Sukses

12 Cara Mengobati Bibir Kering yang Mengelupas dengan Bahan Alami, Aman

Liputan6.com, Jakarta Bibir yang mengelupas umumnya disebabkan oleh bibir kering. Jika terus dibiarkan maka bibir yang mengelupas ini bisa sampai sobek dan berdarah. Nah, cara mengobati bibir yang mengelupas ini bisa dijadikan solusinya.

Cara mengobati bibir yang mengelupas akan membantu mengembalikan kelembapan bibir secara alami. Hingga masalah kering dan mengelupas bisa segera dihindari. Entah itu karena cuaca, penyakit, ataupun kekurangan vitamin.

Jika sedang mengalami bibir kering hingga mengelupas, jangan menjilatnya. Justru cara ini hanya akan membuat bibir semakin kering dan iritasi. Lebih baik terapkan cara mengobati bibir yang mengelupas ini.

Berikut Liputan6.com ulas cara mengobati bibir yang mengelupas dari berbagai sumber, Selasa (4/8/2020).

2 dari 7 halaman

Lidah Buaya, Madu, dan Minyak Kelapa

Lidah Buaya

Lidah buaya bisa diterapkan sebagai cara mengobati bibir yang mengelupas. Hal ini disebabkan karena lidah buaya memiliki sifat melembapkan. Termasuk tinggi antioksidan yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi bibir kering.

Ada pula sifat antiinflamasi pada lidah buaya yang bisa mendinginkan kulit rusak karena pecah-pecah dan perih. Jadi, coba terapkan lidah buaya pada bibir secara perlahan untuk bisa mengobati bibir mengelupas.

Madu

Madu dikenal memiliki sifat alami menyembuhkan dan melembapkan. Tak heran jika madu juga bisa diterapkan sebagai cara mengobati bibir yang mengelupas. Bahkan rasa manis yang dimilikinya juga akan terasa menenangkan. Termasuk tak hanya melembutkan kulit kering, tetapi juga mencegah infeksi bibir pecah-pecah dan mengelupas.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa dikenal memiliki antioksidan cukup tinggi. Khasiat ini dipercaya bisa dijadikan cara mengobati bibir yang mengelupas. Termasuk jika sudah terjadi luka, minyak kelapa bisa menutup luka di bibir secara alami.

3 dari 7 halaman

Eksfoliasi, Lipstik Basah, dan Jangan Menjilat

Eksfoliasi

Eksofilitas ternyata bisa diandalkan sebagai cara mengobati bibir yang mengelupas. Bisa dengan menggunakan scrub bibir ataupun sikat gigi. Namun, jangan terlalu keras menerapkannya karena bisa melukai bibir secara tak sengaja. Cara ini dipercaya dapat melepaskan sel-sel mati pada area bibir. Lakukan secara rutin agar bisa terhindar dari bibir yang mengulupas berulang.

Lipstik Basah

Lipstik basah juga bisa digunakan sebagai cara mengobati bibir yang mengelupas. Kandungan alkohol dalam lipstik, seperti pada lipstik jenis matte atau lipstik yang tahan lama, biasanya cenderung untuk mengurangi kelembapan bibir karena alkohol cepat menguap.

Beberapa lipstik juga sudah mengandung bahan tambahan yang sama seperti bahan yang terkandung dalam lip balm yang berfungsi untuk melembapkan bibir. Sebaiknya pilih lipstik jenis ini untuk tetap menjaga kelembapan bibirmu.

Jangan Menjilat

Tidak menjilat bibir termasuk cara mengobati bibir yang mengelupas. Sebab ketika menjilatnya, justru bibir akan semakin teriritasi karena semakin kering. Kamu sudah tahu kan, kalau ternyata menjilat bibir justru akan membuat bibir kering bukan malah melembapkannya. Karena itu, kurangi kebiasaan menjilat bibir mulai sekarang.

4 dari 7 halaman

Air Putih, Mentimun, dan Teh Hijau

Air Putih

Air putih sebaiknya lebih banyak dikonsumsi ketika bibir sedang mengelupas. Cara mengobati bibir yang mengelupas ini terbilang ampuh karena dehidrasi bisa diatasi. Penuhi kebutuhan cairan tubuh sesegera mungkin. Tujuannya agar kelembapan bibir alami segera kembali dan masalah bibir kering hingga mengelupas bisa teratasi.

Mentimun

Mentimun memiliki sifat mendinginkan yang nyaman dijadikan masker kulit kering, bahkan bukan hanya bibir. Vitamin dan antioksidannya yang tinggi sangat baik mengembalikan kelembapan kulit bibir. Maka dari itu, mentimun merupakan salah satu bahan alami yang dapat diandalkan sebagai cara mengobati bibir yang mengelupas.

Teh Hijau

Teh hijau dikenal cukup tinggi antioksidan. Teh hijau ternyata juga bisa dijadikan masker alami sebagai cara mengobati bibir yang mengelupas. Kandungan polifenolnya mengurangi inflamasi dan membantu melembutkan kulit yang kering.

5 dari 7 halaman

Berhenti Merokok, Hindari Makanan Pedas, dan Lip Balm

Berhenti Merokok

Asap tembakau dapat mengiritasi kulit sensitif di sekitar bibir sehingga menyebabkan kering hingga mengelupas. Selain itu, merokok dapat menyebabkan masalah lain di mulut, seperti sariawan dan sakit gusi. Jadi, mulai hindari kebiasaan merokok sebagai cara mengobati bibir yang mengelupas.

Hindari Makanan Pedas

Jika kamu menginginkan bibir agar tak mudah kering dan mengelupas, kurangi konsumsi makanan pedas dan asin. Kedua makanan tersebut sangat berperan kuat untuk membuat bibit cepat kering.

Di samping itu, makanan asing dan manis juga menyebabkan kita lebih mudah lapar. Sedangkan mengonsumsi banyak buah juga bisa jadi salah satu cara mengobati bibir yang mengelupas.

Lip Balm

Lip balm juga bisa diandalkan sebagai cara mengobati bibir yang mengelupas selain lipstik basah. Lip balm biasanya mengandung petroleum, beeswax, atau minyak lainnya yang akan menjadi penghalang untuk mencegah hilangnya kelembaban bibir.

Lip balm dapat melindungi bibirmu dari sinar matahari, angin, dan udara dingin atau kering dengan mengunci kelembapan bibir dan menjaganya dari infeksi. Kandungan emolien dalam lip balm juga berfungsi untuk melembutkan bibir.

6 dari 7 halaman

Bahaya Mengelupas Bibir Hingga Sobek

Bibir Iritasi dan Luka

Mengelupas bibir bisa menyebabkan luka dan iritasi. Kulit bibir juga tidak akan rata melainkan seperti berlubang. Warna bibir juga tidak merata karena adanya luka.

Produk Perona Bibir Tidak Menempel

Ketika ingin produk perona bibir menempel dengan baik, usahakan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan bibir. Bibir yang terluka, iritasi dan sering kali dikelupas akan membuat perona bibir tidak menempel. Lipstik pun akan sangat sulit menempel di bibir secara merata.

Bibir Terasa Perih

Karena adanya luka dan iritasi setelah dikelupas, bibir pun akan terasa perih. Dalam beberapa kasus, perih ini bisa terjadi selama berhari-hari. Perih ini juga bisa menyebabkan timbulnya sariawan.

Warna Bibir Lebih Gelap

Buat kamu yang suka mengelupas bibir, jangan heran jika warna bibir akan lebih gelap dari biasanya. Ini terjadi karena bibir yang terluka dan iritasi rentan menyebabkan warna bibir jadi lebih gelap dan tidak cantik lagi.

7 dari 7 halaman

Tips Mengobati Luka Sobek di Bibir karena Terkelupas

Bersihkan bibir

Anda dapat membilas bibir berdarah dengan air dingin. Periksa apakah ada bagian yang terpotong dan berapa dalam lukanya, ataukah Anda hanya mengalami memar. 

Biasanya, Anda tidak perlu mencuci area tersebut dengan sabun, terutama jika cedera terjadi di bibir bagian dalam.

Beri tekanan dengan kain bersih

Selanjutnya, ambil kain bersih. Berikan tekanan menggunakan kain bersih selama beberapa menit untuk menghentikan perdarahan. 

Bersihkan dengan sabun

Jika luka berada pada bibir maupun area di luar mulut, bersihkan menggunakan sabun dan air setelah perdarahan berhenti. 

Jangan gosok sayatan maupun luka. Bersihkan luka dari kotoran yang mengenainya dan biarkan luka dialiri air mengalir selama beberapa menit. 

Jika luka berada di dalam mulut, jangan gunakan sabun. Kumur-kumur dan bersihkan hingga bersih menggunakan air dingin selama beberapa menit.

Pakai es batu

Menggunakan es batu membantu Anda untuk mengurangi peradangan dan meminimalkan ketidaknyamanan. 

Anda bisa menempelkan es batu selama sekitar 10 menit di tempat yang terluka. Anda bisa mengulanginya kembali setelah 1-2 jam.

Oleskan krim pelembap

Bibir yang kering dan pecah-pecah rentan robek dan memperlambat penyembuhan. Untuk mencegahnya, Anda bisa mengoleskan krim pelembap untuk menjaganya tetap lembap. Saat mengoleskannya, pastikan tangan Anda bersih ya.

Selain itu, perhatikan luka setiap harinya dan jaga agar tetap bersih dan kering. Jangan meniup area yang terluka karena dapat memicu pertumbuhan bakteri.