Sukses

Arti Gabut dan Bahasa Gaul Lainnya, Biar Makin Kekinian

Gabut menjadi istilah kekinian para milenial.

Liputan6.com, Jakarta Arti gabut banyak diucapkan anak muda zaman sekarang. Bahasa gaul secara langsung menggambarkan kreativitas anak muda di zamannya. Bahasa gaul juga tak dipungkiri telah memperkaya bahasa yang sudah berkembang di masyarakat. 

Salah satu bahasa gaul yang populer beberapa tahun terakhir adalah gabut. Arti gabut merupakan istilah dari bahasa Indonesia yang sudah lama ada. Arti gabut yang merupakan singkatan dari gaji buta banyak diucapkan oleh anak muda saat ini. Kini arti gabut digambarkan tak hanya sekadar tentang makan gaji buta.

Selain arti gabut, masih banyak arti bahasa gaul lainnya yang sedang populer saat ini. Berikut arti gabut dan bahasa gaul yang sedang populer lainnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(5/8/2020)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Arti gabut

Arti gabut merupakan kependekan dari gaji buta. Istilah ini sudah ada sejak lama. Gaji buta didefinisikan sebagai seseorang yang bekerja namun tidak melaksanakan tugas-tugasnya tapi tetap menerima gaji.

Namun kini istilah gabut makin banyak digunakan kaum milenial dan generasi Z. Arti gabut kini tak hanya sekadar tentang makan gaji buta, tapo untuk mewakili perilaku seseorang yang tidak melakukan aktivitas apapun dan bingung ingin melakukan apa.

3 dari 6 halaman

Arti Bahasa Gaul lainnya (Indonesia)

Selain arti gabut, ada banyak bahasa gaul Indonesia lainnya. Bahasa gaul ini punya banyak bentuk mulai dari singkatan, kebalikan kata, serapan, prokem, dan lainnya. Berikut arti bahasa gaul Indonesia yang kini sedang hits:

Baper: Adalah singkatan gaul yang kepanjangannya adalah Bawa Perasaan. Istilah gaul baper merujuk pada seseorang yang memasukkan ke hati segala ucapan dan tindakan orang lain.

Bucin: Bucin adalah kependekan dari istilah budak cinta. Singkatan gaul ini digunakan untuk merujuk pada pria atau wanita yang tergila-gila akan cinta, di mana orang tersebut mau melakukan apapun demi orang yang dia cinta.

Bosque: Bosku.

Cans: Cantik

Gils: Gila

Goks: Gokil

Garing: Tidak lucu

Gans: Ganteng

Gaje: Gaje adalah singkatan dari Gak Jelas atau Enggak Jelas. Kata ini digunakan ketika seseorang tidak paham atau tidak bisa menangkap maksud dari orang lain.

Gercep: Merupakan singkatan dari gerakan cepat. Singkatan ini adalah anjuran untuk melakukan sesuatu hal lebih cepat dari biasanya.

Halu: Kata ini adalah kependekan dari halusinasi, yang menggambarkan seseorang dengan khayalan yang tinggi. Japri: Singkatan gaul ini sudah sering kita dengar. Japri sendiri dapat diartikan sebagai jalur pribadi atau jaringan pribadi.

Kids jaman now: Anak zaman sekarang.

Kuy: Yuk. Kata ajakan kebalikan membaca dari yuk.

Komuk: Merupakan singkatan gaul yang merujuk pada Kondisi Muka.

Leh uga: Boleh juga

4 dari 6 halaman

Arti Bahasa Gaul lainnya (Indonesia)

Mager: Mager adalah singkatan gaul dari kalimat Malas Gerak. Kata ini lebih sering dipakai untuk mengungkapkan rasa malas.

Mantul: Kata ini adalah singkatan gaul dari kata Mantap Betul. Kata ini sering digunakan sebagai apresiasi, seperti ungkapan pujian.

Ntaps: Mantap

Ngab: Bang

Nolep: Kata ini merupakan plesetan dari kata bahasa inggris yatu No Life. Kata ini merujuk pada seseorang yang lebih suka berdiam diri di rumah dan tidak suka bergaul.

Pansos: Pansos adalah singkatan gaul dan merupakan kependekan dari panjat sosial. Sesuai namanya, Pansos digunakan untuk merujuk kepada orang-orang yang suka mencari perhatian banyak orang, terutama di media sosial.

Receh: Guyonan yang kurang lucu tapi bisa bikin tersenyum.

Rempong: Repot atau ribet.

Takis: Sikat.

Santuy: Santai. Menggambarkan seseorang yang santai menghadapi apapun.

Sabi: Bisa.

Unch: Menyatakan sesuatu yang menggemaskan.

Unfaedah: Tidak berguna.

Kerad: Pelesetan dari keras. Digunakan untuk menunjukkan sifat atau kelakuan seseorang yang keras.

YXGK: Ya Kali Gak Kuy. Merupakan ajakan atau ungkapan menerima ajakan yang sayang dilewatkan.

