Sukses

Viral Kisah Persahabatan 3 Wanita yang Berhasil Jadi Dokter di Waktu Bersamaan

Liputan6.com, Jakarta Persahabatan adalah suatu jalinan yang sangat berharga dan patut dipertahankan. Sahabat selalu berjuang bersama dalam menghadapi masalah maupun menggapai cita-cita. Banyak persahabatan yang dijalin sejak duduk di bangku SMA dan berlanjut hingga dewasa. Memiliki sahabat ketika SMA membuat masa-masa sekolah menjadi lebih berwarna dan menyenangkan. 

Namun meskipun selalu bersama saat SMA, banyak jalinan persahabatan yang menjadi terpisah ketika sudah lulus sekolah. Hal itu biasanya karena pilihan perguruan tinggi yang berbeda sehingga sulit untuk bertemu lagi. Apalagi jika masing-masing sudah tinggal di daerah yang berjauhan.

Berbeda halnya dengan trio dokter cantik dari Filipina ini. Ketiganya selalu bersama sejak SMA hingga berhasil mewujudkan cita-cita sebagai seorang dokter. Kisah persahabatan dokter-dokter ini menjadi viral setelah salah seorang dari ketiganya membagikan cerita kesuksesannya di media sosial.

Awalnya Joieanne Marie Macarubbo atau yang akrab dipanggil Ching Macarubbo menceritakan dalam unggahannya bahwa ia bertemu dengan dua dokter lainnya yakni Marie Clare Perez dan Jovine Martin di Sekolah Menengah Atas. Untuk memperingati kelulusan SMA di tahun 2011, ketiga orang ini mengambil foto bersama yang menurut Joieanne adalah fondasi dari impian mereka. Ia juga menyertakan foto tersebut dalam unggahannya itu.

2 dari 2 halaman

Tak Menyangka Bisa Lulus Bersama Sahabatnya

Kemudian Ching menjelaskan bahwa ia tidak pernah membayangkan lulus bersama lagi dengan kedua sahabatnya. Hal itu karena ketiganya tidak pernah berbicara tentang melanjutkan pendidikan ke sekolah kedokteran yang sama. Namun tak disangka ternyata ia dan kedua sahabatnya mendaftar ke perguruan tinggi yang sama. Sekolah kedokteran dikenal sangat sulit, sehingga banyak tantangan yang harus dilalui oleh tiga wanita tersebut.

“Kami telah melalui banyak hal selama bertahun-tahun. Kami berada di ambang kegagalan, menangis sendiri hampir setiap malam, lelah & gelisah terutama selama masa kepegawaian kami, tetapi kami tidak pernah berhenti sebagai pilihan,” kata Ching Macarubbo seperti dikutip oleh Liputan6.com dari World of Buzz, Kamis (6/7/2020).

Perjuangan Ching dan kedua sahabatnya berbuah manis. Setelah sembilan tahun bersahabat, ketiga wanita itu berhasil menempuh pendidikan hingga lulus bersama menjadi seorang dokter.

“Sekarang, 9 tahun dari hari itu, inilah kami, menjalani visi kami,” kata Ching Macarubbo.

Setelah kelulusan itu, Ching dan kedua sahabatnya melakukan pemotretan untuk merayakan kelulusan bersamanya lagi. Ia juga menampilkan foto-foto tersebut dalam unggahannya. Sontak cerita ketiga dokter cantik yang lulus bersama ini menjadi viral di media sosial dan telah dibagikan lebih dari 62 ribu kali.