Sukses

Belum Terpecahkan, Ini 6 Misteri Terbesar dalam Sejarah Dunia

Liputan6.com, Jakarta Menelaah tentang sejarah memang selalu menarik perhatian. Sejarah selalu memiliki daya tarik tersendiri untuk dikulik lebih mendalam. Pasalnya sejarah kerap memiliki hubungan yang berkaitan dengan perkembangan dunia saat ini. Tak sedikit pula sejarah dunia yang hingga kini masih menjadi sebuah misteri.

Sejarah yang masih menjadi misteri tentunya kerap menimbulkan tanda tanya dan rasa penasaran. Walaupun begitu, tak sedikit juga yang menganggap sebuah sejarah yang masih menjadi misteri itu benar adanya. Para ahli sejarah tentunya masih mengulik lebih jauh tentang sejarah dunia yang kerap menimbulkan tanda tanya.

Salah satu misteri dalam sejarah yang hingga kini kerap menimbulkan pertanyaan yakni terkait tentang Segitiga Bermuda. Segitiga Bermuda ini tentunya sudah tak asing lagi. Segala yang terjadi di Segitiga Bermuda kerap menimbulkan pertanyaan. Namun rupanya sejarah yang berkaitan dengan Segitiga Bermuda ini masih terus ditelaah.

Selain Segitiga Bermuda, ada beberapa misteri lainnya yang masih belum terpecahkan. Dunia memang selalu penuh dengan teka teki. Sisa-sisa peradaban kuno kerap menimbulkan pertanyaan terkait bagiamana dengan asal usulnya.

Berikut Liputan6.com melansir dari Brainberries tentang 6 misteri terbesar dalam sejarah yang masih belum terpecahkan, Minggu (2/8/2020).

2 dari 7 halaman

1. Kota Atlantis yang Hilang

Salah satu misteri dalam sejarah yang masih belum terpecahkan adalah Kota Atlantis yang disebut sudah hilang. Atlantis adalah peradaban berteknologi maju yang sangat materialistis dan berorientasi militer sehingga suatu hari ia tidak ada lagi, hal ini terjadi karena Kota Atlantis disebut telah dimakan oleh lautan.

Peneliti modern membuat terjemahan yang lebih akurat dari karya Plato yang menempatkan Atlantis kuno di laut Mediterania sekitar 9600 SM. Menurut para ahli, ada Dataran Tinggi Cyclades, sebuah pulau dengan ukuran besar. Namun hal tersebut masih menimbulkan tanda tanya dan belum diketahui apakah benar adanya.

 

3 dari 7 halaman

2. Segitiga Bermuda

Hal yang berhubungan dengan Segitiga Bermuda ini tentunya sudah tak asing lagi. Segala yang terjadi di Segitiga Bermuda tak jarang menimbulkan pertanyaan. Banyak orang yang menyebutkan jika banyak kapal ataupun sesuatu yang melintasi Segitiga Bermuda ini kemudian hilang.

Segitiga Bermuda yang terkenal di Samudra Atlantik Utara telah membawa 50 kapal dan lebih dari 20 pesawat ke kedalaman misteriusnya. Tidak ada yang tahu ke mana mereka pergi dan apa yang terjadi pada orang-orang di dalamnya.

Ada banyak teori yang menjelaskan mengapa kapal yang melintasi Segitiga Bermuda ini hilang, mulai dari UFO hingga gelombang nakal raksasa dan bahkan celah dalam kenyataan yang menghisap kapal ke alam semesta paralel. Beberapa kapal kembali dari waktu ke waktu, tetapi tanpa awak atau penumpang.

 

4 dari 7 halaman

3. Geoglif dari Nazca

Misteri dalam sejarah selanjutnya yang masih belum terpecahkan adalah Nazca tersebut. Garis Nazca ini adalah gambar-gambar kuno yang ukurannya sangat besar. Ketika dilihat dari atas, Garis Nazca tersebut adalah sebuah gambar yang rapi dan bukan gambar yang sembarangan.

Sebuah gambar yang muncul saat perdaban kuno ini tentunya memnimbulkan pertanyaan. Hingga kini, belum diketahui tentang apa tujuan Garis Nazca ini digambar.

 

5 dari 7 halaman

4. Sphinx

Tentunya sudah banyak yang mengetahui mitos tentang Sphinx ini. Sphinx sendiri adalah makhluk mitos bertubuh singa berkepala manusia dalam mitologi Mesir. Sphinx juga dikenal dalam mitologi Yunani sebagai makhluk yang mengajukan teka-teki.

Sphinx of Giza adalah struktur terbesar di zaman kuno yang masih memikat pikiran para sejarawan. Sphinx dibuat sekitar 5.000 SM. Piramida di sekitar Sphinx pun kerap membingungkan. Sphinx mewakili posisi konstelasi Leo dengan Bima Sakti dan Orion seperti yang akan diamati selama Zaman Leo. Hal ini pun sudah menimbulkan pertanyaan terkait asal usul Sphinx.

Penelitian terbaru menujukkan bahwa terdapat ruang tersembunyi di bawah kaki Sphinx. Pertanyaan lainnya yakni apakah Sphinx ini dibangun oleh orang Mesir atau ada peradaban lainnya yang lebih maju.

 

6 dari 7 halaman

5. Cawan Suci

Cawan Suci merupakan misteri selanjutnya yang masih belum terpecahkan. Kekristenan memiliki beberapa legenda sendiri, salah satunya tentang mitos Cawan Suci. Cawan Suci ini dipercayai bahwa merupakan piala yang berasal dari perjamuan terakhir. Selain itu, Cawan Suci ini juga merupakan kapal yang membawa darah Kristus dari penyaliban, menjadikannya salah satu barang paling suci yang pernah ada.

Banyak yang percaya Ksatria Templar mengambilnya dari Yerusalem selama Perang Salib dan membawanya ke Eropa. Banyak piala telah mengklaim nama Cawan Suci, tetapi hingga kini hal tersebut masih menjadi misteri dan kerap menimbulkan pertanyaan.

7 dari 7 halaman

6. Kamar Amber

Ruang Amber yang menakjubkan itu pernah dianggap sebagai keajaiban dunia kedelapan dan merupakan simbol perdamaian antara Prusia dan Rusia. Setelah Frederick William I memberikannya kepada Peter the Great, Amber Room dipindahkan ke Winter House di St. Petersburg, dan kemudian dipindahkan ke Istana Catherine.

Pada tahun 1941, Ruang Amber dibawa oleh tentara Jerman dan dikirim ke Kastil Konigsberg, di mana seharusnya tetap sampai pengeboman pada tahun 1944. Namun hingga kini belum diketahui apakah Ruang Amber ini dievakuasi dan diselamarkan dari pengeboman atau hancur dalam pengeboman yang terjadi pada tahun 1944.