Sukses

6 Makanan Pendamping ASI Usia 6 Bulan Pertama, Penuhi Rekomendasinya

MPASI bisa diberikan di usia 6 bulan pertama.

Liputan6.com, Jakarta Makanan pendamping ASI usia 6 bulan pertama penting diketahui. Makanan pendamping ASI (MPASI) merupakan makanan yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan bayi. WHO merekomendasikan pemberian MPASI pada usia 6 bulan.

Makanan pendamping ASI usia 6 bulan pertama diberikan karena seiring bertumbuhnya anak, ASI saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Makanan pendamping ASI usia 6 bulan pertama diberikan secara bertahap. Menu untuk makanan pendamping ASI usia 6 bulan pertama juga tidak sembarangan.

Makanan pendamping ASI usia 6 bulan pertama umumnya merupakan makanan sederhana. Makanan pendamping ASI usia 6 bulan pertama harus puree atau makanan yang dihaluskan hingga menjadi bubur kental. Berikut makanan pendamping ASI usia 6 bulan pertama, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(29/7/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Rekomendasi pemberian MPASI 6 bulan pertama

Umumnya makanan pendamping ASI usia 6 bulan berbentuk puree atau bubur kental. WHO dan IDAI merekomendasikan agar bayi mulai menerima makanan pendamping ASI pada usia 6 bulan. MPASI bisa diberikan 2-3 kali sehari di usia 6-8 bulan. Jumlah ini bisa ditingkatkan menjadi 3-4 kali sehari antara 9-11 bulan dan 12-24 bulan.

Di usia 6 bulan bayi akan mulai menunjukkan respons membuka mulut ketika sendok didekatkan. Bayi juga dapat memindahkan makanan dari sendok ke mulut. Di usia antara 6-9 bulan bayi dapat memindahkan makanan dari satu sisi mulut ke sisi lainnya. Di bulan ini gigi bayi juga akan mulai tumbuh dan bayi bisa menelan makanan dengan tekstur kental.

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) MPASI bisa diberikan jika:

- Anak dapat duduk dengan leher tegak dan mengangkat kepalanya sendiri tanpa bantuan.

- Anak menunjukkan ketertarikan terhadap makanan, misalnya mencoba meraik makanan yang ada di hadapannya.

- Anak menjadi lebih lapar, dan tetap menunjukkan tanda laoar, seperti gelisah dan tidak tenang walah sudah diberi ASI rutin.

3 dari 5 halaman

Tipe makanan pendamping ASI usia 6 bulan pertama

Konsistensi dan variasi makanan harus diberikan secara bertahap seiring dengan bertambahnya usia bayi. Makanan harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan bayi. Di usia 6 bulan, bayi baru mulai mengenal makanan selain ASI. Maka dari itu, makanan sederhana dan lembut sangat direkomendasikan.

Disarankan memberi makanan pendamping ASI usia 6 bulan untuk pertama kalinya dengan jenis makanan tunggal. Ini bisa membantu menemukan dan mengidentifikasi alergi atau sensitivitas makanan. Setelahnya, makanan pendamping ASI usia 6 bulan pertama bisa saling dikombinasikan.

4 dari 5 halaman

Contoh makanan pendamping ASI usia 6 bulan pertama

Purée kacang polong

Kacang polong adalah sumber nutrisi kecil namun cukup kuat. Kacang ini mengemas vitamin A dan C, zat besi, protein, dan kalsium. Membuat puree kacang polong juga sangat mudah.

Kukus 3 cup kacang polong hingga empuk. Masukkan ke dalam blender bersama ½ cup ASI atau susu formula. Blender hingga bertekstur creamy. Saring puree dengan saringan untuk menghilangkan ampas dan mendapatkan tekstur lembut.

Purée Pisang

Pisang merupakan MPASI yang sangat terkenal. Pisang kaya akan serat, kalium, dan vitamin penting. Pisang juga sangat lembut untuk perut bayi.

Lumatkan satu buah pisang berukuran kecil dengan sendok atau garpu. Saat melumatkan, tambahkan sedikit ASI untuk mengencerkan konsistensi dan menambahkan rasa yang akrab bagi bayi.

Purée nasi merah

Nasi merah kaya akan serat, rendah risiko alergi, dan mudah dicerna. Dari segi kandungan mikronutrien, beras merah kaya akan berbagai vitamin dan mineral penting, seperti mangan, besi, seng, fosfor, kalsium, selenium, magnesium, dan kalium.

Rendam beras merah selama semalam, cuci bersih, dan tanak hingga setengah matang. Setelah itu kukus beras merah hingga benar-benar matang. Blender nasi merah yang sudah matang, saring agar benar-benar lembut.

5 dari 5 halaman

Contoh makanan pendamping ASI usia 6 bulan pertama

Purée alpukat

Selain pisang, buah lain yang cocok dijadikan makanan pendamping ASI usia 6 bulan pertama adalah alpukat. Buah ini mengandung lemak sehat yang baik untuk otak dan perkembangan fisik bayi.

Lumatkan satu buah alpukat matang dengan garpu atau food processor. Campurkan dengan ASI secukupnya untuk membentuk bubur yang kental.

Purée ubi jalar

Ubi jalar mengandung vitamin, antioksidan, dan serat. Pure ubi jalar yang dipadukan dengan air atau ASI menjadikannya makanan pertama yang lezat dan bergizi. Ubi jalar juga kaya akan karotenoid seperti alpha-carotene, beta-carotene, lutein, dan zeaxanthin.

Cuci dan kupas ubi jalar. Kukus ubi berukuran sedang sampai lunak. Masukkan ke dalam food processor tambahkan ASI secukupnya dan proses hingga benar-benar halus.

Purée wortel

Wortel kaya akan antioksidan terutama vitamin A yang penting untuk mata. Wortel juga kaya vitamin C yang mendukung fungsi kekebalan tubuh. Wortel punya rasa manis alami yang akan disukai bayi. Wortel penuh dengan kalsium, folat, kalium, dan magnesium.

Cuci dan kupas satu buah wortel berukuran sedang. Kukus sampai lunak. Diamkan sebentar sampai dingin. Masukkan ke food processor tambahkan ASI dan lumatkan hingga halus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.