyebab dari radang amandel sama seperti halnya virus yang mengakibatkan flu dan juga batuk. Sedangkan bakteri penyebab radang amandel ini ialah bakteri streptococcus bacteria. Hal inilah yang mengakibatkan gejala penyakit amandel hampir sama dengan gejala flu dan batuk.

Selain itu memiliki kebiasaan merokok pun bisa menjadi penyebab peradangan amandel. Hal ini dikarenakan reaksi amandel pada zat kimia yang terdapat pada rokok membuat amandel membengkak.

Penyakit asam lambung juga bisa menyebabkan radang tenggorokan. Hal ini dikarenakan katup yang ada pada otot kerongkongan menutup jalan makanan tidak kembali ke tenggorokan. Karena hal ini lah, asam lambungmu yang justru mengalir ke kerongkongan dan membuat iritasi di dindingnya.

3 dari 6 halaman

Gejala Penyakit Amandel

Gejala penyakit amandel yang utama tentunya adalah terjadinya peradangan atau bengkak pada amandel. Bahkan, pada kasus yang parah, pembengkakan amandel dapat menutupi jalan napas dan menyulitkan penderitanya untuk bernapas.

Berikut beberapa gejala penyakit amandel lainnya:

-Nyeri tenggorokan

-Amandel menjadi kemerahan

-Terdapat lapisan putih atau kuning pada amandel

-Lecet atau bisul di tenggorokan

-Sakit kepala

-Penurunan nafsu makan

-Sakit telinga

-Kesulitan menelan atau bernapas lewat mulut

-Pembengkakan kelenjar di daerah leher atau rahang

-Demam atau menggigil

-Bau mulut

- Pada anak-anak, juga dapat terjadi gejala mual, muntah dan sakit perut.

Itulah beberapa penyabab dan gejala penyakit amandel yang perlu kamu ketahui. Tentunya kamu perlu mengenali cara mengobati penyakit amandel dengan bahan alami setelah memahami apa yang menyebabkannya terjadi dan apa saja gejalanya.

4 dari 6 halaman

Cara Mengobati Penyakit Amandel

Air Garam Hangat

Cara mengobati amandel dengan bahan alami yang pertama adalah menggunakan air garam hangat. Campuran air hangat dan 1 sdt garam dapat membantu kamu untuk mengatasi peradangan amandel yang membengkak. Hal ini karena air garam itu berperan sebagai antiseptik alami untuk mengurangi peradangan sekaligus membunuh virus atau bakteri.

Kumur dengan teknik gargle (kumur di tenggorokan) menggunakan air hangat dapat menenangkan amandel. Dalam sehari, kamu boleh berkumur beberapa kali dengan air garam hangat. 

Kayu Manis

Cara mengobati penyakit amandel selanjutnya adalah dengan kayu manis. Kayu manis memiliki sifat anti-mikroba sehingga mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme yang melekat di amandel. Jika pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme tersebut terhambat, otomatis pembengkakan, nyeri, dan peradangan juga akan berkurang. 

Caranya juga cukup mudah. Sama seperti membuat larutan air garam, tambahkan 1 sdt bubuk kayu manis ke dalam air hangat. Bila perlu, tambahkan 2 sdt madu agar efek anti peradangannya semakin kuat. Bedanya dengan larutan air garam, kamu tidak berkumur dengan larutan ini. Cukup diminum selagi hangat 2-3 kali sehari selama seminggu. 

5 dari 6 halaman

Cara Mengobati Penyakit Amandel

Kunyit

Satu lagi rempah yang bisa dijadikan cara mengobati penyaki amandel adalah kunyit. Efek anti-inflamasi dan antiseptik alami memang dimiliki oleh rempah berwarna kuning dan sedikit oranye ini. 

Cara membuat ramuan kunyit untuk meredakan penyakit amandel adalah dengan mencampurkan 1 sdt bubuk kunyit ke dalam segelas susu hangat. Konsumsilah susu kunyit hangat ini pada malam hari selama 3 hari berturut-turut.

Bawang Putih

Salah satu bumbu dapur yang dikenal dapat meningkatkan daya tahan tubuh adalah bawang putih. Bawang tersebut mengandung antioksidan tinggi, antibakteri, dan anti-virus sehingga masalah seperti flu dan infeksi amandel bisa diatasi. 

Jika tahan dengan rasa pedas dan aromanya, kamu bisa mengonsumsi secara utuh. Namun kalau tidak, kamu bisa membuatnya sebagai rebusan. Jadi, rebus 2 buah siung bawang putih yang sudah dihaluskan selama 5 menit. Air yang digunakan sebanyak 1 cangkir dan tambahkan madu bila kamu ingin ada rasa manis.

Cara mengobati penyakit amandel satu ini setidaknya dapat membuat bagian tenggorokan terasa lebih hangat dan nyaman.

6 dari 6 halaman

Cara Mengobati Penyakit Amandel

Air Lemon dan Madu

Cara mengobati penyakit amandel bisa diatasi dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, berarti kamu butuh asupan vitamin C alami dan itu bisa didapatkan dari air lemon. Lemon sendiri memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan anti-virus. 

Untuk membuat ramuan alami ini, peras 1 buah lemon. Saat air lemonnya sudah terkumpul, campurkan dengan 1 sdt madu, 1 gelas air hangat, dan juga sedikit garam. Aduk, lalu minum selagi hangat. Jika ingin cepat sembuh, lakukan setidaknya 2 kali sehari.