Sukses

8 Ciri Gangguan Fungsi Hati, Ketahui Ciri-Cirinya

Liputan6.com, Jakarta Organ tubuh yaitu hati atau lever (liver), merupakan salah satu organ yang sangat penting peranannya di dalam tubuh. Maka dari itu, kesehatan dari kondisi hati ini haruslah senantiasa dijaga dengan baik. Jika tidak, akan sangat berpotensi menimbulkan penyakit pada organ tersebut. 

Umumnya ciri gangguan fungsi hati ini tidak menimbulkan gejala. Hal tersebut karena gejala baru muncul ketika gangguan hati memasuki tahap lanjut atau sudah dalam kondisi yang terlalu parah. Itulah mengapa, sangat penting untuk mengenali ciri gangguan fungsi hati agar Anda bisa mendeteksinya sejak dini.

Organ ini ternyata bisa memengaruhi fungsi dari pencernaan, metabolisme, daya tahan tubuh, penyimpanan zat gizi dalam tubuh, hingga produksi sel darah. Itulah mengapa, apabila ada penyakit yang menyerang organ hati, bisa langsung mengganggu fungsi organ tubuh lainnya.

Apabila sudah terlanjur terjadi gangguan, ciri gangguan fungsi hati yang paling umum dan mudah dikenali adalah mata yang berubah warna menjadi kuning. Munculnya warna kuning tersebut merupakan bilirubin yang biasanya dipecah oleh hati dan seharusnya dikeluarkan dari tubuh. Akan tetapi saat organ hati itu sendiri sedang tidak dalam kondisi yang normal, maka maka kondisi tersebut justru menyebabkan bilirubin menumpuk hingga akhirnya mengakibatkan timbulnya warna kuning pada bagian putih mata.

Nah, agar semakin dalam membahas mengenai ciri gangguan fungsi hati tersebut. Berikut ini Liputan6.com sudah melansir dari p2ptm.kemkes.go.id mengenai hal tersebut dan ada baiknya Anda perhatikan dengan seksama, Rabu (5/8/2020).

2 dari 5 halaman

Ciri Gangguan Fungsi Hati

1. Wasir

Ciri gangguan fungsi hati yang pertama ini disebabkan ketika kerja dari organ hati terganggu, di mana akan menyebabkan tekanan darah meningkat. Dalam kondisi tersebut, vena akan menjadi sangat lebar.

Lebarnya vena tersebut bertujuan untuk menurunkan tekanan semaksimal mungkin dari vena porta (aliran utama ke hati), dan hal tersebut berdampak pada stres yang meningkat dan akhirnya terjadi kerusakan permanen pada vena. Maka dari itu, pada akhirnya timbul pendarahan yang bisa berdampak fatal.

2. Perut kembung

Ciri gangguan fungsi hati selanjutnya mungkin biasa dianggap sepele. Padahal, ciri ini juga menjadi indikator jika kondisi hati sedang tidak baik-baik saja.

Pada stadium lanjutan, sirosis hati mengandung lebih banyak air yang dapat terakumulasi di dalam rongga perut. Hal ini bisa menyebabkan perut menjadi kembung dan tampak buncit.

3 dari 5 halaman

Ciri Gangguan Fungsi Hati

3. Gatal

Fungsi dari hati salah satunya membentuk cairan empedu untuk memecah lemak. Apabila ada aliran cairan yang tersumbat, maka akan menyebabkan rasa gatal. Hal ini karena banyaknya asam empedu di dalam darah, di mana asam empedu tersebut yang dapat menyebabkan endapan di kulit dan memicu timbulnya rasa gatal.

4. Kelelahan

Hati memiliki fungsi penting, yaitu mengubah glukosa menjadi glikogen. Senyawa tersebut kemudian akan berfungsi sebagai sumber energi bagi tubuh.

Apabila hati terlalu banyak bekerja dan tidak dapat menghasilkan glikogen lagi, maka energi yang diperlukan menjadi tidak ada. Hal inilah yang akan menyebabkan timbulnya rasa lelah berlebihan.

4 dari 5 halaman

Ciri Gangguan Fungsi Hati

5. Sakit pada bagian atas perut

Ciri gangguan fungsi hati selanjutnya yaitu terasa sakit pada bagian atas perut. Sebenarnya, organ hati sendiri tidak mengenal rasa sakit. Akan tetapi, rasa sakit tersebut berasal dari organ yang letaknya dekat dari hati. Apabila Anda merasakan adanya tekanan atau rasa sakit berdenyut tepat di atas hati, maka hati Anda sedang mengalami gangguan dan ada baiknya segera diperiksa ke dokter.

6. Berat badan naik drastis

Berat badan yang naik drastis ternyata bisa menjadi indikator hati sedang tidak sehat. Hal ini karena hati mengalami stres berlebih yang disebabkan konsumsi makanan dalam jumlah yang terlalu banyak dan memiliki kandungan lemak berlebihan. Pada akhirnya, hati tidak bisa lagi menyaring semua racun dan menyimpannya di dalam sel lemak.

5 dari 5 halaman

Ciri Gangguan Fungsi Hati

7. Gangguan hormon

Ternyata, ciri gangguan fungsi hati bisa mudah dikenali pada perempuan. Sebab, penyakit hati bisa dikenali ketika adanya perubahan saat menstruasi.

Seperti, waktu datang bulan yang bergeser atau bahkan tidak mengalami datang bulan sama sekali. Selain pada wanita, sirosis hati kadang juga menyebabkan impotensi pada pria. Hal tersebut karena adanya perubahan hormonal dipicu oleh organ hati yang tidak sehat.

8. Mata kuning

Sempat disinggung di awal tadi, jika mata kuning merupakan salah satu ciri gangguan fungsi hati yang paling mudah dikenali. Perubahan warna mata menjadi kuning bisa terjadi apabila hati tidak mampu lagi mengeluarkan kandung empedu bilirubin dari sel darah merah yang mati. Jika sudah begini, segera periksa ke dokter terdekat.