Sukses

Kelebihan dan Kekurangan Windows 10, Jadikan Bahan Pertimbangan

Seperti peribahasa 'tak ada gading yang tak retak', inilah kelebihan dan kekurangan Windows 10 yang patut dipertimbangkan.

Liputan6.com, Jakarta Kelebihan dan kekurangan Windows 10 tidak dapat dipungkiri memang masih menjadi hal yang dipertanyakan oleh banyak pengguna PC. Memang, kelebihan dan kekurangan Windows 10 ini bisa menjadi pertimbangan yang cukup dasar sebelum memilih mana sistem operasi yang mungkin akan digunakan kelak.

Produk ciptaan Microsoft ini diperkenalkan pada tahun 2015 lalu. Kesuksesan Microsoft dalam mengembangkan produk ini membawa banyak peminat yang sudah tidak terhitung jumlahnya saat ini. Namun, tak ada gading yang tak retak, selalu terdapat kelebihan dan kekurangan Windows 10 yang masih menjadi isu di banyak penggunanya.

Tapi, rasanya saat ini Anda tidak perlu khawatir, jika dilihat dari segi kelebihan dan kekurangan Windows 10, pihak Microsoft sebagai pengembang sudah berusaha menambal berbagai kekurangan tersebut dengan sempurna. Hal ini bisa dilihat pada perbandingan jumlah antara kelebihan dan kekurangan Windows 10 di artikel ini.

Mungkin Anda cukup penasaran seperti apa kelebihan dan kekurangan Windows 10 tersebut. Tenang saja, di bawah ini Liputan6.com sudah merangkum berbagai macam kelebihan dan kekurangan Windows 10 yang akan Anda dapatkan jika menggunakan sistem operasi keluaran Microsoft ini, Selasa (4/8/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kelebihan Windows 10

1. Kompatibilitas

Salah satu kelebihan Windows 10 yaitu dari segi kompatibilitas. Sistem operasi keluaran Microsoft ini tidak hanya bisa dijalankan di PC, akan tetapi juga bisa dijalankan di smartphone atau tablet. Dengan begitu Windows 10 diharapkan bisa membuat para penggunanya semakin nyaman.

2. Kembalinya Tombol Start Menu

Lalu, kelebihan Windows 10 selanjutnya ada pada kehadiran tombol start menu yang sempat hilang dan tidak bisa dijumpai pada Windows 8. Wajar saja Microsoft menghadirkannya kembali, sebab tidak adanya tombol start menu sangat membingungkan banyak pengguna, terutama mantan pengguna Windows 7.

3. Fitur Multitasking

Kelebihan Windows 10 selanjutnya ada pada fitur antarmuka (user interface) generasi baru. Pada generasi baru para pengguna bisa menampilkan lebih dari satu jendela aplikasi dalam waktu yang bersamaan serta bisa dengan mudah berpindah ke apikasi lain yang ditampilkan.

4. Fitur Cortana

Cortana sendiri memiliki fungsi sebagai asisten pribadi digital berbasis Artificial Intelligence yang akan merekam serta mempelajari seluruh aktivitas penelusuran dan kebiasaan dari para pengguna Windows 10. Adanya Cortana pada Windows 10 mempermudah Anda ketika akan melakukan penelusuran melalui Windows 10. Sebab, Cortana akan memberikan informasi yang sangat relevan dengan apa yang ingin ditemukan. Cortana sendiri juga bisa memberikan detail lokasi serta waktu operasional dari sebuah restoran yang mungkin menjadi tujuan Anda, hingga keadaan cuaca.

5. Microsoft Store Baru

Fitur ini adalah salah satu tempat untuk mengunduh berbagai aplikasi, baik aplikasi yang gratis bahkan berbayar. Sebenarnya fitu rini hampir sama dengan ftur Play Store Android atau App Store Ios. Ada berbagai jenis konten digital seperti game, buku, aplikasi populer, dan lain sebagainya.

