Sukses

9 Cara Menghilangkan Bau Mulut Setelah Makan Daging

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan bau mulut setelah makan daging tentunya perlu diperhatikan, terutama saat Hari Raya Idul Adha. Hal ini tentunya karena kamu memiliki banyak stok daging kurban, sehingga tidak heran jika setiap harinya lauk yang kamu konsumsi adalah daging kambing ataupun sapi.

Hal ini biasanya juga berkaitan dengan cara mengolah daging yang kurang tepat, sehingga menyebabkan bau tak sedap di mulut. Hal ini tentunya menimbulkan rasa tidak nyaman saat kamu berkomunikasi dengan orang lain.

Cara menghilangkan bau mulut setelah makan daging bisa dilakukan secara alami. Entah itu dengan mengonsumsi buah-buahan, makanan dan minuman penghilang bau mulut, hingga cara-cara lainnya. Pastikan untuk tidak terlalu berlebihan mengonsumsi daging agar kesehatan senantiasa terjaga.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (31/7/2020) tentang cara menghilangkan bau mulut setelah makan daging.

2 dari 5 halaman

Makan Buah dan Mint

Makan Buah

Cara menghilangkan bau mulut setelah makan daging yang pertama adalah dengan buah. Jadikan buah-buahan sebagai sebagai makanan penutup setelah makan daging, terutama buah-buahan kaya vitamin C dan banyak air.

Kamu bisa mengonsumsi apel, semangka, pir, jeruk, stroberi, pepaya dan jambu karena mampu menghasilkan asam di mulut untuk menetralkan bau dan mencegah berkembangnya bakteri penyebab bau.

Selain itu, kandungan buah-buah yang kaya serat baik untuk kesehatan pencernaan dan sistem metabolisme tubuh. Kamu bisa mengunyah buah-buahan tersebut secara perlahan untuk menghilangkan bau mulut yang tak sedap.

Mengunyah Makanan Mengandung Mint

Kamu juga bisa mengunyah makanan yang mengandung mint sebagai cara menghilangkan bau mulut setelah makan daging. Entah itu dengan mengunyah permen karet rasa mint, atau minum minuman yang mengandung mint, hingga menyantap kue dengan aroma mint bisa kamu terapkan.

Hal ini dapat memberikan efek segar pada mulutmu setelah makan daging. Kesegaran aroma daun mint bisa melenyapkan bau mulut yang tak sedap karena daging kambing. Jika kamu merasa tak masalah untuk mengunyah daun mint secara langsung, cara ini juga bisa diterapkan.

3 dari 5 halaman

Konsumsi Yoghurt dan Minum Banyak Air Putih

Konsumsi Yoghurt

Cara menghilangkan bau mulut setelah makan daging selanjutnya adalah dengan mengonsumsi yoghurt. Ini karena yoghurt mengandung bakteri baik sekaligus asam yang dapat membantu membersihkan rongga mulut dari sisa daging atau makanan penyebab bau mulut.

Bakteri probiotik pada yoghurt membantu menyingkirkan bakteri dan menurunkan hidrogen sulfida yang dihasilkan bakteri. Bahkan, konsumsi yoghurt juga sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Pilihlah yoghurt murni untuk kamu konsumsi.

Minum Banyak Air Putih

Salah satu cara menghilangkan bau mulut setelah makan daging yang cukup sederhana adalah dengan minum banyak air putih. Air putih akan membilas rongga mulut dan tenggorokan dari sisa makanan yang menimbulkan bau, sekaligus membantu proses membuang makanan penyebab bau di sistem pencernaan.

Kamu bisa minum air putih biasa, namun minum air hangat dan infused water yang sudah dicampur buah-buahan mungkin bisa menjadi alternatif yang lebih efektif.

4 dari 5 halaman

Minum Teh Hijau, Jahe, dan Mentimun Segar

Minum Teh Hijau

Minum teh hijau atau teh tawar juga bisa diterapkan menjadi salah satu cara menghilangkan bau mulut setelah makan daging. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan antimikroba pada teh yang mampu menyingkirkan bakteri penyebab bau.

Tidak hanya itu, katekin pada teh juga membantu menetralisasi kondisi rongga mulut sehingga terasa lebih segar. Bahkan, minum teh hijau juga baik untuk menurunkan kadar kolesterol.

Jahe

Jahe ternyata tidak hanya berguna untuk menghangatkan badan, tetapi juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau mulut setelah makan daging. Sifat antimikroba dan kandungan minyak atsiri dan gingerol pada jahe sangat baik untuk menyingkirkan bau. Cukup kunyah jahe secukupnya atau seduh dengan air hangat dan minum, maka masalah bau mulutmu akan segera menghilang.

Makan Mentimun Segar

Makan mentimun segar juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bau mulut. Hal ini tentu terkait dengan kandungan airnya yang sangat melimpah. Pilih mentimun yang kondisinya masih benar-benar segar untuk mendapatkan khasiat terbaik.

5 dari 5 halaman

Menyikat Gigi dan Gunakan Obat Kumur

Menyikat Gigi dan Lidah

Cara menghilangkan bau mulut setelah makan daging tentunya juga bisa dengan menyikat gigi dan lidah. Setelah makan, kamu bisa langsung meyikat gigi dan juga lidah, karena selain di sela-sela gigi, banyak juga sisa makanan yang menempel di lidah.

Obat Kumur

Berkumurlah secara menyeluruh beberapa kali setelah menyikat gigi, bisa menggunakan obat kumur atau air garam. Cara ini akan membantu secara efektif menyingkirkan bakteri dan sisa daging penyebab bau.

Itulah beberapa cara menghilangkan bau mulut setelah makan daging yang bisa kamu terapkan. Ingat untuk selalu menjaga kesehatan dengan tidak berlebihan dalam mengonsumsi daging.