Sukses

9 Khasiat Tanaman Binahong bagi Tubuh, Mampu Tangkal Radikal Bebas

Liputan6.com, Jakarta Khasiat tanaman binahong bagi tubuh ternyata sangat banyak. Sayangnya, tidak banyak orang yang mengetahui mengenai khasiat tanaman binahong bagi tubuh tersebut. Padahal, jenis tanaman binahong merupakan salah satu tanaman merambat yang sangat mudah ditemukan, bahkan di sekitar pekarangan rumah bisa dengan mudah ditemui.

Jenis tanaman yang memiliki nama latin Bassela Rubra Linn ini menjadi andalan bagi masyarakat Tiongkok dan Korea sebagai bahan untuk obat, karena memang dipercaya terdapat berbagai khasiat tanaman binahong bagi tubuh di dalamnya.

Salah satu khasiat tanaman binahong bagi tubuh yang paling terkenal yaitu sebagai obat untuk luka luar. Namun, semakin berkembangnya pengetahuan, khasiat tanaman binahong bagi tubuh ini mulai meluas dan dipercaya sebagai senjata untuk melawan penyakit ganas seperti Kanker.

Untuk menjawab rasa penasaran Anda terhadap khasiat tanaman binahong bagi tubuh tersebut. maka di bawah ini Liputan6.com telah melansir dari situs resmi yankes.kemkes.go.id mengenai berbagai khasiat tanaman binahong bagi tubuh yang tentunya sayang untuk dilewatkan, Senin (3/8/2020).

2 dari 4 halaman

Khasiat tanaman binahong bagi tubuh yang sangat populer

1. Pengobatan luka luar

Khasiat tanaman binahong bagi tubuh yang pertama yaitu mampu untuk menyembuhkan luka luar seperti luka berdarah, bengkak, memar hingga rematik, serta pegal linu. Untuk memaksimalkan khasiat tanaman binahong bagi tubuh ini cukup mudah, yaitu Anda hanya perlu menumbuk daun binahong hingga halus. Lalu, Anda bisa mengoleskan daun binahong yang sudah halus tersebut pada bagian yang sakit atau yang terluka.

2. Mengobati jerawat

Khasiat tanaman binahong bagi tubuh yang lainnya bisa untuk menghilangkan jerawat. Cara aplikasinya juga sangat mudah, Anda cukup menumbuk 4-5 daun Binahong hingga halus. Selanjutnya, oleskan daun binahong yang sudah halus tersebut ke area wajah yang berjewrawat.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa melakukan cara ini dengan teratur. Supaya hasilnya lebih maksimal, maka ada baiknya dilakukan pada malam hari. Selain dengan cara ditumbuk, Anda bisa memanfaatkan air rebusan daun binahong sebagai air cuci wajah.

3. Obat sariawan

Selain umum digunakan sebagai tanaman hias, tanaman binahong juga berguna dalam menyembuhkan sariawan, baik yang masih ringan maupun yang sudah mulai pada tahap kronis. Caranya mudah, Anda cukup merebus beberapa helai daun binahong, lalu saring dan minum air rebusan tersebut.

3 dari 4 halaman

Khasiat tanaman binahong bagi tubuh selanjutnya

4. Menjaga sistem pencernaan

Biasanya, tanaman binahong digunakan untuk mengatasi penyakit diare. Namun, selain mengatasi penyakit diare, mengonsumsi air rebusan daun binahong dapat mengatasi penyakit wasir.

Khasiat tanaman binahong bagi tubuh tersebut tidak lepas dari kandungan berbagai senyawa yang mampu mengontrol sistem pencernaan tetap stabil. Daun binahong juga mampu membuat otot dalam anus yang semula membengkak pulih kembali seperti semula sedikit demi sedikit.

5. Menangkal radikal bebas

Daun binahong memiliki berbagai kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Itulah mengapa daun binahong memiliki peran besar bagi menjaga sistem kekebalan tubuh, salah satunya menangkal tubuh dari radikal bebas, dimana menjadi risiko yang dapat membuat kulit menjadi lebih cepat menua.

Selain itu, daun binahong juga dapat mencegah terjadinya penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri jahat. Untuk memanfaatkannya, Anda bisa meminum air rebusan daun binahong secara rutin sesaat sehabis bangun tidur.

6. Mencegah kerusakan paru-paru

Paru-paru merupakan salah satu organ vital manusia yang rentan terhadap terhadap berbagai zat polutan yang dapat merusak fungsi dari paru-paru. Untuk mengatasi hal tersebut, maka Anda bisa mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin setiap hari, agar risiko paru-paru terkena penyakit dapat menurun.

4 dari 4 halaman

Khasiat tanaman binahong bagi tubuh yang penting diketahui

7. Mencegah kanker

Daun binahong dipercaya sebagai bahan untuk melawan salah satu penyakit ganas, yaitu kanker. Cara memanfaatkan daun dari tanaman binahong tersebut cukup dengan merebus sekitar 30 gram daun Binahong dalam 1 liter air selama kurang lebih 15 menit. Lalu, minum air rebusan tersebut sebanyak 3 kali sehari, lakukan cara ini secara rutin dan teratur.

8. Melancarkan siklus haid

Daun binahong juga memiliki kemampuan dalam melancarkan siklus haid dan mengurangi rasa nyeri yang cukup parah selama masa haid tersebut. Itulah mengapa, mengonsumsi air rebusan daun binahong sangat dianjurkan bagi para wanita.

9. Menambah stamina dan vitalitas pria

Daun binahong memiliki kandungan yang dapat mengembalikan stamina dan tenaga di tubuh. Kandungan tersebut yang sangat baik jika dikonsumsi oleh para kaum Adam. Caranya mudah, Anda hanya perlu merebus satu lembar daun binahong dengan dua gelas air hingga mendidih. Lalu, saring daunnya dan minum air rebusan daun binahong.

Manfaat tanaman binahong bagi tubuh ini juga sangat bermanfat bagi para pria yang mengalami lemah syahwat, dengan menambahkan jumlah daun yang direbus. Agar hasilnya lebih maksimal, maka Anda bisa mengonsumsinya dengan rutin setiap hari.