Sukses

12 Jenis Buah Tin yang Populer, Punya Rasa Sangat Manis

Buah tin dikenal akan rasanya yang sangat manis.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak jenis buah tin yang ditemukan di seluruh dunia. Buah tin merupakan buah yang banyak tumbuh di Asia Barat. Di Indonesia, buah ini disebut dengan buah ara, sementara di barat buah tin dikenal dengan nama fig.

Ada lebih dari 800 jenis buah tin di dunia. Sebagian besar pohon tin berasal dari iklim tropis, karena mereka lebih menyukai panas yang ekstrem dan tidak toleran terhadap suhu rendah.

Beragam jenis buah tin banyak dibudidayakan di Timur Tengah dan Eropa. Jenis buah tin ini juga mulai banyak dikembangkan di Indonesia. Aneka jenis buah tin punya karakteristik dan keistimewaannya sendiri.

Jenis buah tin bisa ditemukan dalam keadaan segar, kering, atau dalam bentuk jus. Berikut 12 jenis buah tin yang populer di dunia, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (30/7/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Jenis buah tin yang populer di dunia

Adriatic

Buah tin adriatic memiliki kulit hijau muda dan berwarna merah muda di bagian dalam. Adriatic juga disebut buah ara putih karena berwarna sangat terang. Mereka sangat manis dan dapat dinikmati sebagai hidangan penutup buah sederhana. Pohon tin Adriatik adalah tanaman asli daerah Mediterania. Karena kandungan gulanya sangat tinggi, buah tin Adriatic biasanya dikeringkan untuk dikonsumsi.

Black Mission

Buah tin Black Mission berwarna ungu kehitaman di luar dan merah muda di dalamnya. Jenis buah tin ini sangat manis dan bahkan mengeluarkan air seperti sirup. Buah tin Black Mission berbentuk kecil, dengan daging merah muda yang lebat bertabur biji-bijian yang memberikan rasa renyah pada daging yang halus.

 

3 dari 8 halaman

Jenis buah tin yang populer di dunia

Brown Turkey

Buah tin brown turkey memiliki kulit ungu dan daging merah. Buahnya memanjang dan berbentuk buah pir, dengan kulit ungu gelap. Rasanya ringan dan kurang manis dibandingkan jenis buah tin lainnya. Jenis buah tin ini sangat populer dan besar, tumbuh di seluruh dunia. Buah tin brown turkey banyak dijual segar dan kering.

Calimyrna

Buah tin Calimyrna berwarna kuning kehijauan di bagian luar dan merah muda mencolok di bagian dalam. Buah tin Calimyrna lebih besar jika dibandingkan dengan jenis buah tin lain dan memiliki rasa kacang yang unik dan kuat.

4 dari 8 halaman

Jenis buah tin yang populer di dunia

Kadota

Buah tin kadota berwarna hijau dengan daging ungu. Jenis buah tin kadota diyakini sudah ada sejah ribuan tahun lalu. Daging buahnya sangat halus dan manis. Kadota adalah jenis buah tin yang paling manis di antara semua jenis buah tin.

Alma

Jenis buah tin alma berwarna cokelat keemasan dengan bentuk mirip buah pir. Jenis buah tin alma punya banyak buliran yang manis. Buah tin alma banyak dikembangkan di daerah Texas, AS.

5 dari 8 halaman

Jenis buah tin yang populer di dunia

Purple Jordan

Jenis buah tin purple jordan merupakan varietas yang berasal dari Yordania. Buah tin ini memiliki ukuran besar dengan warna ungu kehitaman dengan rasa buah yang sangat manis. Purple jordan merupakan jenis buah tin yang bisa dengan mudah dikembangkan di Indonesia.

Green Jordan

Selain purple jordan, jenis buah tin asal Yordania lainnya adalah green jordan. Tanaman buah ini juga mudah beradaptasi di iklim Indonesia. Sesuai namanya, buah tin jordan punya warna kulit hijau dengan ukuran lebih kecil dari purple jordan. Buah ini punya rasa yang sangat manis sehingga banyak diolah menjadi manisan, selai, atau buah kering.

6 dari 8 halaman

Jenis buah tin yang populer di dunia

Blue Giant

Jenis buah tin blue giant memiliki warna merah dengan corak kebiruan. Buah ini memiliki ukuran cukup besar di antara jenis buah tin lainnya. Buah tin blue giant punya rasa manis dan tekstur yang empuk.

Khrutmani Palestine

Khrutmani Palestine termasuk dalam jenis buah tin Mediterania yang berwarna kehitaman dengan ukuran mirip dengan jenis blue giant. Khrutmani Palestine juga banyak dikembangkan di Indonesia dan sangat produktif berbuah.

7 dari 8 halaman

Jenis buah tin yang populer di dunia

Celeste

Jenis buah tin celeste memiliki buah berukuran sedang dengan kulit cokelat muda hingga keunguan. Daging buah tin celeste berwarna merah muda cerah. Buah tin celeste juga termasuk buah yang sangat manis, sampai mendapatkan julukan gula tin.

Chicago Hardy

Chicago Hardy merupakan jenis buah tin yang cukup populer di Amerika. Tanaman ini bisa tumbuh di suhu dingin dan hangat. Buahnya sangat manis, dengan daging berair merah tua yang dikelilingi oleh kulit lembut ungu tua.

8 dari 8 halaman

Jenis buah tin yang populer di dunia

Atasi anemia

Buah tin kering mengandung zat besi yang dapat mengatasi anemia. Konsumsi buah tin dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah yang dapat mengatasi gejala anemia seperti pusing dan lelah.

Sehatkan kulit

Dalam beberapa tradisi pengobatan tradisional, buah tin digunakan untuk mengobati berbagai masalah kulit seperti eksim, vitiligo, dan psoriasis. Buah tin adalah sumber yang baik untuk banyak memperkaya vitamin, antioksidan, dan mineral kulit.

Lancarkan pencernaan

Karena sifat pencahar buah, sirup buah tin biasa dimanfaatkan untuk membantu mengobati sembelit. Buah tin dapat mengurangi sebagian besar gejala sembelit, termasuk waktu buang air besar, jumlah buang air besar, sakit perut dan ketidaknyamanan.

Sehatkan jantung

Buah tin juga membantu mengurangi kadar trigliserida dalam darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Antioksidan dalam buah tin mencegah radikal bebas yang menghalangi arteri koroner dan menyebabkan penyakit jantung koroner.

Bantu turunkan kolesterol

Buah tin mengandung pektin, serat larut yang diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol. Buah tin kering mengurangi kolesterol keseluruhan karena mengandung asam lemak omega-3, omega-6 dan pitosterol.

Kuatkan tulang

Buah tin mengandung kalsium, kalium, dan magnesium, yang semuanya membantu kesehatan tulang. Buah tin membantu meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi kerusakan tulang akibat usia.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini