Sukses

7 Cara Menghilangkan Noda Aspal di Pakaian, Perhatikan dengan Seksama

Agar pakaian selalu bersih, coba cara menghilangkan noda aspal yang efektif ini.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan noda aspal di pakaian berikut ini bisa nampaknya penting untuk Anda perhatikan, sebab kemungkinan pakaian terkena aspal sangat mungkin terjadi. Noda aspal yang menempel pada pakaian sendiri bisa dikarenakan cipratan dari aspal yang belum kering dengan sempurna.

Ketika melewati aspal yang belum kering sempurna tersebut, ban kendaraan terutama motor, bisa dengan mudahnya mengalirkan partikel aspal tersebut ke arah depan seiring berputarnya roda. Kurang keringnya aspal tersebut bisa dikarenakan kualitas dari aspal itu sendiri yang kurang baik serta pengaruh cuaca.

Hal tersebut sebenarnya sejalan dengan pernyataan dari simantu.pu.go.id dalam modul “Diklat Penggunaan Bahan & Alat Untuk Pekerjaan Jalan & Jembatan” Bab II yang menyatakan jika aspal haruslah mempunyai kemampuan daya tahan (tidak cepat rapuh) terhadap cuaca, mempunyai adhesi dan kohesi yang baik dan memberikan sifat elastis yang baik.

Itulah mengapa jika risiko pakaian terkena noda aspal jadi sangat besar. Terutama jika noda aspal tersebut hinggap di pakaian dengan warna cerah, maka akan sangat terlihat dan membuat pakaian menjadi kurang sedap dipandang.

Namun tenang saja, dengan mempraktikkan cara menghilangkan noda aspal di pakaian ini sangat efektif. Selain itu, tidak perlu usaha terlalu besar untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari mempraktikkan cara menghilangkan noda aspal di pakaian ini.

Lalu, cara menghilangkan noda aspal di pakaian bisa dimulai dengan bagaimana? Ada beberapa alternatif cara menghilangkan noda aspal di pakaian yang bisa Anda coba. Tapi, hasil yang akan didapatkan bisa berbeda tergantung tingkat keparahannya. Berikut Liputan6.com sudah merangkumnya, Kamis (30/7/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Es batu

Cara menghilangkan noda aspal di pakaian yang pertama adalah dengan menggunakan bantuan dari es batu. Sebenarnya noda aspal memiliki tekstur dan sifat yang mirip dengan noda permen karet, teksturnya lengket serta keras. Itulah mengapa metode yang digunakan juga sama ketika membersihkan permen karet, yaitu dengan menggunakan es batu.

Agar hasil yang didapatkan lebih maksimal, Anda bisa mencungkil aspal yang terlalu tebal, lalu barulah sisa noda yang menemel di pakaian Anda gosok-gosok dengan es batu. Cara ini perlu dilakukan beberapa kali, hingga tekstur dari aspal mulai membeku. Jika sudah membeku, maka Anda bisa mulai mencungkilnya kembali dengan kuku atau benda tumpul seperti sendok.

3 dari 8 halaman

2. Deterjen

Menggunakan deterjen mungkin cara menghilangkan noda aspal di pakaian yang paling umum dilakukan agar noda membandel di pakaian bisa hilang, terutama noda aspal. Jenis deterjen yang digunakan bisa menggunakan deterjen bubuk atau cair. Lalu, Anda bisa merendam pakaian yang terkena noda tersebut selama beberapa jam dan gosok perlahan hingga noda aspal menghilang.

Namun, salah satu hal yang perlu di perhatikan sebelum menggunakan deterjen, yaitu memahami jenis kain dari pakaian yang akan dicuci. Hal ini menjadi sangat penting karena ada beberapa jenis kain yang tidak disarankan untuk terkena deterjen.

4 dari 8 halaman

3. Minyak

Jika Anda ragu untuk menggunakan deterjen maka cara ini rasanya bisa menjadi alternatif yang tepat untuk menghilangkan noda aspal di pakaian Anda. Minyak yang digunakan juga bisa berbagai jenis, seperti minyak sayur atau jenis petroleum gel yang biasanya bisa ditemukan pada produk perawatan kulit. Untuk mengaplikasikannya, Anda bisa dengan cara merendam atau hanya dengan mengoleskannya ke bagian yang terkena noda. Lalu gosok perlahan hingga noda aspal menghilang dan bilas dengan sabun cuci.

5 dari 8 halaman

4. Alkohol

Selain menggunakan minyak, Anda bisa juga menggunakan alkohol untuk membantu dalam menghilangkan noda aspal pada pakaian. Pastikan Anda tidak dekat dengan api ketika melakukan proses pembersihan. Agar noda aspal dapat hilang dengan maksimal, Anda bisa melakukan cara menghilangkan noda aspal di pakaian ini hingga beberapa kali, baru setelah itu dibilas hingga bersih menggunakan sabun cuci.

6 dari 8 halaman

5. Cairan anti karat

Mengapa cairan anti karat digunakan dalam membersihkan noda aspal pada pakaian? Sebab, cairan anti karat memiliki partikel kecil yang mampu menyerap ke celah terkecil sekalipun. Bahkan, jenis cairan anti karat seperti WD-40 bisa menghilangkan bekas lem stiker serta permen karet dengan mudah.

Untuk menggunakannya, Anda cukup menyemprotkan bagian yang terkena noda aspal. Lalu, diamkan selama 20 menit dan gosok perlahan. Jika dirasa belum bersih seluruhnya, lakukan pengulangan cara tersebut, serta jangan lupa dibilas hingga bersih. Cairan anti karat ini biasanya digunakan sebagai pelmas rantai dan bisa Anda dapatkan di bengkel-bengkel terdekat.

7 dari 8 halaman

6. Thinner

Selain menggunakan beberapa bahan di atas, Anda bisa menggunakan bantuan thinner untuk menghilangkan noda aspal pada pakaian. Cara ini bisa memberi hasil yang cukup maksimal jika dilakukan beberapa kali. Anda cukup menuangkan thinner tersebut ke atas noda aspal yang membandel, lalu gosok perlahan layaknya sedang mencuci. Setelah itu jangan lupa bilas dengan sabun cuci.

8 dari 8 halaman

7. Air panas

Lalu, cara menghilangkan noda aspal di pakaian yang bisa menjadi alternatif terakhir, dengan menggunakan bantuan air panas. Penggunaan air panas tersebut mampu meleburkan noda aspal pada pakaian. Akan tetapi, hal yang penting untuk diperhatikan, apakaha pakaian Anda boleh atau tidak terkena air panas. Sebab, air panas bisa merusak serat dari beberapa jenis kain, seperti jeans.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini