Sukses

5 Kelemahan Xiaomi dan Kelebihannya, Jadi Bahan Pertimbangan Sebelum Beli

Liputan6.com, Jakarta Kelemahan Xiaomi bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum membelinya. Xiaomi merupakan sebuah brand smartphone ternama asal negeri Tiongkok. Brand satu ini menjadi sangat populer beberapa tahun terakhir.

Fitur-fitur inovatif yang ditawarkan Xiaomi membuat banyak orang begitu tertarik memiliki ponsel satu ini. Ada ratusan seri Xiaomi yang sudah dijual di Indonesia. Penggemarnya pun terus bertambah.

Namun, tiap produk pasti memiliki kelebihan dan kelemahan. Kelemahan Xiaomi juga bisa ditemukan di tiap seri produknya. Kelemahan Xiaomi biasanya menjadi keluhan tersendiri bagi para pengguna brand ini.

Namun, di balik kelemahan Xiaomi, ada juga kelebihan yang tak bisa dikesampingkan begitu saja. Mengetahui kelemahan Xiaomi dan kelebihannya bisa membuatmu lebih yakin memilih smartphone dari brand ini.

Kelemahan Xiaomi tiap serinya mungkin berbeda satu sama lain. Kamu bisa mencari kelemahan Xiaomi tiap seri dari berbagai review di internet. Berikut kelemahan Xiaomi dan kelebihannya secara umum, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (2/8/2020).

2 dari 5 halaman

Kelemahan Xiaomi

Harga jual rendah

Jika kamu berniat menjual kembali HP Xiaomi lamamu, maka sebaiknya tidak berharap banyak soal harganya. Pasalnya, harga jual HP Xiaomi lama dikenal cukup anjlok. Ini dikarenakan Xiaomi sering mengeluarkan hp baru.

Penurunan HP Xiaomi bekas dengan garansi resmi bisa mencapai sekitar 30 persen. Namun harga jual kembali HP Xiaomi dengan garansi distributor sangat rendah.

Terlalu banyak distributor

Di balik kepopuleran Xiaomi di Indonesia, banyak tipe HP Xiaomi yang akhirnya masuk melalui jalur yang tidak resmi atau biasa disebut dengan garansi distributor. Xiaomi dengan tipe ini tidak memiliki garansi resmi dari Xiaomi Indonesia, melainkan hanya garansi dari distributor. Imbasnya, jika ada kendala atau kerusakan pada HP Xiaomi tidak akan bisa diperbaiki di gerai resmi.

Namun, kini seiring meningkatnya permintaan akan produk, Xiaomi mulai membenahi distribusi produknya. Kini produk Xiaomi sudah bisa ditemukan di kanal-kanal resmi mitra e-commerce terkenal di Indonesia.

Saluran penjualan milik Xiaomi seperti mi.com dan Authorized Mi Store juga menjadi opsi bagi calon konsumen untuk mendapatkan produk ponsel dan pendukung gaya hidup lainnya Xiaomi.

3 dari 5 halaman

Kelemahan Xiaomi

Overheat

Kelemahan Xiaomi selanjutnya adalah sering mengalami overheating atau cepat panas. Jika kamu browsing di internet, masih banyak pengguna Xiaomi mengalami masalah overheating dengan ponsel mereka. Overheat ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor.

Penyebabnya mulai dari baterai, RAM, hingga prosesor. Namun, Xiaomi terus berinovasi untuk mengatasi kekurangan ini.

Build Quality Kurang Solid

Kelemahan Xiaomi selanjutnya adalah memiliki build quality yang kurang. Terdapat beberapa build quality yang kurang solid, namun belakangan ini pihak Xiaomi melakukan perbaikan pada build quality-nya.

Tidak Memberikan Headset

Kelemaha Xiaomi selanjutnya adalah tidak disertakannya headset saat membeli ponsel ini. Xiaomi percaya bahwa calon konsumen memiliki preferensinya tersendiri dalam penggunaan headset. Oleh karena itu, Xiaomi lebih memilih menyediakan headset tersebut dalam paket penjualan terpisah.

Kamu masih bisa mendapatkan headset ori Xiaomi dengan membelinya secara terpisah di gerai resmi Xiaomi.

4 dari 5 halaman

Kelebihan Xiaomi

Harga lebih murah

Xiaomi dikenal sebagai brand dengan harga yang mudah dijangkau. Dengan budget yang tak menguras kantong, kamu sudah bisa memiliki HP Xiaomi dengan spesifikasi mumpuni.

Penerapan harga murah ini merupakan hal yang wajar mengingat segmen pasar yang disasar Xiaomi adalah menengah ke bawah. Bisa dibilang harganya lebih murah dibanding HP dengan spesifikasi yang sama dari vendor lain. Ini merupakan kelebihan HP Xiaomi yang paling menonjol.

MIUI

Kelebihan HP Xiaomi lainnya dapat ditemukan pada perlengkapannya. Xiaomi memiliki MIUI. Merupakan firmware dari Xiaomi, atau yang bisa dibilang sebagai OS yang berbasis Android.

MIUI memiliki tampilan yang mirip dengan iOS pada produk Apple dan TouchWiz milik Samsung. MIUI juga memiliki berbagai aplikasi yang tidak tersedia pada sistem operasi Android bawaan. Ini membuat ponsel Xiaomi punya keistimewaan tersendiri.

5 dari 5 halaman

Kelebihan Xiaomi

Selalu inovatif

Xiaomi banyak melakukan gebrakan dalam perkembangan teknologinya. Hal itu membuat Xiaomi banyak dilirik dan diperbincangkan. Bahkan Xiaomi mampu mengungguli perusahaan besar seperti Dell, Honda, Intel dan Huawei.

Diakui sebagai perusahaan yang inovatif, dapat dikatakan produk dari Xiaomi khususnya HP memiliki value yang tinggi. Hal inilah yang membuat Xiaomi terkenal tidak hanya di Indonesia, melainkan juga dunia.

Desain elegan

Kelebihan HP Xiaomi selanjutnya terletak pada sektor desain. HP yang diproduksi oleh Xiaomi hadir dengan desain yang unik nan elegan. Xiaomi tidak meniru desain HP yang melebihi Xiaomi. Desain yang dirancang untuk HP Xiaomi ini ingin menunjukkan identitas agar dikenali dan menjadi kelebihan tersendiri dari HP Xiaomi lainnya.