Sukses

5 Fakta Sosok YouTuber Turah Parthayana, Diduga Terlibat Skandal Pelecehan Seksual

Liputan6.com, Jakarta Pada Kamis (6/8/2020), jagad media sosial Twitter sedang ramai memperbincangkan Turah Parthayana. Pria berusia 22 tahun ini merupakan seorang YouTuber asal Indonesia yang kini tengah menempuh studi di Rusia.

Nama Turah Parthayana ramai diperbincangkan karena ia disebut-sebut terlibat skandal pelecehan seksual terhadap temannya yang merupakan sesama mahasiswa asal Indonesia di Rusia. Dilansir dari postingan @sandi_sa119, kejadian tersebut terjadi pada November 2019 silam.

Keterlibatan Turah dalam skandal tersebut dibenarkan oleh sang manajer, yakni Jehian Sijabat. "Pada November 2019, Turah Parthayana tidak menyangkal pengakuan pelecehan seksual yang dilakukan olehnya," tulis kakak dari Jerome Polin ini di akun Twitternya pada Kamis (6/8/2020).

Kronologi kejadian tersebut, diceritakan secara singkat bermula ketika Turah Parthayana mengajak korban untuk menonton film horor bersama di sebuah kamar asrama. Namun tiba-tiba saja pelaku mulai melakukan tindakan yang tidak senonoh.

Berikut merupakan fakta sosok terkait Turah Parthayana dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Kamis (6/8/2020).

2 dari 6 halaman

1. Berusia 22 tahun asal Bali

Turah Parthayana lahir pada 7 September 1997. Pria berusia 22 tahun ini berasal dari Pulau Dewata, Bali. Bungsu dari empat bersaudara ini sesekali mengunggah potretnya mengenakan pakaian adat Bali.

3 dari 6 halaman

2. Dapat beasiswa kuliah di Rusia

Nama Turah Parthayana mulai terkenal sejak ia berhasil mendapatkan beasiswa untuk berkuliah di Tomsk State University Rusia. Pria yang kerap menyebut dirinya sebagai 'Ayahanda' ini mengambil jurusan Manajemen Bisnis.

4 dari 6 halaman

3. Sosok inspiratif

Selama berkuliah di luar negeri, Turah juga aktif sebagai YouTuber. Ia kerap membuat konten tentang pengalamannya mendapatkan beasiswa sembari memotivasi anak muda Tanah Air. Ia juga tergabung dalam manajemen yang sama di bawah asuhan Jehian Sijabat bersama dengan beberapa influencer lainnya. Di antaranya yakni Jerome Polin dan Leonardo Edwin.

 

5 dari 6 halaman

4. Memiliki banyak penggemar

Tak hanya berbagi kisah inspiratifnya ketika mendapat beasiswa, Turah juga membuat konten tentang kehidupannya sebagai mahasiswa di Rusia. Saat ini, pria berusia 22 tahun ini memiliki 1,16 subscribers dan memiliki akun fanbase bernama @turaholic.

6 dari 6 halaman

5. Sedang bersiap rilis buku

Di sela-sela kesibukannya kuliah, Turah juga sedang mempersiapkan peluncuran bukunya. Pria kelahiran 7 September 1997 ini akan merilis buku tentang perjalanan hidupnya sebagai mahasiswa yang kini sudah lima tahun menetap di Negeri Beruang Merah.