Sukses

4 Cara Buat Akun Gmail Baru untuk Anak, Ketahui Manfaatnya

Liputan6.com, Jakarta Memantau kegiatan dan perkembangan anak, tak cukup hanya dengan menunggui dan memarahinya saja. Apalagi sekarang, Google sudah memperluas fitur kontrol orang tua melalui gawai atau smartphone. Coba buat akun Gmail baru untuk anak agar bisa mulai mengontrolnya.

Buat akun Gmail baru untuk anak bisa dilakukan oleh orang tua melalui smartphone-nya sendiri. Bisa juga melalui smartphone baru, komputer, hingga software baru Google yang bernama Family Link. Pembuatan akun untuk anak akan sangat memudahkan pemantauan orang tua terhadap penggunaan smartphone dan internetnya.

Nah, buat akun Gmail baru untuk anak ada banyak sekali manfaatnya. Terutama bagi anak yang masih berusia di bawah 13 tahun, ya. Akses akun Google dan penelusuran anak di internet akan menjadi lebih mudah. Begitu juga dengan orang tua, tak perlu lagi khawatir dengan smartphone dan akses internet yang digunakannya.

Berikut Liputan6.com ulas cara buat akun Gmail baru untuk anak dari berbagai sumber, Kamis (6/8/2020).

2 dari 7 halaman

Buat Akun Gmail Baru untuk Anak Melalui Smartphone

1. Hapus semua akun yang ada di perangkat.

2. Hapus semua aplikasi, foto, atau data lain yang tidak boleh diakses oleh anak dari perangkat.

3. Ikuti langkah-langkah untuk menambahkan akun baru ke perangkat.

4. Saat diminta login menggunakan Akun Google, ketuk Buat akun baru. Jika tidak melihat "Buat akun baru", ketuk Opsi lainnya terlebih dahulu. 

5. Masukkan nama, tanggal lahir, jenis kelamin, alamat email, dan sandi anak Anda.

6. Ikuti petunjuk untuk login dengan Akun Google sendiri, berikan izin orang tua, dan pilih setelan akun anak.

3 dari 7 halaman

Buat Akun Gmail Baru untuk Anak Melalui Smartphone Baru

1. Nyalakan perangkat baru dan ikuti petunjuk di layar untuk menyiapkan perangkat.

2. Saat diminta login menggunakan Akun Google, ketuk Buat akun baru. Jika tidak melihat "Buat akun baru", ketuk Opsi lainnya terlebih dahulu. 

3. Masukkan nama, tanggal lahir, jenis kelamin, alamat email, dan sandi anak.

4. Ikuti petunjuk untuk login dengan Akun Google sendiri, berikan izin orang tua, dan pilih setelan akun anak.

4 dari 7 halaman

Buat Akun Gmail Baru untuk Anak dengan Family Link

1. Buka aplikasi Family Link. Jika tidak memiliki aplikasi Family Link, buka halaman penyiapan Family Link untuk memulai. Bisa juga download melalui playstore atau appstore.

2. Di kanan atas, ketuk Buat

3. Ikuti petunjuk di layar untuk membuat akun.

4. Isikan informasi tentang anak yang diperlukan untuk pembuatan akun.

5. Setelah selesai, konfirmasi akan muncul di layar.

5 dari 7 halaman

Buat Akun Gmail Baru untuk Anak Melalui Laptop

1. Buka halaman membuat Akun Google melalui link https://accounts.google.com

2. Ikuti petunjuk di layar untuk membuat akun anak. Kemudian memasukkan info seperti nama anak, tanggal lahir, dan alamat email yang anak inginkan.

3. Login dengan Akun Google sendiri, lalu pilih cara untuk memberikan izin orang tua untuk akun anak.

4. Setelah selesai membuat akun, akan muncul konfirmasi di layar.

6 dari 7 halaman

Manfaat Buat Akun Gmail Baru untuk Anak

1. Mengakses dan menelusuri internet akan semakin mudah bagi anak di bawah usia 13 tahun. Apalagi jika anak sebenarnya membutuhkan internet untuk menunjang pendidikan yang sedang ditempuhnya. Tak melulu harus menggunakan buku jika internet bisa memudahkan belajarnya.

2. Mengirim dan menerima email, pesan chat, video, dan telepon. Bagi orang tua, mendapat kabar dari anak adalah hal yang sangat penting. Nah, buat Akun Gmail baru untuk anak akan memudahkan komunikasi keduanya.

3. Membeli dan mendownload aplikasi, game, musik, film, buku, dan konten lainnya yang tersedia di Google Play, serta melakukan pembelian dalam aplikasi, tergantung pada setelan persetujuan Google Play untuk akunnya anak. Orang tua bisa ikut memantau apa saja yang anak telusuri, mainkan, dan beli melalui smartphone-nya.

4. Membuat, melihat, berbagi, dan menerima konten, termasuk foto, video, audio, catatan, presentasi, dokumen, dan lainnya, yang beberapa di antaranya mungkin dibagikan secara publik. Orang tua akan sangat diuntungkan dengan kemudahan pemantauan ini, segala bentuk kekhawatiran bisa dilegakan.

5. Jika anak sudah berusia di atas 13 tahun, orang tua bisa melacak detail kesehatan dan kebugaran. Misalnya saja seperti tingkat aktivitas, detak jantung, tekanan darah, atau nutrisi di Google Fit.

7 dari 7 halaman

Manfaat Buat Akun Gmail dan Menggunakannya

Merger dengan Google Hangouts

Dekstop Gmail menampilkan kontak hangouts di sisi kiri layar, sehingga Anda dapat mengetahui siapa saja kontak email Anda yang menggunakan hangouts. Hangouts merupakan sebuah aplikasi messenger yang memiliki kelebihan yakni dapat melakukan video call dengan banyak orang.

Penyaringan Spam

Memang sebagian besar layanan email menawarkan semacam penyaringan sekarang ini, dan penyaringan spam miliki google sangat efektif. Gmail mencoba menyaring adanya upaya spam, virus, dan phising iklan, tapi tidak penyaringan yang 100 persen efektif.

Akses offline

Anda dapat mengakses gmail secara offline pada komputer Anda meskipun tidak terhubung dengan internet. Caranya adalah dengan memasang ekstensi Gmail offline chrome pada web browser Anda.