Sukses

Cara Melaksanakan Sholat Istikharah dan Bacaan Doa Sesuai Sunah

Cara melaksanakan sholat istikharah tentunya sangat penting untuk memantapkan pilihan.

Liputan6.com, Jakarta Cara melaksanakan sholat istikharah tentunya harus diterapkan dengan benar. Sholat istikharah merupakan sholat sunah yang dikerjakan 2 rakaat, yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk menentukan pilihan yang mendesak.

Hal ini berkaitan dengan berbagai macam pilihan dalam hidup seperti jodoh, pekerjaan, pemilihan studi, dan lain-lain. Kamu yang sedang bimbang dan galau dalam menentukan pilihan terkait berbagai hal tersebut, dianjurkan untuk meminta petunjuk pada Allah SWT melalui sholat istikharah ini. 

Cara melaksanakan sholat istikharah tentunya sangat penting untuk memantapkan pilihan. Dengan melaksanakan sholat istikharah, kamu akan mampu membuat pilihan yang benar dan terbaik menurut petunjuk Allah SWT. Sehingga melepaskan segala keraguanmu sebelumnya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (29/7/2020) tentang cara melaksanakan sholat istikharah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Dalil Tentang Sholat Istikharah

Sebelum mengenal cara melaksanakan sholat istikharah, tentunya kamu perlu mengetahui dalil sholat istikharah terlebih dahulu. Mengenai dalil sholat istikharah, hadits Shahih Bukhari menjelaskan:

Dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu‘anhuma, ia berkata "bahwa Rasulullah SAW mengajarkan kami cara mengerjakan sholat istikharah dalam segala urusan, sebagaimana beliau mengajarkan kami Surat Alquran."

Rasulullah bersabda, "Jika salah seorang di antara kalian hendak melakukan sesuatu, hendaklah terlebih dahulu mengerjakan sholat dua rakaat selain sholat fardlu..."  (HR. Ahmad, Al-Bukhari, Ibn Hibban, Al-Baihaqi dan yang lainnya)

3 dari 5 halaman

Waktu Melaksanakan Sholat Istikharah

Sebelum mengetahui cara melaksanakan sholat istikharah, kamu tentunya perlu mengenali waktu-waktu yang dianjurkan untuk melaksanakannya. Sebenarnya, sholat istikharah dapat dilakukan kapan saja, siang atau malam. Tidak ada batasan tertentu dalam waktu pelaksanaannya.

Namun kamu tidak diperbolehkan melakukannya setelah sholat subuh sampai matahari meninggi dan sesudah sholat asar sampai matahari tenggelam. Meski dapat dilakukan siang atau malam, sholat Istikharah sangat dianjurkan dilakukan pada waktu sepertiga malam seperti sholat tahajud.

Ada tiga waktu yang disunahkan di antaranya adalah:

Sepertiga malam pertama - Dimulai setelah sholat Isya sampai pukul 10.30.

Sepertiga malam kedua - Dimulai 10.30 hingga 01.30.

Sepertiga malam terakhir - Dimulai 01.30 hingga sebelum memasuki subuh.

4 dari 5 halaman

Cara Melaksanakan Sholat Istikharah dan Bacaannya

Setelah mengenali dalil-dalilnya dan waktu pelaksanaannya, kamu sudah bisa menerapkan cara melaksanakan sholat istikharah. Berikut cara melaksanakan sholat istikharah dari pembacaan niat:

1. Niat

"Ussholli sunnatan istikhoroti rak’ataini lillahi ta’ala"

Artinya: Saya berniat sholat sunnah istikharah dua rakaat karena Allah Ta’ala

2. Takbiratul ihram, diikuti dengan doa iftitah

3. Membaca surat Al Fatihah

4. Membaca surat dari Alquran, diutamakan Surat Al Kafirun

5. Ruku’ dengan tuma’ninah

6. I’tidal dengan tuma’ninah

7. Sujud dengan tuma’ninah

8. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah

9. Sujud kedua dengan tuma’ninah

10. Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua

11. Membaca surat Al Fatihah

12. Membaca surat dari Alquran, diutamakan Surat Al Ikhlas

13. Ruku’ dengan tuma’ninah

14. I’tidal dengan tuma’ninah

15. Sujud dengan tuma’ninah

16. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah

17. Sujud kedua dengan tuma’ninah

18. Tahiyat akhir dengan tuma’ninah

19. Salam

Itulah cara melaksanakan sholat istikharah yang bisa kamu terapkan di rumah saat sedang galau dalam menentukan pilihan. Kamu juga perlu mengenali bacaan doa setelah sholat istikharah.

5 dari 5 halaman

Bacaan Doa Sholat Istikharah

Dalam cara melaksanakan sholat istikharah, tentunya yang yang paling istimewa ada pada doanya ini. Setelah salam, dianjurkan untuk membaca doa sebagai berikut:

“Allahumma inni astakhiruka bi ‘ilmika, wa astaqdiruka bi qudratika, wa as-aluka min fadhlika, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru, wa ta’lamu wa laa a’lamu, wa anta ‘allaamul ghuyub.

Allahumma fa-in kunta ta’lamu hadzal amro (menyebutkan persoalannya) khoiron lii fii ‘aajili amrii wa aajilih (aw fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii) faqdur lii, wa yassirhu lii, tsumma baarik lii fiihi.

Allahumma in kunta ta’lamu annahu syarrun lii fii diini wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii (fii ‘aajili amri wa aajilih) fash-rifnii ‘anhu, waqdur liil khoiro haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bih.”

Artinya:

"Ya Allah, sesungguhnya, aku memohon kebaikan kepada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kemampuan kepada-Mu dengan kekuasaan-Mu dan aku memohon kepada-Mu dari anugerah-Mu yang Agung. Sesungguhnya, Engkau Mahakuasa sedang aku tidak kuasa, Engkau Mahatahu sedang aku tidak mengetahui, Engkaulah Dzat yang Maha Mengetahui perkara yang gaib.

Ya Allah, apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini (menyebutkan persoalannya) adalah baik bagiku dalam agamaku, kehidupanku, dan akhir urusanku, maka tentukanlah untukku, mudahkanlah jalannya dan berkahilah aku di dalamnya.

Dan apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini adalah buruk bagiku dalam agamaku, kehidupanku dan akhir urusanku, maka jauhkanlah ia dariku dan jauhkanlah diriku darinya, tentukanlah untukku apapun yang terbaik, kemudian jadikanlah aku ridha dengannya."

Begitulah cara melaksanakan sholat istikharah dan doanya yang perlu kamu pahami. Setelah sholat istikharah, biasanya akan timbul rasa tenang dan mantap di hati untuk menentukan pilihan. Petunjuk yang didapat dari istikharah dapat berupa mimpi, dengan isyarat dan simbol-simbol tertentu. Istikharah dapat dilakukan dua atau tiga kali jika dirasa hati masih ada keraguan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.