Sukses

6 Cara Menghilangkan Noda Kunyit di Baju Putih Secara Alami

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan noda kunyit di baju banyak dicari orang. Pasalnya, noda di baju putih menjadi momok bagi banyak orang. Bagaimana tidak, noda kunyit merupakan salah satu noda yang sangat sulit dihilangkan. Padahal, kunyit merupakan salah satu bumbu masakan yang penting untuk masakan.

Memang kunyit tidak hanya baik untuk menambah rasa pada makanan, namun juga memberikan warna yang sangat pekat. Hal ini tentunya menjadi masalah jika terkena pakaian, terutama baju putih. Dibutuhkan upaya ekstra untuk menghilangkan nodanya.

Cara menghilangkan noda kunyit di baju bisa menggunakan beberapa bahan alami, selain deterjen. Dalam mengatasi noda kunyit ini, kamu perlu mengambil tindakan sedini mungkin agar lebih mudah. Dengan begitu noda berwarna kuning terang yang disebabkan kunyit bisa menghilang.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (29/7/2020) beberapa cara menghilangkan noda kunyit di baju.

2 dari 4 halaman

Segera Cuci dan Jemur di Bawah Sinar Matahari

Segera Cuci

Cara menghilangkan noda kunyit di baju yang paling penting adalah dengan segera mencucinya setelah terkena cipratan. Pertama-tama singkirkan gumpalan bumbu masakan pada kain terlebih dahulu. gunakan sendok atau bagian belakang pisau yang tumpul untuk menyingkirkan tumpahan makanan pada pakaian. Berhati-hatilah agar noda tersebut tidak sampai melebar ke bagian lain.

Ketika baju kamu terkena kunyit, langsung basuh baju dengan air, dan cuci bagian yang terkena noda kuning tersebut dengan detergen, lalu rendam selama 30 menit.

Cara menghilangkan noda kunyit di baju selanjutnya adalah dengan menggunakan cuka pada noda kunyit. Kemudian jemur baju di bawah panas matahari.

Jemur di Bawah Sinar Matahari

Cara menghilangkan noda kunyit di baju selanjutnya adalah menjemurnya di bawah cahaya matahari. Sinar matahari sangat ampuh untuk menghilangkan noda pada baju putih. Jadi, jika matahari sedang bersinar cerah, langsung jemur baju kamu yang terkena noda kunyit. Cahaya matahari dapat membantu menghilangkan bekas noda.

Pada baju putih, kamu tidak perlu membalik baju saat menjemurnya. Sedangkan, sebaiknya balik baju sehingga bagian bernoda langsung menghadap ke matahari jika baju berwarna. Dengan begitu, noda kunyit di baju pun bisa segera menghilang.

3 dari 4 halaman

Baking Soda dan Soda

Baking Soda

Kamu juga bisa menerapkan cara menghilangkan noda kunyit di baju dengan menggunakan baking soda. Caranya cukup mudah, tinggal buat pasta baking soda dan air. Setelah jadi, gosokkan pada bekas noda, kemudian biarkan semalaman hingga noda kunyit menghilang.

Soda

Selain menggunakan baking soda, kamu juga bisa menerapkan cara menghilangkan noda kunyit di baju dengan soda. Rendam baju yang terkena kunyit pada air soda selama satu malam. Pilihlah soda yang tidak mengandung gula.

4 dari 4 halaman

Gunakan Lemon dan Pemutih untuk Noda Sisa

Gunakan Lemon

Cara menghilangkan ndoa kunyit di baju selanjutnya adalah menggunakan lemon. Hal ini bisa kamu terapkan jika noda kunyit berasal dari makanan seperti kuah ayam. Lemon bisa jadi cara ampuh mengatasi noda tersebut. Caranya juga cukup mudah, potong lemon menjadi dua bagian. Kemudian, peras airnya tepat di bagian noda. Lalu, diamkan selama 1,5 jam, dan cuci seperti biasa.

Gunakan Pemutih untuk Noda Sisa

Cara menghilangkan noda kunyit di baju putih selanjutnya adalah dengan menggunakan pemutih. Hal ini berlaku untuk noda kunyit yang masih tersisa, biasanya berwarna merah muda atau kuning agak pudar karena sudah dicuci. Namun, sebelumnya kamu harus memperhatikan label baju. Periksa keamanannya jika kamu menggunakan pemutih.

Itulah beberapa cara menghilangkan noda kunyit di baju putih yang bisa kamu terapkan di rumah. Perlu diperhatikan, menghilangkan noda kunyit pada baju intinya adalah segera melakukan tindakan untuk mencucinya setelah terkena noda.