Sukses

4 Tips Pesan Makanan Online yang Sehat dan Mudah Dipraktikkan

Liputan6.com, Jakarta Kini semakin banyak rumah makan yang menyediakan layanan pesan antar. Tentu saja layanan ini sejalan minat pesan makanan online para konsumen yang semakin tinggi. Lebih praktis karena hemat waktu dan hemat tenaga.

Meski dikenal cukup praktis, pesan makanan online juga tidak boleh semena-mena. Ada etika yang harus diterapkan konsumen untuk menjaga kesehatannya. Terutama untuk bisa menjaga sterilitas makanan dan tangan yang akan digunakan untuk mengonsumsinya.

Sterilitas makanan dan tangan wajib dijaga. Tujuannya agar tubuh bisa terhindar dari infeksi virus, bakteri, dan kuman yang ada di luar rumah. Tips sehat pesan makanan online ini jangan disepelekan, karena infeksi juga bisa sebabkan komplikasi hingga kematian.

Berikut Liputan6.com ulas tips sehat pesan makanan online dari berbagai sumber, Kamis (30/7/2020).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Hindari Kontak dengan Kurir

Menghindari kontak secara langsung termasuk tips sehat pesan makanan online. Hal ini ditujukan untuk menjaga kesehatan keduanya. Tentu saja untuk mengantisipasi keberadaan virus, bakteri, dan kuman. Keberadaanya akan semakin berisiko menginfeksi ketika berinteraksi dengan orang luar.

Sebelumnya, beritahukan terlebih dulu pada petugas pesan makanan online agar tidak memberikan makanan langsung. Sediakan juga area yang bisa digunakan untuk menaruh makanan saat petugas datang. Selain makanan, sebenarnya pesan antar barang juga sudah banyak yang menerapkannya.

Jika kontak dengan petugas sulit untuk dihindari, sebaiknya gunakan masker. Sampaikan juga kepada petugas untuk menggunakan masker untuk saling menjaga. Apalagi jika keduanya atau salah satu diantaranya sedang mengalami flu, pilek, dan batuk. Menggunakan masker sangat perlu dilakukan untuk meminimalisir penularan.

3 dari 5 halaman

Pembayaran Non Tunai

Lakukan pembayaran non-tunai sebagai tips sehat pesan makanan online.  Pembayaran non-tunai bisa dilakukan dengan mulai menggunakan dompet digital. Jika belum memilikinya, coba buat akun dompet digital dan isi saldonya.

Pembuatannya juga tidak membutuhkan waktu yang lama. Luangkan waktu satu jam untuk mulai mendaftar, maka dompet digital sudah bisa digunakan. Menggunakannya tentu lebih efektif meminimalisir penyebaran virus, bakteri, dan kuman.

Hal ini juga untuk mengantisipasi uang tunai yang sudah berpindah dari satu orang ke orang lain. Sudah pasti akan lebih banyak virus, bakteri, dan kuman yang menempel di permukaan uang tunai. Lakukan hal ini untuk saling menjaga sesama, termasuk petugas pesan makanan online.

Nah, dengan memanfaatkan dompet digital, transaksi non-tunai bisa dengan mudah dilakukan. Trik ini juga dapat mengurangi kontak langsung dengan petugas pesan makanan online. Sehingga penyebaran virus, bakteri, dan kuman bisa diminimalisir.

Jika terpaksa berinteraksi, pastikan uang yang digunakan untuk membayar sudah disemprot disinfektan. Jangan terlalu banyak karena bisa membuatnya basah. Selain disinfektan, bisa disiasati dengan mencuci tangan setelah memegang uang tunai. Sampaikan juga kepada kurir untuk menggunakan sarung tangan atau mencuci tangan dengan sabun setelahnya.

4 dari 5 halaman

Memindahkan Makanan

Memindahkan makanan ke piring atau tempat lebih bersih juga wajib diterpkan sebagai tips sehat pesan makanan online. Setelah dipindahkan pada piring bersih, segera buang bungkus makanan yang telah digunakan pada tempat sampah.

Membersihkan makanan dari pesan makanan online ditujukan untuk meminimalisir kontaminasi virus, bakteri, dan kuman. Jangan sampai ketiganya masuk ke saluran cerna dan saluran pernapasan hingga timbulkan masalah kesehatan. Usahakan juga tempat sampah yang digunakan untuk membuang berada di luar rumah dan segera dibakar.

Bagi yang memesan sayuran atau buah-buahan mentah, cuci terlebih dulu dengan air mengalir. Gunakan juga sabun khusus untuk sayur dan buah sebelum dipindahkan ke wadah.

Selain sayur dan buah, ada makanan beku. Misalnya saja seperti daging dan ikan. Pastikan untuk tetap menggunakan wadah terpisah untuk menyimpannya di freezer.

Nah, jangan pula memakan buah yang telah dicuci setelah itu juga. Pasti ada beberapa yang disimpan di dalam lemari es untuk beberapa hari ke depan. Meskipun buah sudah dicuci dan disimpan di dalam lemari es, tetap cuci sebelum dikonsumsi.

Hal yang sama juga berlaku untuk sayuran yang disimpan di lemari es. Ingatlah untuk selalu mencuci tangan menggunakan sabun dan air. Cuci terlebih dahulu buah-buahan dan sayuran sebelum dikonsumsi atau dikupas.

5 dari 5 halaman

Cuci Tangan

Mencuci tangan juga termasuk tips sehat pesan makanan online. Pastikan untuk mencuci tangan sebelum memindah makanan ke wadah bersih. Cuci tangan juga sebelum mulai menyantap makanannya. Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun kurang lebih selama 20 detik.

Pastikan setiap sela-sela tangan dapat terjangkau sehingga semua virus, bakteri, dan kuman yang ada dapat hilang. Selesai cuci tangan, barulah santap makanan dari pesan makanan online yang sudah dilakukan.

Langkah mencuci tangan yang benar:

1. Ratakan sabun dengan kedua telapak tangan.

2. Gosok punggung dan sela-sela jari tangan kiri dengan tangan kanan dan sebaliknya.

3. Gosok telapak tangan dan sela-sela jari

4. Punggung jari tangan kanan digosokkan pada telapak tangan kiri dengan jari sisi dalam kedua tangan saling mengunci.

5. Ibu jari tangan kiri digosok berputar dalam genggaman tangan kanan dan sebaliknya.

6. Gosok berputar ujung jari tangan kanan di telapak taangan kiri dan sebaliknya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS