Sukses

6 Cara Memutihkan Kuku Kuning, Mudah dan Efektif

Liputan6.com, Jakarta Cara memutihkan kuku kuning ternyata cukup mudah dan tidak perlu melalui perawatan khusus. Bahkan, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari beberapa cara memutihkan kuku kuning hanya diperlukan bahan-bahan yang mudah didapatkan, baik di minimarket atau toko kelontong sekalipun.

Tapi, mengapa kuku bisa menjadi kuning? Biasanya, kebiasaan mengecat kuku bisa menyebabkan perubahan warna yang signifikan. Sebab, berbagai kandungan bahan kimia dan pewarna yang ada pada kuku bisa meninggalkan berbagai macam noda, sehingga menyebabkan kuku menjadi kuning dan tampak tidak menarik serta tidak sehat.

Selain itu, bersentuhan langsung dengan berbagai jenis bumbu masakan seperti kunyit juga bisa menjadikan kuku berwarna kuning. Hal ini karena kunyit memang mengandung warna kuning alami yang bisa menempel pada kulit dan kuku jika didiamkan terlalu lama. Jika sudah begitu penting bagi Anda untuk segera mempraktikkan cara memutihkan kuku kuning tersebut.

Lalu, bagaimana cara memutihkan kuku kuning yang mudah dan efektif? Sebenarnya, hampir semua cara memutihkan kuku kuning tersebut cukup mudah dilakukan. Namun, mengenai efektif atau tidaknya hasil yang akan didapatkan bergantung pada rutin atau tidaknya Anda mempraktikkan Cara memutihkan kuku kuning tersebut, karena semakin rutin Anda melakukannya, akan semakin terlihat hasilnya.

Jadi, agar Anda tidak kebingungan mengenai cara memutihkan kuku kuning, di bawah ini Liputan6.com telah melansir dari Boldsky, mengenai berbagai cara memutihkan kuku kuning yang ampuh dan efektif, Jumat (31/7/2020),

2 dari 7 halaman

1. Baking soda

Cara memutihkan kuku kuning yang pertama bisa menggunakan bantuan dari baking soda. Bahan pembuat kue ini berfungsi untuk mengelupas kulit atau exfoliating yang berguna untuk menghilangkan noda kuning pada kuku.

Untuk menggunakannya sangat mudah, yaitu dengan mencampur 2 sendok teh baking soda dengan 3-4 sendok teh air. Setelah berbentuk pasta, lalu baluri ke kuku Anda dengan hingga tertutup rata. Lalu, tunggu hingga beberapa menit sebelum dilakukan pembilasan. Cara memutihkan kuku kuning dengan baking soda ini bisa digunakan seminggu sekali hingga kuku mulai putih dan cerah kembali.

3 dari 7 halaman

2. Cuka apel

Cuka apel memiliki sifat asam yang dapat secara efektif menghilangkan noda warna kuning yang hinggap pada kuku Anda. Cara memutihkan kuku kuning dengan cuka apel sangat mudah dipraktikkan, Anda cukup menuangkan setengah sendok teh cuka apel ke dalam mangkuk yang sudah diisi dengan air. Aduk cuka apel hingga larut di air. Setelah itu, rendam kuku Anda dalam larutan cuka apel tersebut kurang lebih 5-10 menit. Agar hasilnya maksimal, Anda bisa menggunakan cara ini seminggu sekali.

4 dari 7 halaman

3. Tea tree oil

Selain kedua cara di atas, menggunakan tea tree oil juga bisa menjadi cara memutihkan kuku kuning yang ampuh. Bahkan bisa dikatakan jika tea tree oil menjadi salah satu obat yang paling efektif untuk menghilangkan noda kuning di kuku Anda. Agar hasilnya semakin maksimal, Anda bisa kombinasikan beberapa tetes tea tree oil dengan minyak zaitun. Setelah itu, Anda bisa mengoleskan ke area kuku yang terlihat kuning. Selanjutnya, diamkan selama 10-15 menit.

Apabila serangkaian proses tersebut sudah selesai, Anda bisa membilas kuku dengan air bersih. Ulangi cara memutihkan kuku kuning dengan tea tree oil ini setiap minggu, agar mendapatkan kuku yang cerah dan indah.

5 dari 7 halaman

4. Air perasan jeruk

Air perasan jeruk memiliki kandungan berupa asam sitrat. Kandungan berupa asam sitrat ini berguna untuk memutihkan kuku yang sudah berwarna kuning. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu celupkan kapas ke dalam air perasan jeruk yang masih segar. Lalu, gosok kapas tersebut ke seluruh kuku yang dihinggapi noda kuning.

Selanjutnya, Anda hanya perlu mendiamkan kurang lebih 4-5 menit sebelum Anda membilasnya dengan air hangat. Supaya hasil yang didapatkan dapat lebih maksimal, maka Anda bisa melakukan perawatan dengan air perasan jeruk ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

6 dari 7 halaman

5. Pasta gigi

Ada beberapa jenis pasta gigi di pasaran, salah satunya pasta gigi yang memiliki kemampuan dalam memutihkan gigi. Ternyata kandungan bahan pemutih gigi tersebut bisa digunakan untuk memutihkan kuku yang terpapar noda kuning.

Cara aplikasinya tidak kalah mudahnya dengan beberapa cara memutihkan kuku kuning di atas. Anda bisa mengoleskan sedikit pasta gigi ke seluruh kuku dan diamkan selama 10-15 menit. Jika sudah sedikit mengering, selanjutnya Anda bisa membilasnya dengan air. Menggunakan pasta gigi untuk memutihkan kuku bisa Anda lakukan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

7 dari 7 halaman

6. Hidrogen peroksida

Jika berbagai cara memutihkan kuku kuning di atas masih belum memuasakan hasilnya, maka cara ini mungkin bisa menjadi solusi terakhir. Senyawa, hidrogen peroksida diketahui mengandung zat pemutih yang sangat efektif untuk mengembalikan warna putih dan cerah pada kuku. Menggunakan bahan ini sebenarnya cukup mudah, namun diperlukan kehati-hatian.

Caranya, larutkan 1 sendok makan hidrogen peroksida ke dalam mangkuk yang sudah diisi air hangat. Lalu, Anda cukup merendam kuku ke dalam larutan tersebut selama 3-5 menit sebelum membilasnya. Ulangi metode ini seminggu sekali dan rasakan hasilnya.