Sukses

Insecure adalah Rasa Tidak Percaya Diri dalam Segala Kondisi, Pahami Cara Mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta Insecure adalah istilah dalam dunia kesehatan mental yang menjadi perhatian banyak kalangan. Kata insecure jadi sering diucapkan oleh orang yang sedang merasakan kecemasan terhadap suatu hal. Tidak hanya itu, insecure juga kerap diucapkan ketika seseorang tidak nyaman dengan dirinya sendiri atau suatu situasi.

Dapat dikatakan jika semua orang pasti penah merasa insecure. Bahkan disebutkan jika insecure merupakan perasaan yang normal terjadi pada setiap orang. Namun, selama perasaan insecure tersebut dalam kadar normal atau tidak berlebihan, maka tidak perlu dikhawatirkan.

Sayangnya, jika perasaan insecure hingga berlarut-larut dan mengganggu aktivitas sehari-hari, bahkan hingga kondisi mengganggu kondisi kesehatan, maka hal ini tidak bisa diabaikan begitu saja. Ada baiknya untuk meminta bantuan psikolog yang bisa memberi kepastian, apakah orang tersebut berada dalam kesehatan mental yang baik atau sedang terganggu.

Sebagai tambahan informasi mengenai insecure, maka di bawah ini Liputan6.com telah dirangkum dari berbagai sumber mengenai insecure tersebut. Sebab, sangat penting untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan insecure dan hal apa saja yang menjadi penyebab perasaan tersebut datang, Selasa (4/8/2020).

2 dari 4 halaman

Pengertian Insecure

Di dalam ilmu psikologi, insecure adalah emosi yang terjadi jika seseorang menilai dirinya inferior dibandingkan orang lain. Apabila kamu mengalami insecure, maka biasanya akan merasa tidak aman, malu, selalu merasa bersalah, merasa rendah, dan merasa kekurangan. Umumnya, semakin kamu merasa tidak percaya diri, maka akan semakin besar rasa insecure yang ada di dalam pikiranmu.

Hasilnya, kamu akan takut bersosialisasi dengan orang lain. Beberapa faktor yang menyebabkan pribadi menjadi insecure adalah warna kulit, berat badan, dan kekurangan fisik lainnya. Inilah yang akhirnya membuat seseorang merasa canggung, malu, takut, dan merasa rendah dibandingkan orang lain di sekitarnya.

3 dari 4 halaman

Tanda-tanda Insecure

1. Memandang Rendah Diri Sendiri

Salah satu tanda insecure adalah merasa tidak percaya diri hingga akhirnya memandang rendah dirinya sendiri. Sebenarnya, hal tersebut bisa terjadi karena adanya pengalaman buruk di masa lalu atau lingkungan yang sedang dihadapi saat ini.

2. Menghindari Interaksi Sosial

Tanda selanjutnya dari orang yang terkena insecure adalah mulai menghindari interaksi dengan orang lain. Ketika sedang insecure, biasanya seseorang akan merasa lebih down ketika mendengar orang lain bercerita tentng pencapaiannya. Apalagi jika dirinya sedang belum memiliki prestasi apapun.

3. Sering Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Membandingkan diri dengan orang lain mungkin bisa menjadi pemacu agar lebih baik lagi, namun beda halnya bagi mereka yang merasa insecure. Sebab, kebiasaan ini justru memberi dampak buruk dan justru menurunkan kepercayaan dirinya.

4. Ingin Diakui Orang Lain

Dan salah satu tanda insecure adalah ketika seseorang membutuhkan pengakuan atau pujian atas apa yang telah dilakukannya. Hal ini sebenarnya sangat terlihat di sekitarmu. Contohnya ketika seseorang memperhatikan jumlah likes dari foto yang diunggah di media sosial, namun hampir tiap menit mengecek jumlah likes pada media sosial tersebut. Hal tersebut bisa dikatakan merupakan kecenderungan insecure.

5. Tidak Ingin Keluar dari Zona Nyaman

Ternyata, tidak ingin keluar dari zona nyaman dan menjadi salah satu tanda dari insecure. Hal tersebut biasanya dipengaruhi pengalaman yang pernah terjadi di masa lalu, seperti ketika ditolak, dikhianati ataupun pengalaman buruk lainnya yang mendatangkan ketakutan bagi orang tersebut.

 

4 dari 4 halaman

Cara Menghindari Perasaan Insecure

Agar rasa insecure tersebut tidak mengganggu dirimu dalam menjalani kegiatan sehari-hari, maka simak cara untuk menghindai rasa insecure berikut ini:

1. Pahami Apa yang Dirasakan

Dilansir dari Everday Health, cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi insecure adalah menanyakan pada diri sendiri mengapa tidak merasa nyaman. Hal ini karena insecure bisa saja berasal dari berbagai penyebab.

2. Ubah Perspektif

Coba untuk pikirkan diri sendiri. Berhenti memandang diri sendiri terlalu kritis. Sebab, rasa insecure sendiri bisa muncul karena cara pandang yang terlalu berlebihan terhadap diri sendiri.

3. Lakukan Hal Terbaik yang Diketahui

Temukan sesuatu yang bisa dilakukan dengan baik, seperti hobi yang disukai dan bisa membangun rasa percaya diri. Atau bisa dengan melanjutkan pendidikan hingga mencapai prestasi yang membanggakan.

4. Beri Hadiah untuk Diri Sendiri

Sekecil apa pun pencapaiannya, beri hadiah untuk diri Anda sendiri. Hadiah tersebut merupakan sebuah penghargaan untuk diri sendiri sehingga bisa membantu dalam menghilangkan pandangan negatif di masa yang akan datang.

5. Jangan Bandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Membandingkan diri sendiri dengan orang lain akan sangat melelahka. Maka lakukan saja apa yang terbaik agar dapat meningkatkan kepercayaan diri.

6. Minta Bantuan Orang Lain

Coba untuk meminta bantuan dari orang terdekat, seperti orangtua, teman, atau pasangan untuk mendukung serta membimbing dalam segala hal. Sebab, dengan meminta bantuan pada orang terdekat dapat mengurangi rasa insecure yang menjangkit.