Sukses

8 Bahaya Tidur dengan Rambut Basah bagi Kesehatan, Jangan Anggap Sepele

Liputan6.com, Jakarta Bahaya tidur dengan rambut basah tidak boleh disepelekan. Tidak hanya berdampak buruk untuk kesehatan rambut, hal ini juga menyebabkan masalah kesehatan dan kecantikan kulit. Padahal, keramas sebelum tidur dapat membuat tubuh lebih rileks dan mengantuk. 

Namun, kamu harus menghindari kebiasaan tidur dengan rambut basah ini, karena berdampak buruk untuk tubuh. Oleh karena itu, keringkan rambut terlebih dahulu sebelum tidur agar terhindar dari berbagai masalah tersebut.

Bahaya tidur dengan rambut basah berdampak buruk terhadap rambut, kulit, hingga kesehatan tubuh. Sebaiknya, kamu mandi atau keramas tidak terlalu larut malam, sehingga bisa mengeringkan rambut terlebih dahulu. Dengan begitu, kesehatan akan senantiasa terjaga.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (3/8/2020) tentang bahaya tidur dengan rambut basah.

2 dari 5 halaman

Infeksi Kulit Kepala dan Rambut Rusak

Infeksi Kulit Kepala

Salah satu bahaya tidur dengan rambut basah adalah mengalami infeksi kulit kepala. Hal ini terjadi karena kepala yang basah menjadi lingkungan yang ideal bagi mikroorganisme untuk bereproduksi. 

Hal ini ditambah lagi dengan tempat tidur yang hangat, sehingga membuat iklim yang sempurna untuk perkembangan jamur dan bakteri penyebab infeksi. Akibatnya, iritasi dan infeksi jamur bisa muncul di kulit kepala dan sekitarnya.

Rambut Rusak 

Bahaya tidur dengan rambut basah selanjutnya tentu sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, yaitu rambut menjadi rusak. Hal ini karena rambut berada pada titik paling rapuh saat basah, sehingga lebih lentur dan mudah patah. Gerakan maupun gesekan antara rambut yang basah dan kasur dapat meningkatkan risiko rambut rusak dan mudah patah. 

Selain itu, bahaya tidur dengan rambut basah juga menimbulkan rambut yang lebih berminyak. Hal ini karena adanya tingkat pH tidak seimbang pada kulit kepala. 

3 dari 5 halaman

Sakit Kepala dan Alergi

Sakit Kepala 

Bahaya tidur dengan rambut basah selanjutnya adalah menimbulkan sakit kepala. Bakteri yang tumbuh di kepala dan menyebabkan infeksi, secara alami akan meningkatkan peredaran darah ke kulit. Akibatnya, aliran darah yang meningkat bisa menyebabkan sakit kepala.

Tidak hanya itu, kelembapan yang disebabkan oleh rambut basah memicu perubahan suhu tubuh secara mendadak dan mencetuskan sakit kepala. 

Dalam hal ini, kamu juga tidak boleh membungkus rambut dengan handuk. Hal ini hanya akan membuat terganggunya sirkulasi darah pada kulit kepala. Hal ini juga dapat menimbulkan rasa sakit dan ketegangan, sehingga mengganggu kualitas tidur kamu. Bahkan, kelembapan yang terjadi selama beberapa jam dapat menyebabkan mekanisme pertahanan tubuh melemah sehingga beberapa virus dan bakteri lebih mudah menyerang. 

Alergi dan Pilek

Alergi dan pilek juga bisa menjadi salah satu bahaya tidur dengan rambut basah. Perubahan suhu tubuh yang terjadi saat tidur dengan rambut basah bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh dan memicu kondisi seperti alergi dan pilek.

Kelembapan yang dipertahankan selama beberapa jam dapat menyebabkan mekanisme pertahanan tubuh melemah, sehingga beberapa virus dan bakteri menyerang.

4 dari 5 halaman

Kulit Kepala Berketombe dan Kulit Berjerawat

Kulit Kepala Berketombe

Bahaya tidur dengan rambut basah selanjutnya adalah menimbulkan ketombe pada kulit kepala. Rambut yang dibiarkan mengering di tengah tidur dapat menjadi penyebab kulit kepala berketombe. Rambut yang basah dapat meningkatkan rasa gatal pada kepala dan menjadikannya tidak sehat.

Kulit Berjerawat

Salah satu bahaya tidur dengan rambut basah adalah menyebabkan bantal yang kamu gunakan menjadi lembap. Kondisi lembap ini dapat memicu tumbuhnya bakteri dan memicu jerawat pada wajah. Hal ini karena wajah bersentuhan langsung dengan permukaan bantal yang lembap.

5 dari 5 halaman

Rambut Kusut di Pagi Hari dan Rambut Kering

Rambut Kusut di Pagi Hari

Rambut juga bisa kusut di pagi hari sebagai bahaya tidur dengan rambut basah. Ketika tidur dengan rambut yang basah setelah keramas, rambut mengering sendiri saat tidur. Hal ini menyebabkan kamu akan terbangun dengan rambut yang kusut. Kamu pun akan mengalami bad hair day.

Rambut Kering

Bahaya tidur dengan rambut basah selanjutnya adalah menyebabkan rambut menjadi kering. Ketika tidur saat rambut masih basah, air akan terserap oleh bantal yang kamu gunakan. Hal ini menyebabkan kandungan minyak alami pada rambut juga ikut terserap. Oleh karena itu, rambut akan mengalami dehidrasi, menjadi kering, dan mudah patah.