Sukses

12 Tanda-Tanda Hamil yang Jarang Disadari, Kenali Segera

Beberapa tanda kehamilan sering tidak disadari.

Liputan6.com, Jakarta Tanda-tanda hamil penting diketahui bagi wanita. Kehamilan bisa menimbulkan gejala khas. Terkadang gejala ini tak betul-betul dikenali. Ini membuat banyak wanita mengabaikan tanda-tanda kehamilan.

Tanda-tanda hamil bisa berlangsung tanpa disadari. Gejalanya yang mirip dengan kelelahan biasa atau kondisi kesehatan lainnya membuat orang kerap keliru mengenalinya. Tanda-tanda hamil bahkan bisa terjadi sebelum telat haid.

Mengenali tanda-tanda hamil bisa membuat Anda lebih banyak mempersiapkan diri. Jika merasakan tanda-tanda hamil ini, Anda bisa mulai memeriksakan diri ke dokter atau melakukan tes kehamilan.

Berikut 12 tanda-tanda hamil yang jarang disadari seperti dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(31/7/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Tanda-tanda hamil yang jarang disadari

Suhu tubuh meningkat

Ketika pertama kali bangun di pagi hari setelah ovulasi, suhu tubuh akan sedikit meningkat. Jika suhu tubuh yang dikenal sebagai suhu tubuh basal ini tetap meningkat selama lebih dari dua minggu, hal tersebut merupakan tanda kehamilan.

Sering buang air kecil

Sering harus ke kamar mandi untuk buang air kecil mungkin merupakan tanda hamil muda sebelum telat haid. Ini dimulai dua minggu setelah pembuahan. Pada masa ini ginjal mulai bersiap untuk menyaring limbah ekstra dalam darah dari bayi yang dikandung. Rahim yang mulai tumbuh juga mulai mendorong kandung kemih dan kadar progesteron meningkat.

3 dari 7 halaman

Tanda-tanda hamil yang jarang disadari

Heartburn

Hormon mengubah segalanya selama kehamilan. Ini termasuk katup antara perut dan kerongkongan. Daerah ini menjadi rileks selama kehamilan, yang dapat menyebabkan asam lambung bocor ke kerongkongan dan menyebabkan mulas. Ini membuat wanita kerap mual dan mengeluarkan kembali isi perutnya. Cobalah untuk menghindari minuman bersoda, buah jeruk, dan makanan pedas.

Perubahan mood

Hormon akan mudah tiba-tiba berubah ketika hamil. Ini dapat mempermainkan emosi wanita. Wanita akan merasa luar biasa emosional. Wanita mungkin juga mengalami perubahan suasana hati. Ini sangat umum selama awal kehamilan.

4 dari 7 halaman

Tanda-tanda hamil yang jarang disadari

Payudara lebih sensitif

Payudara seringkali merupakan bagian tubuh pertama yang mendapatkan pesan ketika sperma bertemu sel telur. Salah satu perubahan paling awal yang bisa diperhatikan selama kehamilan adalah payudara yang lebih sensitif. Payudara bisa terasa nyeri saat disentuh, lebih penuh atau lebih berat dari biasanya.

Perubahan ini mungkin tidak terasa jauh berbeda dari tanda PMS. Pada PMS perubahan hanya bertahan setelah menstruasi berlalu.

Areola lebih gelap

Perubahan selanjutnya terlihat pada areola (area di sekitar puting susu) yang menjadi lebih gelap. Tanda ini merupakan tanda khas dan tidak dapat dialami saat PMS. Perubahan ini dapat terjadi sedini satu atau dua minggu setelah pembuahan dan seringkali merupakan tanda pertama kehamilan.

5 dari 7 halaman

Tanda-tanda hamil yang jarang disadari

Sensitifitas pada bau

Saat hamil, Anda mungkin menjadi lebih sensitif terhadap bau tertentu dan indera perasa mungkin berubah. Sensitivitas terhadap bau juga bisa dirasakan. Indra penciuman akan lebih tajam karena meningkatnya kadar estrogen. Bebauan tertentu dapat memicu mual dan muntah.

Kembung

Perut kembung juga merupakan tanda kehamilan yang bisa dirasakan karena perubahan hormon. Perubahan hormon selama awal kehamilan dapat menyebabkan Anda merasa kembung. Ini bisa mirip dengan kembung yang dirasakan selama masa menstruasi.

6 dari 7 halaman

Tanda-tanda hamil yang jarang disadari

Kelelahan

Kelelahan sering terjadi selama bulan-bulan pertama kehamilan. Ini karena perubahan hormon. Ditambah lagi kadar gula darah dan tekanan darah akan lebih rendah pada masa ini. Empat bulan pertama kehamilan dapat membuat ibu merasa lamban dan mengantuk.

Morning sickness

Morning sickness merupakan tanda-tanda hamil yang cukup khas. Mual terutama mual di pagi hari biasanya dimulai antara minggu keempat dan keenam kehamilan. Mual atau morning sickness bagi banyak wanita adalah tanda-tanda hamil yang paling awal. Morning sickness memengaruhi sekitar 80 persen dari semua wanita hamil.

Morning sickness juga dapat menyerang kapan saja di siang atau malam hari. Mual dan muntah seringkali dimulai satu bulan setelah hamil.

7 dari 7 halaman

Tanda-tanda hamil yang jarang disadari

Muncul flek

Saat awal kehamilan, wanita mungkin akan mengalami pendarahan implantasi. Ini merupakan flek atau pendarahan ringan yang terjadi sekitar 10 hingga 14 hari setelah pembuahan.

Flek kehamilan normal dikenal sebagai leukorea, tipis, bening, atau putih susu, dan berbau ringan. Volume keluarnya flek akan meningkat sepanjang kehamilan untuk mengurangi risiko infeksi vagina dan rahim.

Selama trimester pertama, organ intim juga dapat mengeluarkan lendir yang lengket, putih, atau kuning. Ini karena peningkatan hormon dan aliran darah vagina.

Telat datang bulan

Telat datang bulan merupakan tanda-tanda hamil yang sangat mudah dikenali. Wanita kemungkinan akan melewatkan menstuasinya empat minggu setelah pembuahan.

Setelah implantasi selesai, tubuh akan mulai memproduksi human chorionic gonadotropin (hCG). Hormon ini membantu tubuh menjaga kehamilan. Hormon ini juga memberitahu ovarium untuk berhenti mengeluarkan telur matang setiap bulan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini