Sukses

10 Kelebihan Windows 10, Bisa Game Mode

Liputan6.com, Jakarta Kelebihan Windows 10 saat ini memang tidak terlepas dari prioritas Microsoft untuk selalu berinovasi. Berbagai inovasi yang dilakukan tersebut tidak lain untuk kenyamanan dan keamanan dari para pengguna setianya.

Produk ciptaan Microsoft ini diperkenalkan pada tahun 2015 lalu. Kesuksesan Microsoft dalam mengembangkan produk ini membawa banyak peminat yang sudah tidak terhitung jumlahnya saat ini. Hal ini juga tidak terlepas dari berbagai kelebihan di windows 10 ini, yang tentunya membuat para penggunanya enggan pindah ke sistem operasi lainnya.

Apabila Anda salah satu yang sudah menggunakan Windows 10 pada perangkat kesayangan Anda, pasti pernah merasakan berbagai kelebihan Windows 10 tersebut. Namun, bagi Anda yang baru ingin melakukan pemasangan Windows 10, maka Anda perlu memahami mengenai spesifikasi teknis minimum yang harus dimiliki perangkat Anda agar bisa terpasang Windows 10.

Nah, mungkin Anda cukup penasaran megenai berbagai macam kelebihan Windows 10. Namun tenang saja, di bawah ini Liputan6.com sudah merangkum berbagai macam Kelebihan Windows 10 yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan sistem operasi keluaran Microsoft ini, Jumat (31/7/2020).

2 dari 6 halaman

Kompatibilitas dan Kembalinya Tombol Start Menu

1. Kompatibilitas

Salah satu kelebihan Windows 10 yaitu dari segi kompatibilitas. Sistem operasi keluaran Microsoft ini tidak hanya bisa dijalankan di PC, akan tetapi juga bisa dijalankan di smartphone atau tablet. Dengan begitu Windows 10 diharapkan bisa membuat para penggunanya semakin nyaman.

2. Kembalinya Tombol Start Menu

Lalu, kelebihan Windows 10 selanjutnya ada pada kehadiran tombol start menu yang sempat hilang dan tidak bisa dijumpai pada Windows 8. Wajar saja Microsoft menghadirkannya kembali, sebab tidak adanya tombol start menu sangat membingungkan banyak pengguna, terutama mantan pengguna Windows 7.

3 dari 6 halaman

Fitur Multitasking dan Cortana

3. Fitur Multitasking

Kelebihan Windows 10 selanjutnya ada pada fitur antarmuka (user interface) generasi baru. Pada generasi baru para pengguna bisa menampilkan lebih dari satu jendela aplikasi dalam waktu yang bersamaan serta bisa dengan mudah berpindah ke apikasi lain yang ditampilkan.

4. Fitur Cortana

Mungkin di Android memiliki Google Assistance, sedangkan iPhone memiliki Siri, seakan tidak mau kalah maka Windows 10 meluncurkan Cortana. Cortana sendiri memiliki fungsi sebagai asisten pribadi digital berbasis Artificial Intelligence yang akan merekam serta mempelajari seluruh aktivitas penelusuran dan kebiasaan dari para pengguna Windows 10.

Adanya Cortana pada Windows 10 bisa mempermudah Anda ketika akan melakukan penelusuran melalui Windows 10. Sebab, Cortana akan memberikan informasi yang sangat relevan dengan apa yang ingin ditemukan. Cortana sendiri juga bisa memberikan detail lokasi serta waktu operasional dari sebuah restoran yang mungkin menjadi tujuan Anda, hingga keadaan cuaca.

4 dari 6 halaman

Microsoft Store dan Browser Baru

5. Microsoft Store Baru

Fitur ini adalah salah satu tempat untuk mengunduh berbagai aplikasi, baik aplikasi yang gratis bahkan berbayar. Sebenarnya fitu rini hampir sama dengan ftur Play Store Android atau App Store Ios. Ada berbagai jenis konten digital seperti game, buku, aplikasi populer, dan lain sebagainya.

6. Browser Baru

Pada Windows 10, tidak lagi menggunakan Internet Explorer, dan mulai digantikan dengan Microsoft Edge yang menjadi browser standar Windows 10. Microsoft Edge sendiri hadir dengan tampilan flat design yang simple serta mampu untuk memuat sebuah halaman website lebih cepat jika dibandingkan browser lainnya. Bahkan, untuk saat ini Microsoft Edge digadang-gadang sebagai saingan berat dari Google Chrome jika dilihat dari segi performa dan kecepatan.

5 dari 6 halaman

Upgrade Gratis dan Keamanan Meningkat

7. Upgrade Gratis

Jangan senang dahulu, fitur ini hanya bisa dinikmati para pengguna Windows 10 yang memiliki lisensi resmi, alias bukan bajakan. Cara upgradenya sangat mudah, Anda hanya perlu masuk ke halaman bernama Windows 10 Free Upgrade, lalu klik upgrade dan ikuti langkah berikutnya sesuai panduan.

8. Keamanan Meningkat Aman

Windows 10 jika dibandingkan dengan versi sebelumnya memang terbukti lebih baik dari segi sistem keamanannya. Semakin baiknya sistem keamanan pada Windows 10 ini tidak lepas dari prioritas Microsoft untuk melakukan perbaikan setiap saat melalui fitur update. Inilah mengapa Windows 10 akhirnya memiliki tingkat keamanan yang terus membaik dari hari ke hari.

Tingkat keamanan dari Windows 10 semakin diperkuat dengan adanya Windows Defender. Bahkan cukup dengan menggunakan Windows Defender saja Anda sudah tidak perlu lagi khawatir akan adanya virus atau malware yang mengganggu. Bahkan Anda juga tidak perlu repot menginstall anti-virus lainnya pada perangkat Anda.

6 dari 6 halaman

Fitur Game Mode dan Continuum

9. Fitur Game Mode

Hal ini tidak lepas dari fitur Game Mode yang disematkan pada Windows 10. Apabila ftur ini diaktifkan, maka akan membuat kinerja game menjadi lebih baik. Selain itu, pada Windows 10 juga sudah dilengkapi DirectX 12, dimana hal ini akan membuat grafis dari game yang sedang dimainkan tampak lebih tajam dan halus.

10. Fitur Continuum

Dan kelebihan Windows 10 yang terakhir ditutup dengan adanya fitur Continuum. Sayangnya, fitur ini bisa dinikmati oleh para pengguna Windows Phone. Dengan Continuum, Anda bisa dengan mudah menghubungkan Windows Phone pada laptop atau pc anda secara seamless.

Bahkan, hampir semua hal bisa dilakukan melalui Continuum, mulai dari transfer file hingga saling mengontrol antara pc dan smartphone maupun sebaliknya.