Sukses

5 Cara Mengatasi Makanan Terselip di Gigi, Kenali Dampaknya

Liputan6.com, Jakarta Cara mengatasi makanan terselip di gigi tentunya sangat berguna untuk menghilangkan rasa tidak nyaman dalam mulut. Hal ini biasanya terjadi saat kamu mengonsumsi daging, sehingga tidak jarang seseorang menghindari makanan yang mudah terselip di gigi tersebut.

Sebenarnya, penyebab makanan terselip di gigi bisa beragam. Mulai dari bentuk anatomi gigi yang kurang baik, adanya tambalan gigi yang kurang baik, pemasangan gigi palsu yang kurang tepat, hingga adanya lubang pada gigi.

Cara mengatasi makanan terselip di gigi dilakukan dengan perawatan yang tepat. Walaupun terlhiat sepele, makanan yang terselip di gigi harus segera ditangani. Jika tidak, hal ini bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada area gigi dan mulut.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (3/8/2020) beberapa cara mengatasi makanan terselip di gigi.

2 dari 4 halaman

Dampak Buruk Makanan Sering Terselip di Gigi

Sebelum mengenali cara mengatasi makanan terselip di gigi, kamu mungkin perlu mengetahui dampak buruk makanan sering terselip di gigi. Hal ini bisa menimbulkan berbagai masalah untuk kesehatan gigi dan mulut.

Berikut beberapa dampak buruk makanan terlalu sering terselip di gigi:

- Gigi menjadi goyang.

- Bau mulut

- Radang gusi

- Gusi berdarah

- Abses pada gusi

- Pembentukan poket gusi

- Kerusakan tulang alveolar

- Lubang gigi yang terletak diantara 2 gigi

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Makanan Terselip di Gigi

Kumur Air Garam atau Larutan Kumur

Cara mengatasi makanan terselip di gigi yang pertama adalah dengan kumur aiar garam atau larutan kumur. Lakukanlah berkumur selama 30 detik dengan menggunakan campuran air garam atau larutan antiseptik tanpa alkohol, apalagi jika makanan yang tersangkut menyebabkan gusi berdarah.

Dengan melakukan tindakan berkumur, maka area yang terselip makanan akan menjadi bersih. Cara ini membantu agar makanan yang terselip jadi terlepas dari gigi. Namun, jika makanan tersangkut agak dalam, berkumur harus disertai dengan langkah lainnya.

Menggunakan Benang Gigi dengan Baik

Menggunakan benang gigi juga bisa dijadikan cara mengatasi makanan terselip di gigi selanjutnya. Serat-serat dari benang gigi bisa masuk dan membersihkan hingga celah antar gigi.

Jika dilakukan dengan teknik yang benar, penggunaan benang gigi yang disebut juga dengan flossing ini tidak hanya dapat membersihkan sisa makanan di gigi, tapi juga yang berada di area gusi. 

Namun, jika digunakan dengan cara yang salah, hal ini justru dapat mendorong sisa makanan semakin masuk ke celah yang lebih dalam dan semakin sulit untuk dikeluarkan. Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati menggunakannya.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Makanan Terselip di Gigi

Rajin Sikat Gigi

Salah stu cara mengatasi makanan terselip di gigi yang tak kalah baik tentunya adalah dengan menyikat gigi. Dengan rajin menyikat gigi, tentunya kesehatan gigi dan mulut kamu akan senantiasa terjaga.

Namun, walaupun sikat gigi yang berbulu lembut bisa membantu mengeluarkan sisa makanan yang terselip di gigi, bulu sikat terkadang tidak bisa menjangkau sampai ke sela-sela gigi. Jadi, jangan lupa setelah makanan terlepas, oleskan sikat gigi dengan pasta gigi, lalu sikat seluruh gigi untuk menghilangkan sisa makanan yang masih tertinggal.

Menggunakan water flosser

Menggunakan water flosser juga bisa diterapkan sebagai cara mengatasi makanan terselip di gigi. Alat ini dapat menyemprotkan air dengan tekanan yang kuat, sehingga mampu membersihkan sisa-sisa makanan yang tersangkut di gigi. 

Namun, tentunya kamu harus memhami cara penggunaannya terlebih dahulu, sehingga hasil yang didapatkan juga akan efektif. Alat ini bisa digunakan jika flossing dengan benang gigi tidak berhasil.

Gunakan interdental brush

Interdental brush ini merupakan sebuah alat berupa sikat berukuran sangat kecil yang mampu masuk ke sela-sela gigi tanpa melukai gusi. Untuk menggunakan alat ini, sebaiknya oleskan pasta gigi sedikit pada interdental brush, lalu masukkan ke sela-sela gigi dan gosok dengan gerakan maju-mundur.

Cara mengatasi makanan terselip di gigi ini juga bisa kamu terapkan. Mengoleskan tambahan pasta gigi pada sikat tersebut tidak hanya berfungsi untuk membersihkan sela antar gigi saja, tapi juga membuat permukaan di sela-sela gigi menjadi lebih sehat dan tahan terhadap karies.

Itulah beberapa cara mengatasi makanan terselip di gigi yang bisa kamu terapkan. Jangan lupa untuk memahami penggunaan alat-alat tersebut agar gigi dan mulut senantiasa terjaga kesehatannya.