Sukses

6 Cara Membuat Desain Kardus Makanan yang Bagus untuk Pemula

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat desain kardus makanan harus dipahami jika ingin membuka usaha kuliner. Apalagi, hal ini akan menjadi salah satu pertimbangan bagi pelanggan untuk tetap memesan produk yang kamu tawarkan. Semakin bagus desain kardus makanan, maka semakin banyak pula pesanan yang akan diterima.

Hal ini mungkin sering kali dianggap sepele oleh para produsen atau yang memiliki usaha kuliner. Walaupun memang yang paling menentukan adalah kualitas produk yang ditawarkan, jika tidak dikemas dengan baik, pelanggan juga bisa kehilangan ketertarikan.

Cara membuat desain kardus makanan penting dipelajari pelaku usaha kuliner. Hal ini nantinya juga berkaitan dengan biaya yang akan dikeluarkan. Kamu tentu bisa menyewa jasa tim desain untuk membuatnya, namun tentunya harus menyediakan modal yang tidak murah juga.

Mempelajari cara membuat desain kardus makanan setidaknya bisa membuatmu bisa menyampaikan ide desain pada tim desain dengan jelas. Bahkan, bila memungkinkan kamu bisa mendesain kardus makanan sendiri.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (31/7/2020) tentang cara membuat desain kardus makanan.

2 dari 4 halaman

Memilih Program dan Tentukan Desain Kemasan

Memilih Program Desain Yang Tepat

Cara membuat desain kardus makanan sudah dimulai sejak kamu memilih program desain. Kamu harus memiliki software atau aplikasi perangkat lunak yang tepat agar dapat membuat desain sesuai dengan keinginan.

Biasanya perancang desain akan mengirimkan rancangan desain 2D ke produsen dalam format vektor. Hal ini karena file vektor bersifat scalable, sehingga lebih mudah membuat template lainnya menggunakan tool garis dan bentuk pada program vektor.

Kamu bisa menggunakan program vektor seperi Adobe Illustrator maupun Inkscape. Kamu juga bisa menggunakan desain berformat 3D dengan software Esko.

Tentukan Desain Kemasan

Setelah memilih perangkat lunak untuk desain, cara membuat desain kardus makanan selanjutnya adalah menentukan desain kemasanmu. Jika kamu sudah punya ide untuk desain kemasan, kamu bisa langsung menuangkannya ke perangkat lunak. Sebelumnya, kamu bisa mengecek berbagai macam desain kemasan yang ada di internet terlebih dahulu sebagai referensi.

Desain yang keren tentunya akan semakin maksimal jika dipadukan dengan bahan yang sesuai. Jenis bahan dan bentuk kemasan yang tidak sesuai akan memengaruhi desain kardus makananmu nantinya.

3 dari 4 halaman

Membuat Dieline dan Potong Kardus

Membuat Dieline

Cara membuat desain kardus makanan yang berikutnya yaitu membuat dieline. Dieline ini merupakan desain template datar untuk membuat kotak atau paket. Template ini biasanya dipakai dalam desain grafis sebagai penanda bagian mana saja yang akan dipakai sebagai kerangka dan bagian mana yang akan dipotong.

Hal ini berfungsi jika kamu kebingungan dengan tata letak kardus makanan yang benar. Cukup buat dieline saja, maka kamu akan terbayang bagaimana bentuk akhirnya. Jadi, kamu tinggal merancang sesuai dengan desain kemasan yang ingin kamu buat.

Membuat dieline sebagai cara membuat desain kardus makanan tidak begitu sulit, ikuti langkah berikut:

- Tentukan bagian wadah kotak yang dirancang sebagai wadah untuk meletakkan produk. Kamu bisa berkreasi sendiri dalam pembentukan kotak ini. Sekarang ini sudah banyak desain kardus makanan dengan variasi kotak yang menarik.

- Tentukan bagian penutup kotak sebagai segel untuk kotakmu dan juga supaya lebih mudah dibuka saat sedang dibutuhkan. Kamu bisa melihat berbagai referensinya di internet.

Potong Kardus Sesuai Dieline

Setelah selesai membuat desain sekaligus dieline, cara membuat desain kardus makanan selanjutnya adalah memotongnya. Memotong kardus makanan akan lebih mudah karena kamu sudah membuat dieline.

Potong bagian yang tidak kamu butuhkan untuk membuat kemasan. Hal ini juga supaya lebih gampang saat dilipat nantinya. Memotong dengan cutter dan penggaris akan lebih rapi daripada menggunakan gunting.  

4 dari 4 halaman

Lipat Kerangka Kotak dan Cetak Layer Kemasan

Lipat Kerangka Kotak

Cara membuat desain kardus makan selanjutnya adalah melipatnya. Desain yang sudah dipotong tersebut dilipat sesuai bentuk yang sudah kamu rencanakan sebelumnya. Jika kamu tidak membuat kuncian untuk kotak, gunakan perekat seperti lem atau double tape. Kamu juga bisa menggunakan stapler. Pastikan merekat dengan kuat.

Mencetak Layer Kemasan 

Mencetak layer kemasan yang tepat juga penting sebagai cara membuat desain kardus makanan. Hal ini merupakan realisasi dari desain yang kamu buat sebelumnya. Jadi, kamu harus memilih percetakan yang mumpuni agar mendapatkan hasil yang sesuai keinginan.

Siapkan gambar dengan desain berkualitas tinggi agar hasilnya juga baik setelah dicetak. Penting untuk memilih vendor percetakan yang tepat, karena kesalahan cetak sekecil apapun dapat membuat hasil akhir kemasan yang kamu inginkan tidak sesuai dengan yang sudah dirancang.

Kamu juga bisa berkonsultasi dengan percetakan tentang penggunaan bahan dan lain-lain dalam mencetak desainmu. Dengan begitu, hasil kardus makan yang kamu inginkan semakin maksimal.

Itulah beberapa cara membuat desain kardus makanan hingga proses mencetaknya berakhir. Persiapkan segala halnya dengan matang agar hasil yang kamu dapatkan juga maksimal.