5 dari 6 halaman

Arti Bahasa Gaul lainnya (Inggris)

Tak cuma bahasa Indonesia, bahasa gaul yang berkembang di kalangan milenial dan generasi gen Z adalah bahasa Inggris. Berikut arti bahasa gaul dalam Bahasa Inggris:

ASAP: Adalah singkatan gaul bahasa Inggris yang sering digunakan oleh anak muda yang berarti As Soon As Possible. Kata gaul ini biasanya digunakan untuk menganjurkan kepada teman untuk melakukan sesuatu sesegera mungkin.

4EAE: singkatan dari Forever and Ever yang artinya selama-lamanya.

AFAIK: singkatan dari As Far As I Know, artinya sepengetahuanku atau sejauh yang aku tahu.

AKA: singkatan dari As Known As, artinya dikenal juga atau alias.

Anw: singkatan dari Anyway, artinya ngomong-ngomong.

b/c: singkatan dari because, artinya karena.

BRB: Adalah singkatan gaul bahasa Inggris yang kepanjangannya adalah Be Right Back. Singkatan BRB ini umumnya digunakan untuk menginformasikan ketika kita ingin meninggalkan percakapan untuk sementara waktu.

BTW: Merupakan singkatan gaul yang sudah sering digunakan. BTW memiliki kepanjangan By The Way. Istilah gaul BTW sama juga artinya dengan istilah ‘ngomong-ngomong’.

CMIIW: adalah singkatan gaul bahasa Inggris yang sering digunakan di platform media sosial. Kepanjangan kata ini adalah Correct Me If I’m Wrong, yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia dapat berarti ‘koreksi jika saya salah’.

COD: Adalah singkatan gaul yang banyak digunakan di kalangan anak muda zaman sekarang. Kata ini memiliki kepanjangan Cash On Delivery, yang dalam bahasa Indonesia artinya adalah ‘bayar di tempat’.

DM: Merupakan singkatan dari Direct Message, atau pesan yang dikirim langsung melalui fitur pesan di aplikasi instagram.

DIY: singkatan dari Do It Yourself, artinya lakukan sendiri atau sesuai keinginanmu.

FYI: Adalah singkatan gaul bahasa Inggris yang kepanjangannya adalah For Your Information. Kata ini biasa digunakan di media sosial untuk memberitahu tambahan informasi.

GG atau GGWP: Merupakan singkatan dari Good Game atau Good Game, Well Played. Singkatan ini biasa digunakan oleh para gamer setelah pertandingan dengan orang lain secara online usai. Kata ini digunakan buat menunjukkan sikap sportif.

GWS: Singkatan dari kalimat bahasa inggris Get Well Soon, yang berarti semoga cepat sembuh.

IDK: singkatan dari I Don’t Know, artinya aku tidak tahu.

IKR: singkatan dari I Know, Right? artinya aku tahu, kan?

IMO: singkatan dari In My Opinion, artinya menurutku.

6 dari 6 halaman

Arti Bahasa Gaul lainnya (Inggris)

IYKWIM: singkatan dari If You Know What I Mean, artinya kalau kamu tahu maksudku.

J/K: singkatan dari Just Kidding, artinya hanya bercanda. Kepo: Merupakan akronim dari kalimat Knowing Every Particular Object, yang berarti atau ditujukan kepada orang yang serba ingin tahu.

LOL: LOL merupakan akronim dalam bahasa inggris Laugh Out Loud, yang berarti tertawa terbahak-bahak.

LMAO: singkatan dari Laughing My Ass Off, artinya tertawa ngakak.

NSFW: singkatan dari Not safe For Work, artinya mengandung unsur kekerasan.

OOT: Merupakan singkatan yang berarti Out of Topic. Singkatan ini merupakan peringatan dan tanggapan yang dilontarkan ketika membahas sesuatu di luar dari kategori dan topik yang sudah ditetapkan.

OOTD: Adalah singkatan dari Outfit of The Day. Kata ini biasa digunakan dalam caption media sosial untuk unggahan foto satu badan penuh menjelaskan apa paduan pakaian yang digunakan hari ini.

OTW: Kata ini adalah singkatan gaul dari kalimat On The Way, yang berarti sedang di jalan atau perjalanan.

PAP: PAP adalah singkatan gaul yang kepanjangannya adalah Post a Picture.

ROTFL: singkatan dari Rolling On The Floor Laughing, artinya tertawa sampai terguling-guling.

SYS: singkatan dari See You Soon, artinya sampai ketemu lagi.

TGIF: singkatan dari Thanks God it’s Friday, artinya semangat menuju akhir pekan.

TFL: Adalah singkatan bahasa Inggris dari Thanks For Like. Ungkapan ini menunjukkan rasa terima kasih karena sudah diberikan sebuah ‘Like’dalam postingan atau konten media sosialnya.

WDYM: singkatan dari What Do You Mean, artinya apa maksudmu?

VC: VC adalah singkatan dari Video Call. Kebanyakan kata ini digunakan olah para pengguna aplikasi whatsapp.

XOXO: singkatan dari Hugs and Kisses, artinya peluk dan cium.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini