Sukses

8 Manfaat Daun Kersen untuk Kesehatan, Normalkan Tekanan Darah

Liputan6.com, Jakarta Daun kersen atau daun talok ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan. Manfaat daun kersen untuk kesehatan ini berasal dari kandungan yang dimilikinya. Kandungan fitokimia seperti flavonoid yang terdiri dari flavon, flavonon, flavan, dan biflavan.

Daun kersen juga kaya serat, karbohidrat, air, dan protein. Terdapat pula zat antioksidan seperti tannin, triterpene, dan polifenol yang semakin menunjang manfaat daun kersen untuk kesehatan. Bahkan, ada juga yang menyebutnya sebagai antiseptik, antiinflamasi, dan antitumor.

Alih-alih hanya mengonsumsi buahnya, kini cobalah mengonsumsi daunnya. Manfaat daun kersen untuk kesehatan ada banyak sekali. Mulai dari meredakan batuk, normalkan gula darah, normalkan tekanan darah, dan masih banyak lagi lainnya.

Berikut Liputan6.com ulas manfaat daun kersen untuk kesehatan dari berbagai sumber, Rabu (5/8/2020).

2 dari 7 halaman

Gula Darah dan Tekanan Darah

Mengontrol Gula Darah

Bagi yang sedang memiliki masalah pada gula darah, daun kersen bisa menjadi salah satu solusinya. Manfaat daun kersen untuk kesehatan bisa mengontrol gula darah menjadi normal. Hal ini disebabkan zat flavonoid dan saponin yang dimilikinya. Secara tidak langsung zat ini akan berperan menjadi insulin dan menormalkan gula darah.

Terdapat pula penelitian yang menunjukkan daun kersen bisa mengontrol gula darah. Percobaan dilakukan dengan mengonsumsi ekstrak daun kersen untuk menyembuhkan luka bernanah. Secara perlahan luka bernanah kering dan gula darah di dalam tubuh berangsur normal.

Tekanan Darah

Selain gula darah, tekanan darah juga bisa dinormalkan dengan mengonsumsi daun kersen. Manfaat daun kersen untuk kesehatan ini berasal dari saponin dan flavonoidnya. Hingga secata tidak langsung, mengonsumsi daun kersen juga bisa cegah stroke dan masalah jantung.

Coba konsumsi ekstraknya untuk bisa merasakan manfaat ini. Rebusan daun kersen dan konsumsilah secara rutin. Jangan pula berlebihan mengonsumsinya karena dikhawatirkan justru membahayakan kesehatan. Jika tekanan darah sudah sangat parah, tetap konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

3 dari 7 halaman

Daya Tahan Tubuh

Jika sedang memiliki masalah pada daya tahan tubuh, daun kersen bisa membantunya. Terutama jika kelemahan daya tahan tubuh kerap sebabkan masalah kesehatan. Manfaat daun kersen untuk kesehatan sangat bisa diandalkan. Hal ini disebabkan karena terdapat kandungan antioksidan dan vitamin dalam daun kersen.

Selain mampu menguatkan daya tahan tubuh, daun kersen juga ampuh lawan virus, bakteri dan kuman. Jadi, mengonsumsinya bisa bantu cegah flu, pilek, batuk, dan masalah yang disebabkan infeksi lainnya. Untuk bisa merasakan manfaat ini, coba konsumsi ekstrak daun kersen secara rutin. Seimbangkan juga dengan berolahraga dan pola makan sehat.

4 dari 7 halaman

Asam Urat dan Batuk

Asam Urat

Asam urat adalah masalah kesehatan yang kerap dialami lansia. Tak perlu khawatir untuk pengobatannya, karena daun kersen bisa dijadikan solusinya. Manfaat daun kersen untuk kesehatan ini berasal dari senyawa kimia yang dimilikinya. Hingga masalah asam urat bisa diatasi dan dicegah dengan mengonsumsi ekstrak daun kersen.

Batuk

Batuk memang tak pernah membuat penderitanya nyaman. Tenggorokan terasa gatal, terkadang menyakitkan, dan tak nikmat untuk menelan. Alih-alih mengonsumsi obat kimia, cobalah mengonsumsi ekstrak daun kersen.

Daun kersen memiliki sifat anti peradangan yang bisa tenangkan masalah batuk. Bahkan dilansir dari laman Healthline, manfaat daun kersen untuk kesehatan dapat dijadikan obat radang tenggorokan.

5 dari 7 halaman

Kanker

Kanker memang dikenal sebagai penyakit yang cukup mematikan. Meskipun sudah ada obatnya, tetapi pengobatan untuk penderitanya tak semanis yang diharapkan. Seolah angka harapan hidup penderita kanker masih sulit diperkirakan. Untuk itu, coba cegah kanker dengan mengonsumsi ekstrak daun kersen.

Dilansir dari laman Healthline, manfaat daun kersan untuk kesehatan ampuh menurunkan risiko penyakit kanker. Hal ini dipengaruhi kandungan senyawa tanin, flavonoid, dan saponin yang dimilikinya. Senyawa antiokisdan ini ampuh tangkal radikal bebas penyebab kanker.

6 dari 7 halaman

Sakit Kepala dan Pencernaan

Sakit Kepala

Manfaat daun kersen untuk kesehatan selanjutnya adalah sebagai pereda sakit kepala. Manfaat ini berasal dari kandungan senyawa kimia yang dimilikinya. Seperti tannin, saponin, flavonoid, dan polifanol. Senyawa tersebut akan bertindak sebagai antikosidatif dan antmikroba yang bisa redakan sakit kepala.

Coba buat ekstrak daun kersen ini dengan menyiapkan 10 lembar daun kersen segar. Lalu rebus ke dalam 200 ml air selama 15 menit. Setelah itu saring dan minum ramuan secara rutin hingga sakit kepala mereda. Jangan pula mengonsumsinya secara berlebihan karena bisa bahayakan kesehatan.

Pencernaan

Daun kersen memiliki sifat antibakteri yang bisa bantu atasi masalah pencernaan. Flavonol, flavon, dan auronnya bisa menjadi antibakteri penyebab masalah pencernaan. Misalnya seperti bakteri E. Coli, P. aeruginosa, S. aureus dan B. Subtilis. Jadi, tidak heran jika manfaat daun kersen untuk kesehatan bisa atasi diare, otitis internal, dan keracunan makanan. Hanya dengan mengonsumsi ekstraknya.

 

7 dari 7 halaman

Cara Mengolah Daun Kersen untuk Kesehatan

Rebus

Manfaat daun kersen untuk kesehatan bisa didapat dengan cara merebusnya. Siapkan segenggam daun kersen dan dua gelas air putih. Tunggu hingga mendidih dan air tersisa setengahnya. Kemudian konsumsi 2 hingga 3 gelas air rebusan ini setiap harinya.

Seduh

Manfaat daun kersen untuk kesehatan selanjutnya bisa dengan menyeduh daun kersen yang sudah dikeringkan. Daun kersen yang kering bisa dibeli atau dikeringkan sendiri. Sama seperti rebusan daun kersen, teh daun kersen juga sebaiknya dikonsumsi sebanyak 2 hingga 3 gelas per hari.

Jus

Selain direbus dan diseduh, daun kersen juga bisa dijadikan jus. Mengolahnya menjadi jus akan membuat konsentrasi ekstrak daun kersen semakin tinggi. Hal ini tentu membuat efek pengobatannya semakin tinggi pula. Mengonsumsinya sebagai jus menjadi cara yang cukup efektif untuk merasakan manfaat daun kersen untuk kesehatan.