Sukses

5 Cara Mengatasi Tumit Kaki Pecah-Pecah

Cara mengatasi tumit kaki pecah-pecah sebenarnya sangat mudah, simak beberapa diantaranya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengatasi tumit kaki pecah-pecah bisa dilakukan dengan mudah dengan bantuan beberapa bahan yang bisa didapatkan di toko terdekat. Untuk mempraktikkan cara mengatasi tumit kaki pecah-pecah tersebut Anda hanya perlu melakukannya di rumah.

Tumit kaki pecah-pecah mungkin sudah menjadi hal yang umum dialami. Hal ini tidak lepas dari karakter kulit tumit dan telapak kaki yang memang pada dasarnya lebih kering dibandingkan bagian kulit lainnya. Sebab, kulit bagian tumit dan telapak kaki tidak memiliki kelenjar keringat. Itulah mengapa tumit kaki akhirnya mudah kering dan kasar.

Kondisi tumit kaki yang kering juga akan menjadi mudah kapalan. Terutama jika terus digunakan untuk berjalan, tumit kaki yang kering dan juga tebal menjadi mudah pecah merekah. Tapi, kulit tumit kering dan pecah-pecah bisa juga disebabkan karena kondisi medis tertentu. Salah satunya kondisi yang dialami para penderita penyakit diabetes, gangguan tiroid, hingga psoriasis dan eksim.

Selain itu, faktor penuaan juga dapat menyebabkan kulit tumit kaki menjadi cenderung kering. Itulah mengapa sangat penting untuk memahami bagaimana cara mengatasi tumit kaki pecah-pecah sebelum kondisinya semakin mengkhawatirkan.

Apabila kulit tumit kaki yang pecah-pecah dibiarkan saja, maka akan menimbulkan kurang sedap dipandang mata. Selain menurunkan penampilan, kulit tumit yang mengalami pecah-pecah juga bisa menimbulkan rasa sakit ketika sedang berjalan. Parahnya, pada beberapa kasus tumit kaki pecah-pecah sampai timbul perdarahan bahkan bisa menimbulkan infeksi serius.

Maka dari itu, apabila Anda mulai mengalami kondisi tumit kaki pecah-pecah, maka segera lakukan berbagai cara mengatasi tumit kaki pecah-pecah. Lalu, pembahasan lebih dalam mengenai cara mengatasi tumit kaki pecah-pecah tersebut sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber di bawah ini, Kamis (6/8/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Alpukat dan Pisang

Cara mengatasi tumit kaki pecah-pecah yang pertama dengan menggunakan alpukat dan pisang yang dijadikan masker. Pisang sendri merupakan alternatif terbaik untuk menyembuhkan tumit kaki pecah-pecah dengan cepat. Sedangkan alpukat kaya akan beberapa minyak esensial, vitamin, dan lemak yang membantu memperbaiki kulit kering.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan menyiapkan satu buah pisang matang dan setengah alpukat. Lalu, haluskan kedua bahan tersebut dan pastikan tercampur merata hingga menjadi pasta. Setelah itu, Anda bisa balurkan pasta di tumit kaki yang pecah-pecah dan diamkan selama 15-20 menit.

Untuk mempercepat proses penyembuhan, Anda bisa membungkus kaki yang sudah dibaluri pasta tersebut dengan kaus kaki agar adonan pasta dapat menyerap sempurna ketika didiamkan semalam suntuk. Lalu, cuci kaki dengan air hangat setelah proses pengobatan dengan masker dari pasta alpukat dan pisang tersebut, dan lakukan sebanyak dua hari sekali.

3 dari 6 halaman

2. Gunakan Pelembab

Pelembab yang bisa digunakan yaitu jenis krim pelembab yang kental dan kaya akan kandungan baik, seperti shea butter, gel lidah buaya, atau petroleum jelly. Cara aplikasinya cukup mudah, yaitu dengan melumuri tumit kaki tersebut dengan pelembab lalu bungkus dengan kaus kaki dan diamkan semalaman. Agar lebih maksimal, Anda bisa menggunakan pelembab segera setelah mandi.

4 dari 6 halaman

3. Oatmeal

Ternyata, oatmeal sejak ratusan tahun lalu sudah digunakan sebagai penyembuh iritasi dan peradangan kulit. Tapi, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, dibutuhkan campuran dari minyak zaitun di dalamnya.

Cara menggunakannya sangat mudah, yaitu dengan menyiapkan wadah, lalu tuang satu sendok makan oatmeal dan satu sendok makan minyak zaitun. Aduk hingga memiliki tekstur seperti pasta. Selanjutnya, lumuri tumit kaki yang pecah dengan pasta oatmeal tersebut, biarkan meresap hingga setengah jam lalu bilas hingga bersih. Agar hasilnya lebih maksimal, Anda bisa mempraktikkan cara mengatasi tumit kaki pecah-pecah ini dua sampai tiga hari sekali.

5 dari 6 halaman

4. Minyak Nabati

Ternyata, minyak yang berasal dari bahan nabati bisa gunakan untuk mengatasi tumit pecah-pecah. Jenis minyak nabati seperti, minyak zaitun, minyak almond, minyak wijen, tea tree oil, hingga minyak kelapa, sangat ampuh untuk melembabkan kulit tumit. Hal ini karena kandungan vitamin E di dalamnya, yang mampu menyembuhkan dan mencegah kaki pecah-pecah.

Cara aplikasinya hampir sama dengan beberapa cara di atas, yaitu dengan melumuri tumit yang kering. Namun, Anda bisa memanfaatkan sifat licin dari minyak untuk memijat tumit ang pecah secara perlahan. Lakukan setiap malam sebelum tidur maka minyak tersebut akan bantu melembabkan kulit. Lalu, gerakan memijit tersebut juga akan membantu merangsang sirkulasi untuk mempercepat penyembuhan. Setelah diumuri dan dipijit, Anda bisa membungkus dengan kaus kaki dan diamkan semalaman.

6 dari 6 halaman

5. Petroleum Jelly dengan Air Lemon

Campuran petroleum jelly dengan air perasan lemon juga ampuh menyembuhkan tumit kaki yang pecah-pecah. Caranya mudah, Anda cukup merendam kaki di air hangat selama dua puluh menit terlebih dahulu, lalu keringkan dengan benar. Setelah itu, tuang satu sendok teh petroleum jelly dengan tiga sendok teh air perasan lemon, aduk hingga benar-benar rata.

Oleskan pasta tersebut ke tumit kaki yang pecah, lalu diamkan sekitar satu jam. Sama seperti beberapa cara mengatasi tumit kaki pecah-pecah di atas, Anda bisa membungkusnya dengan kaus kaki dan biarkan semalaman. Setelah itu bilas dengan air bersih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.