Sukses

5 Penyebab Boros Kuota Internet, Ketahui Triknya Agar Hemat

Liputan6.com, Jakarta Penyebab boros kuota internet ada baiknya kamu pahami. Sebab, jika penyebab boros kuota internet tersebut tidak segera diatasi, bisa membuat pengeluran untuk membeli kuota internet menjadi terlalu berlebihan.

Belum lagi di masa sekarang kebutuhan akan kuota internet menjadi sangat penting. Hampir semua kegiatan bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan internet. Sebut saja menonton film, mendengarkan musik, hingga mengerjakan berbagai tugas.

Sebenarnya, penyebab boros kuota internet ini bisa dikarenakan kebiasaan-kebiasaan yang memang secara tidak sadar menyebabkan konsumsi kuota berlebihan. Jika sudah begini, maka bukan tidak mungkin dalam sekejap kuota internetmu bisa habis.

Nah, kamu tidak perlu bingung mengenai apa saja penyebab boros kuota internet tersebut. Di bawah ini Liputan6.com sudah merangkum penyebab boros kuota internet yang bisa kamu hindari, Selasa (4/8/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Sinkronisasi Otomatis

Penyebab boros kuota internet yang pertama sering dialami para pengguna smartphone keluaran terbaru. Sebab, pada smartphone keluaran terbaru terdapat fitur sinkronisasi otomatis yang biasanya sudah diaktifkan secara default.

Fitur ini berguna untuk membuat berbagai data yang ada di server tetap sinkron dengan data yang ada di smartphone milikmu. Memang seberapa penting ftur ini? Tentu saja sangat penting, sebab fitur ini untuk menjaga data-data yang kamu miliki tetap aman apabila ada hal buruk terjadi, seperti ponsel hilang.

Tapi, biasanya jenis data yang disinkronisasi berupa foto atau video, dan tentunya membutuhkan kuota internet yang tidak sedikit. Sebab, data foto atau video yang disinkronkan merupakan keseluruhan data yang ada di dalam smartphone, baik itu penting atau tidak.

Agar penyebab boros kuota internet ini dapat dihindari, maka kamu hanya perlu mematikan fitur sinkronisasi otomatis di menu pengaturan dari smartphonemu. Jika fitur ini sudah mati, maka kamu bisa memilih sendiri data mana yang menurutmu penting untuk dicadangkan di server.

3 dari 6 halaman

2. Update Otomatis

Salah satu penyebab boros kuota internet selanjutnya adalah menyalakan fitur update otomatis di Play Store atau App Store. Aplikasi tersebut memiliki fitur update secara berkala pada berbagai jenis aplikasi yang terdapat pada smartphone milikmu. Kamu bisa bayangkan ketika memiliki aplikasi lebih dari lima dan diupdate secara bersamaan, tentu saja kuota internetmu akan habis dalam waktu singkat. Oleh karena itu, kamu harus mengatur update otomatis pada Play Store atau App Store milikmu.

4 dari 6 halaman

3. Tidak Mengecek Penggunaan Kuota

Ketika data internet pada smartphone dinyalakan, maka secara otomatis jaringan internet juga terbuka. Atau, dengan kata lain, meski kamu sedang tidak menggunakan smartphone namun data dinyalakan, tetap saja kuota internetmu akan terus terpakai. Itulah mengapa, kamu harus jeli untuk mengecek kuota setiap harinya. Cara mengceknya juga berbeda-beda, sebab setiap merek smartpone memiliki fiturnya sendiri untuk mengecek penggunaan internet.

Apabila diperlukan, kamu bisa memasang aplikasi yang biasanya digunakan untuk mengecek kuota di internet pada smartphone. Aplikasi tersebut akan sangat berguna untuk mengawasi penggunaan internet pada smartphonemu.

5 dari 6 halaman

4. Bermain Game Online

Saat ini, grafis gambar dari game yang ada di smartphone sudah sangat baik. Hal tersebut ditunjang oleh para pengembang yang memang melakukan proses developing dengan baik. Namun, seiring berjalannya waktu, untuk bermain game dengan kualitas yang bagus tersebut juga membutuhkan kuota internet yang lumayan besar agar saat bermain game tidak mengalami hambatan seperti ‘ngelag’.

Mungkin kamu bisa menghindari banyaknya kuota internet yang digunakan dengan memainkan game dengan grafis yang tidak terlalu besar. Namun hal ini akan membuat pengalaman bermain game menjadi kurang menyenangkan. Solusinya, jika kamu ingin bermain game dengan grafis yang cukup besar dan membutuhkan jaringan internet, maka kamu bisa menyambungkannya dengan wifi yang saat ini banyak tersedia di sekitar tempat tinggalmu.

6 dari 6 halaman

5. Streaming dan Penggunaan Media Sosial

Penyebab boros kuota internet yang terakhir yaitu kebiasaan untuk streaming baik video atau musik. Mungkin saat ini kebiasaan tersebut sudah menjadi hal yang lumrah. Sebab kebutuhan akan hiburan memang diperlukan oleh semua orang. Padahal, kegiatan streaming baik musik atau video tersebut membutuhkan jumlah kuota internet yang bisa dikatakan sangat besar.

Jadi tidak heran, ketika kamu sering menggunakan berbagai aplikasi streaming seperti Spotify, Joox, atau YouTube, akan dengan cepat menghabiskan kuota internetmu. Meskipun, beberapa aplikasi streaming video seperti YouTube sudah menawarkan fitur hemat kuota ketika streaming video di platform mereka.

Tidak hanya kebiasaan streaming musik atau video, bahkan kuota internet yang boros bisa karena penggunaan media sosial yang terlalu sering. Salah satu aplikasi media sosial yang cukup memakan kuota dalam jumlah besar yaitu Instagram. Jika kamu sering melihat-lihat insta story, video, atau foto, semua hal tersebut dengan mudah menguras kuota internetmu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini