Sukses

5 Cara Menyimpan Cokelat Agar Tidak Cepat Meleleh dan Tahan Lama

Liputan6.com, Jakarta Cara menyimpan cokelat yang benar tentu harus diketahui para penikmatnya. Pasalnya, makanan manis satu ini memang cukup mudah meleleh, terutama pada suhu panas. Untuk itu, diperlukan tempat yang tepat untuk menyimpannya agar tetap tahan saat dikonsumsi di kemudian hari.  

Mengonsumsi cokelat tentunya tidak boleh berlebihan. Walaupun memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, cokelat jika dikonsumsi terlalu berlebihan malah menimbulkan masalah pada tubuh. Jadi, jika kamu membeli cokelat dalam jumlah banyak, kamu bisa menyimpannya sebagian untuk dimakan nanti.

Cara menyimpan cokelat agar tidak cepat meleleh tidak begitu sulit. Kamu bisa menyimpannya di dalam kulkas dengan beberapa syarat ataupun di luar kulkas. Namun, sebaiknya simpan cokelat di dalam lemari yang memiliki suhu rendah saja agar lebih aman.

Berikut Liputan6.com rangkum dari beberagai sumber, Kamis (6/8/2020) tentang cara menyimpan cokelat.

2 dari 6 halaman

Simpan pada Suhu Rendah

Cara menyimpan cokelat agar tidak cepat meleleh yang pertama adalah dengan menyimpannya pada suhu rendah. Cokelat sebaiknya disimpan di dalam lemari yang sejuk dan gelap, dengan suhu antara 10 dan 20 derajat Celcius. Suhu 15 derajat Celcius merupakan suhu yang sempurna untuk menyimpan cokelat. Dengan begitu, cokelat yang kamu simpan tidak akan mudah meleleh dan lebih tahan lama.

3 dari 6 halaman

Simpan di Dalam Kulkas Setelah Diletakkan dalam Wadah

Menyimpan cokelat di dalam kulkas tentunya merupakan cara yang paling sering dilakukan kebanyakan orang. Namun, cara menyimpan cokelat satu ini tidak bisa sembarangan. Kamu tidak bisa hanya meletakkan cokelat di dalam kulkas begitu saja.

Hal ini malah bisa membuatnya menjadi rusak. Mendinginkan cokelat di dalam kulkas justru membuat penampilannya kusam. Tak hanya itu rasa dan aromanya pun akan hilang, sehingga yang terasa hanya manisnya saja.

Cara menyimpan cokelat di dalam kulkas harus dipersiapkan dengan baik. Kamu bisa membungkus cokelat terlebih dahulu dengan plastik atau memasukkan ke dalam wadah yang kering dan tertutup agar cokelat tidak terkena uap air secara langsung. Dengan begitu, cokelat akan lebih tahan lama.

4 dari 6 halaman

Jauhkan dari Sinar Matahari Langsung

Salah satu cara menyimpan cokelat yang juga sangat penting adalah dengan menghindari sinar matahari langsung. Jangan sampai cokelat terkena sinar matahari langsung, hal ini hanya akan membuatnya meleleh dengan cepat.

Sebaiknya, simpan cokelat di tempat tertutup dan terhindar dari sinar matahari langsung. Tak hanya mudah leleh, cokelat yang terkena sinar matahari langsung juga rentan mengeluarkan bau tak sedap.

5 dari 6 halaman

Simpan di Tempat Kering

Jangan lupa untuk menyimpan cokelat di tempat yang kering dan tentunya bersih. Cara menyimpan cokelat ini dimaksudkan agar cokelat tidak ditumbuhi oleh jamur. Cokelat memang akan mudah ditumbuhi jamur jika disimpan pada tempat yang terlalu lembap dan basah. Bahkan, cokelat yang terkena air kualitasnya juga akan menurun atau bahkan rusak.

6 dari 6 halaman

Hindari Menyimpan di Dekat Makanan Berbau Menyengat

Cara menyimpan cokelat selanjutnya adalah dengan menghindari makanan atau benda-benda berbau menyengat. Hal ini tentunya terkait cokelat yang bisa saja tercemar oleh bau menyengat tersebut. Jika cokelat sudah tercemar bau menyengat dari makanan atau benda lain, maka aroma dan juga rasa cokelat juga dapat berubah.

Itulah beberapa cara menyimpan cokelat agar tidak cepat meleleh dan tahan lama. Jangan sampai kamu menyimpan cokelat dengan cara yang salah dan membuatnya tidak bisa dikonsumsi lagi.