Sukses

8 Jus Buah yang Baik untuk Menurunkan Kolesterol

Liputan6.com, Jakarta Jus buah yang baik untuk menurunkan kolesterol perlu kamu konsumsi untuk menjaga kesehatan. Konsumsi makanan sehari-hari memang sangat penting diperhatikan untuk mengontrol kolesterol, selain melakukan olahraga secara teratur.

Kebiasaan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, lemak trans, dan kolesterol dapat meningkatkan kadar kolesterol di dalam darah. Oleh karena itu, kamu perlu menurunkannya dengan konsumsi buah-buahan.

Jus buah yang baik untuk menurunkan kolesterol dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya. Hal ini perlu diperhatikan karena, kadar kolesterol yang terlampau tinggi dapat menimbulkan beberapa penyakit yang berkaitan dengan sistem jantung dan peredaran darah.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (31/7/2020) tentang jus buah yang baik untuk menurunkan kolesterol.

2 dari 5 halaman

Jus Apel dan Jus Pisang

Jus Apel

Salah satu jus buah yang baik untuk menurunkan kolesterol adalah apel. Hal ini diduga berkaitan dengan kandungan polifenol pada apel yang dapat menghambat proses oksidasi dari kolesterol jahat. Hal ini menyebabkan risiko pembentukan plak dan penyempitan pembuluh darah bisa diminimalkan.

Sebuah studi di The Florida State University menemukan bahwa wanita lanjut usia yang mengonsumsi apel setiap hari selama 6 bulan mengalami penurunan kadar kolesterol jahat (LDL) hingga 23% dan mengalami peningkatan kadar kolesterol baik (HDL) sebanyak 4%.

Jus Pisang

Jus pisang juga merupakan salah satu jus buah yang baik untuk menurunkan kolesterol. Ini disebabkan karena pisang mengandung serat yang dapat membantu menurunkan kadar LDL dalam tubuh. Konsumsi serat bahkan dapat membantu menurunkan berat badan yang pada akhirnya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol pula.

Konsumsi pisang dipercaya dapat membantu mengontrol kadar kolesterol. Hal ini juga didapatkan karena kandungan kalium di dalam pisang yang juga berkontribusi dalam menurunkan kadar kolesterol.

3 dari 5 halaman

Jus Jeruk dan Jus Nanas

Jus Jeruk

Sebuah penelitian menemukan peningkatan kadar HDL hingga 21% pada pria dan wanita yang mengonsumsi 750 mililiter jus jeruk setiap hari. Kadar kolesterol baik (HDL) yang tinggi berkaitan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

Hal ini diduga berkaitan dengan kandungan sterol pada jeruk, sehingga membuatnya menjadi salah satu jus buah yang baik untuk menurunkan kolesterol.

Jus Nanas

Nanas juga merupakan salah satu jus buah yang baik untuk menurunkan kolesterol tinggi. Ini karena nanas mengandung serat yang tinggi, sehingga mampu meningkatkan ekskresi empedu yang berdampak pada berkurangnya siklus enterohepatik. Hal inilah yang membuat jumlah kolesterol yang ada dalam tubuh jadi lebih berkurang.

Selain itu, nanas juga mengandung vitamin C dan bromelain yang dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh. Hal ini karena kedua zat tersebut dapat mengurangi plak atau lemak yang menempel pada darah manusia.

4 dari 5 halaman

Jus Alpukat dan Jus Stroberi

Jus Alpukat

Alpukat merupakan buah yang padat nutrisi, kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan serat, sehingga menjadi salah satu jus buah yang baik untuk menurunkan kolesterol. Buah ini bisa membantu menurunkan kolesterol (LDL) buruk dan meningkatkan kolesterol (HDL) baik.

Buah alpukat juga kaya akan vitamin, mineral, serta senyawa yang menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh. Jadi, kamu bisa mengonsumsinya secara teratur untuk menjaga kesehatan.

Jus Stroberi

Jus buah yang baik untuk menurunkan kolesterol selanjutnya adalah stroberi. sHasil penelitian mengatakan bahwa stroberi dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat di dalam darah.

Tak hanya itu, serat dan fitosterol yang ada pada buah stroberi juga bisa menurunkan kadar trigliserida, yang pada akhirnya menekan risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke.

5 dari 5 halaman

Jus Anggur dan Jus Jambu Biji

Jus Anggur

Jus anggur juga merupakan salah satu jus buah yang baik untuk menurunkan kolesterol. Mengonsumsi buah anggur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida. Ini karena pterostilbene yang dimiliki anggur bisa memengaruhi enzim yang terlibat dalam proses pengaturan kadar lemak darah.

Jus Jambu Biji

Jambu biji adalah salah satu buah yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Hal ini karena buah yang satu ini mengandung vitamin dan antioksidan yang bekerja melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas.

Kadar kalium dan serat larut air dalam jambu biji juga dapat membantu sebagai penurun kolesterol dan tekanan darah, sementara menaikkan kadar kolesterol baik HDL yang dapat mencegah berbagai penyakit jantung.

Itulah beberapa jus buah yang baik untuk menurunkan kolesterol. Kamu bisa mengonsumsinya secara teratur setiap harinya untuk menjaga kesehatan.