Sukses

5 Cara Memilih Sepatu Kulit, Jangan Salah Beli

Liputan6.com, Jakarta Sepatu merupakan salah satu pelengkap dalam berpakaian yang wajib dimiliki oleh semua orang. Penggunaan sepatu dapat meningkatkan penampilan dan percaya diri. Secara umum, sepatu dibuat dari berbagai jenis bahan, mulai dari kanvas hingga kulit. Khusus untuk sepatu kulit, selain bahannya yang lebih mahal, juga perlu diperhatikan bagaimana cara memilih sepatu kulit tersebut.

Ini sebenarnya tidak terlepas dari berbagai faktor selain harga, salah satunya faktor kenyamanan. Kenyamanan ketika menggunakan sepatu kulit tidak bisa begitu saja terjamin meski harga dari sepatu tersebut cukup mahal. Anda sebagai pengguna, harus memerhatikan berbagai cara memilih sepatu kulit itu sendiri agar terhindar dari salah beli.

Sebagai contoh, ketika ingin pergi ke sebuah acara, maka Anda membutuhkan sepatu kulit yang sesuai dengan jenis pakaian yang digunakan. Apabila menggunakan jas, maka ada cara memilih sepatu kulit tersendiri untuk jenis pakaian tersebut.

Lalu bagaimana sebenarnya cara memilih sepatu kulit yang disarankan? Berikut ini Liputan6.com sudah merangkum informasi mengenai cara memilih sepatu kulit tersebut dari berbagai sumber, Jumat (31/7/2020).

2 dari 6 halaman

1. Sesuaikan dengan kebutuhan

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum membeli sepatu kulit, yaitu jenis sepatu tersebut digunakan untuk kegiatan seperti apa. Mudahnya, Anda sendiri perlu mengetahui penggunaan sepatu kulit tersebut digunakan untuk acara formal atau informal. Ini diperlukan agar tidak terjadi salah kostum ketika menggunakan sepatu kulit tersebut.

Bayangkan saja, ketika Anda menggunakan jas tapi model dari sepatu kulit Anda cenderung memiliki bentuk seperti sepatu boots. Atau mungkin sebaliknya, ketika Anda ingin mengendarai motor dan melakukan aktivitas yang cukup berata, maka sangat tidak cocok menggunakan jenis sepatu kulit yang memiliki sol serta konstruksi yang kaku.

3 dari 6 halaman

2. Perhatikan bahan kulit sepatu

Cara memilih sepatu kulit yang selanjutnya dengan memerhatikan jenis kulit yang digunakan. Mengapa hal ini penting? Sebab, ada beberapa jenis kulit yang umumnya digunakan dalam pembuatan sepatu dan tiap bahan kulit tersebut akan menentukan harga dari sepatu tersebut.

Beberapa jenis dari kulit tersebut dari yang paling baik, antara lain:

1. Top grain atau full grain

2. Corrected atau embossed grain

3. Split leather

4. Reconstituted, bonded atau fibre leather

5. Calf leather atau box calf leather

6. Vegetable tanned leather atau crust leather

7. Shell cordovan leather

8. Pull up leather

9. Crazy horse leather

Dari tiap jenis kulit di atas harganya akan berbeda-beda. Umumnya jenis top grain memiliki harga yang paling mahal, karena serat yang dihasilkan dari jenis kulit tersebut lebih terlihat jelas dan sangat menawan jika dijadikan sepatu.

4 dari 6 halaman

3. Perhatikan konstruksi sepatu

Cara memilih sepatu kulit selanjutnya adalah dengan melihat konstruksi dari sepatu yang akan dibeli. Hal ini penting untuk diperhatikan, karena konstruksi dari sepatu kulit akan sangat berpengaruh kepada tingkat keawetan sepatu itu sendiri. Salah konstruksi sepatu kulit yang cukup terkenal adalah metode goodyear welting. Metode ini mungkin merupakan salah satu metode dalam konstruksi sepatu yang paling awet dan tertu. Menggunakan metode ini dalam membuat sepatu juga dapat membuat sepatu kulit lebih mudah menyesuaikan dengan bentuk kaki penggunanya dan bisa meminimalisir kerusakaan ketika proses resole.

Selain metode goodyear welting, ada metode konstruksi blake stitching yang membuat sepatu memiliki kesan lebih ramping ketika digunakan. selain itu, penggunaan metode ini juga membuat sepatu menjadi lebih fleksibel ketika digunakan.

5 dari 6 halaman

4. Pilih sol sepatu yang sesuai

Ada berbagai jenis sol sepatu yang turut menunjang desain dari sepatu kulit. Beda sol akan beda pula tingkat kenyamanan yang diberikan. Anda mungkin pernahmelihat jenis sol sepatu yang memiliki hak dan cukup keras serta licin. Memang, jenis sol tersebut cocok untuk acara formal dan acara yang tidak membutuhkan banyak gerak.

Berbeda dengan jenis sol yang menggunakan bahan karet atau eva layaknya sepatu olahraga, yang biasanya memberi kenyamanan lebih namun dari tampilan kurang cocok jika dipadukan dengan jas. Pada akhirnya semua kembali pada seperti apa kebutuhan Anda.

6 dari 6 halaman

5. Pilih ukuran yang tepat

Umumnya, dalam ukuran yang sama sepatu kulit cenderug terasa lebih besar dan terkesan longgar ketika digunakan. Itulah mengapa, Anda perlu memilih dan menggunakan sepatu yang ukurnnya sesuai, tentunya agar Anda nyaman ketika menggunakannya berlama-lama.

Selain itu, ada baiknya Anda mencoba sepatu kulit yang akan dibeli. Hal ini untuk menghindari penyesalan ketika sepatu sudah terlanjur dimiliki. Anda juga perlu memerhatikan bagian insole sepatu. Usahakan insole sepatu memiliki karakter yang empuk dan nyaman ketika digunakan.

Lalu, ketika mencoba sepatu kulit ada baiknya pakai kaos kaki agar tau apakah sepatu sudah benar-benar nyaman atau belum. Penggunaan kaos kaki ini juga bisa menjadi indikator apakah ukuran sepatu sudah sesuai atau belum.

Nah, dari seluruh cara memilih sepatu kulit di atas, hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah seslalu sesuaikan dengan budget yang dimiliki. Jangan paksakan membeli sepatu yang kelewat mahal. Bahkan, saat ini Anda bisa mendapatkan sepatu dengan harga diskon yang sangat terjangkau.