6. Browser Baru

Pada Windows 10, tidak lagi menggunakan Internet Explorer, dan mulai digantikan dengan Microsoft Edge yang menjadi browser standar Windows 10. Microsoft Edge sendiri hadir dengan tampilan flat design yang simple serta mampu untuk memuat sebuah halaman website lebih cepat jika dibandingkan browser lainnya. Bahkan, untuk saat ini Microsoft Edge digadang-gadang sebagai saingan berat dari Google Chrome jika dilihat dari segi performa dan kecepatan.

7. Upgrade Gratis

Jangan senang dahulu, fitur ini hanya bisa dinikmati para pengguna Windows 10 yang memiliki lisensi resmi, alias bukan bajakan. Cara upgradenya sangat mudah, Anda hanya perlu masuk ke halaman bernama Windows 10 Free Upgrade, lalu klik upgrade dan ikuti langkah berikutnya sesuai panduan.

8. Keamanan Meningkat

Windows 10 jika dibandingkan dengan versi sebelumnya memang terbukti lebih baik dari segi sistem keamanannya. Tingkat keamanan dari Windows 10 semakin diperkuat dengan adanya Windows Defender. Bahkan cukup dengan menggunakan Windows Defender saja Anda sudah tidak perlu lagi khawatir akan adanya virus atau malware yang mengganggu.

9. Fitur Game Mode

Hal ini tidak lepas dari fitur Game Mode yang disematkan pada Windows 10. Apabila ftur ini diaktifkan, maka akan membuat kinerja game menjadi lebih baik. Selain itu, pada Windows 10 juga sudah dilengkapi DirectX 12, dimana hal ini akan membuat grafis dari game yang sedang dimainkan tampak lebih tajam dan halus.

10. Fitur Continuum

Dan kelebihan Windows 10 yang terakhir ditutup dengan adanya fitur Continuum. Sayangnya, fitur ini bisa dinikmati oleh para pengguna Windows Phone. Dengan Continuum, Anda bisa dengan mudah menghubungkan Windows Phone pada laptop atau pc anda secara seamless.

3 dari 3 halaman

Kekurangan Windows 10

1. Sulit Dioperasikan

Salah satu kekurangan windows 10 yaitu pengoperasiannya yang cukup sulit. Sebab, Windows 10 kurang ramah bagi pengguna yang masih anak-anak atau orang dewasa yang baru belajar mengoperasikan komputer. Atau dengan kata lain, Windows 10 kurang cocok digunakan bagi orang awam.

2. Pembaruan yang Belum Selesai

Lalu, kekurangan windows 10 yang selanjutnya adalah pembaruan atau update sistem yang belum selesai. Jika PC Anda yang menggunakan Windows 10 tidak selalu terhubung dengan internet, maka kondisi ini akan cukup menyulitkan. Ssebab, banyak pembaruan dalam Windows 10 yang belum diselesaikan oleh Microsoft.

Hal ini jauh berbeda dengan sistem operasi Windows generasi sebelumnya yang tercatat memiliki jadwal pembaruan beberapa tahun sekali, update Windows 10 ini dianggap tidak terjadwal. Pengguna yang tidak terhubung internet akan dibuat kewalahan ketika menggunakan Windows 10. Maka dari itu, sistem operasi ini kurang cocok bagi anda yang tidak terhubung dengan koneksi internet setiap saat.

3. Aplikasi Masih Sedikit

Aplikasi yang terdapat dalam store terhitung tidak banyak. Kebanyakan aplikasi yang ada di Windows store merupakan aplikasi UWP. Aplikasi UWP memungkinkan penggunanya untuk melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan serta memungkinkan semua program dapat dijalankan di semua tampilan layar.

4. Terdapat Banyak Perubahan

Perubahan yang terjadi pada Windows 10 ini dikarenakan adanya fitur Windows Update. Seluruh fitur dan aplikasi yang terdapat pada Windows 10 akan sering diperbaharui secara otomatis.

5. Boros Kuota

Selain itu, karena pembaruan yang tidak sempurna, Windows 10 memiliki masalah lain, dimana pengguna bisa dengan cepat kehabisan kuota internet untuk melakukan pembaruan dalam jangka waktu tertentu dalam jumlah yang besar. Hal ini karena Windows 10 terus mencoba mencari celah keamanan yang perlu diatasi, seperti bug dan performa yang masih belum stabil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.