Sukses

10 Cara Menghaluskan Telapak Kaki yang Kasar Secara Alami

Liputan6.com, Jakarta Cara menghaluskan telapak kaki menjadi perhatian utama bagi kamu yang memiliki kaki kasar. Tentunya kamu tidak ingin memiliki kaki kasar dan pecah-pecah yang bisa menimbulkan rasa tidak percaya diri, dan kamu pun menjadi malu untuk keluar rumah.  

Bahkan, kadang kaki bisa menjadi menebal atau mengeras, yang dikenal juga dengan kapalan. Kondisi ini merupakan sebuah bentuk perlindungan kulit terhadap tekanan dan gesekan yang terjadi secara terus-menerus. Biasanya hal ini berkaitan dengan kebiasaan rutin yang berhubungan dengan aktivitas berulang-ulang, seperti menggunakan sepatu yang sempit.

Cara menghaluskan telapak kaki yang kasar mudah saja dengan menggunakan bahan alami. Kamu bisa menerapkan langkah-langkah menghaluskan telapak kaki yang kasar ini hanya dari rumah saja secara alami. Apalagi, bahan-bahan alami ini tidak sulit didapatkan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (6/8/2020) cara menghaluskan telapak kaki.

2 dari 6 halaman

Air Hangat dan Garam Epsom

Air Hangat

Cara menghaluskan telapak kaki yang kasar pertama adalah menggunakan air hangat. Kalau kondisi kaki kasar ataupun kapalan yang kamu rasakan sudah sampai mengganggu aktivitas, kamu bisa mencoba merendamkan kaki yang kapalan di air hangat.

Lakukan ini selama kurang lebih 10 menit. Merendamkan kaki di air hangat bisa melunakkan kulit yang mengalami kapalan. Setelahnya, kamu akan lebih mudah untuk menggosok atau mengikis kulit yang keras tersebut.

Garam Epsom

Cara menghaluskan telapak kaki yang kasar juga bisa dilakukan dengan menggunakan garam Epsom. Garam Epsom dianggap sebagai eksfoliator. Garam Epsom berbeda dengan garam masak yang biasa ditemukan di dapur. Garam Epsom bisa kamu dapatkan di toko kecantikan atau apotik kesehatan.

Merendamkan kaki ke dalam larutan garam epsom juga bisa melunakkan kulit yang menebal sehingga membuatnya lebih mudah untuk dibersihkan. Cara membuat air rendaman garam Epsom ini hanya dengan menyiapkan air hangat yang kemudian dicampurkan dengan garam Epsom.

Setelah itu, kamu bisa menggosoknya dengan menggunakan batu apung agar kulit yang menumpuk terlepas.  Kemudian bilas dengan air bersih. Lanjutkan dengan mengeringkan kaki dan berikan pelembap khusus untuk telapak kaki. Cara ini bisa membantu membuat kaki kamu menjadi lembut kembali.

3 dari 6 halaman

Batu Apung dan Cuka Sari Apel

Batu Apung

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, batu apung bisa dijadikan cara menghaluskan telapak kaki yang kasar. Caranya rendam kakimu secara menyeluruh dengan air hangat, kemudian berikan tekanan batu apung ke kapalan dan gosok dengan gerakan memutar.

Kamu bisa melakukannya secara perlahan, jangan mencoba untuk menghilangkan seluruh kapalan sekaligus karena dapat berdampak pada infeksi.

Cuka Sari Apel

Kandungan asam dalam cuka sari apel dapat melembutkan kulit keras pada telapak kaki. Caranya mudah, campurkan larutan empat bagian air dan satu bagian cuka sari apel dan rendam bagian kakimu selama sekitar 20 menit.

Saat kamu sedang merendam kakimu pada rendaman ini, kamu bisa sambil mengelupas satu atau dua lapisan kalus secara perlahan. Jangan menarik terlalu keras karena mengelupas kulit di sekitar atau di atas kalus dapat menyebabkan infeksi.

4 dari 6 halaman

Soda Kue dan Madu

Soda Kue

Cara mengatasi telapak kaki yang kasar selanjutnya adalah dengan menggunakan soda kue. Kamu bisa membuat racikan berupa pasta ataupun air rendaman. Soda kue bisa bekerja untuk meredakan kapalan karena adanya kristal di dalamnya yang bisa membantu pengelupasan kulit yang mengeras.

Untuk membuat pasta dari soda kue, kamu bisa membuatnya sendiri dengan mencampurkan soda kue dengan air perasan jeruk nipis. Aduk hingga rata kedua bahan tersebut, kemudian aplikasikan ke kulit kaki yang kapalan. Gunakan pasta soda kue ini saat di malam hari dan bilas ketika pagi harinya.

Selain menggunakannya sebagai pasta yang dioleskan pada kulit, soda kue juga bisa kamu gunakan sebagai rendaman kaki. Cukup campurkan soda kue dengan air hangat. Aduk hingga merata. Kemudian rendam kaki selama kurang lebih 10 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

Madu

Madu dikenal karena sifatnya sebagai pelembap dan antiseptik. Ini adalah penyembuh yang hebat dan dapat digunakan untuk menenangkan dan menghaluskan kulit. Cara menghaluskan telapak kaki yang kasar dengan madu cukup mudah.

Cukup dengan menambahkan secangkir madu ke seember air hangat. Rendam kakimu di dalamnya selama 20 menit. Kemudian, bersihkan kakimu secara lembut menggunakan spons. Ulangi cara ini setiap malam sebelum tidur setidaknya dua kali seminggu.

5 dari 6 halaman

Minyak Jarak dan Nanas

Minyak Jarak

Cara menghaluskan telapak kaki yang kasar juga bisa menggunakan minyak jarak. Minyak jarak memiliki sifat pelumas kulit alami. Sifat ini bisa membantu ketika kamu mencoba mengondisikan kulitmu untuk menghilangkan kapalan.

Caranya rendam kaki kasarmu dalam campuran air hangat dengan 5 sendok makan minyak jarak yang cukup untuk mengenai dan melumasi kulit keras dan menenangkan area yang terkena.

Nanas

Kandungan asam pada buah nanas juga bisa digunakan sebagai cara menghaluskan telapak kaki yang kasar. Hal ini dikarenakan adanya enzim pada buah nanas yang bagus untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan menyembuhkan luka pada kulit.

Cara menggunakan nanas untuk menghilangkan telapak kaki yang kasar adalah dengan mengusapkan atau menggosokkan nanas yang masih muda ke bagian kulit kaki yang kapalan. Lakukan secara perlahan pada bagain tersebut, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin hingga kondisinya membaik.

6 dari 6 halaman

Bawang Putih dan Tea Tree Oil

Bawang Putih

Bawang putih merupakan bumbu makanan yang memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Hal ini juga termasuk bisa membuat kulit kaki lebih halus dan lembut. Caranya iris bawang menjadi lebih tipis, kemudian gosokkan kulit kaki yang kasar dan kapalan dengan irisan bawang putih tadi.

Tea Tree Oil

Minyak pohon teh adalah antibakteri, antijamur, dan antiseptik alami. Cara menggunakannya tinggal masukkan beberapa tetes minyak pohon teh ke dalam baskom berisi air hangat, kemudian rendam kakimu sampai merasa kulit mulai melembut dan terangkat.

Namun jangan coba merendam kakimu dalam obat ini selama lebih dari 15 menit, karena minyak pohon teh sangat kuat dan dapat merusak lapisan kulit jika terlalu lama.