Sukses

10 Cara Menggemukkan Badan dan Meningkatkan Nafsu Makan, Sehat dan Aman

Liputan6.com, Jakarta Cara menggemukkan badan tak boleh sembarang dilakukan. Cara menggemukkan badan biasanya dilakukan bagi orang-orang yang kekurangan berat badan. Orang dengan kekurangan berat badan memiliki indeks massa tubuh di bawah 18.5.

Sama dengan kelebihan berat badan, kekurangan berat badan juga tak baik untuk kesehatan. Kekurangan berat badan dikaitkan dengan risiko osteoporosis, sering sakit dan kelelahan, anemia, hingga masalah kesuburan.

Bagi sebagian orang, cara menggemukkan badan bukan perkara mudah. Banyak yang kekurangan berat badan memiliki nafsu makan yang buruk. Cara menggemukkan badan bisa dilakukan dengan meningkatkan nafsu makan. Cara menggemukan badan harus dilakukan dengan cara yang sehat dan aman.

Cara menggemukkan badan yang sehat ini bisa diterapkan pada pria maupun wanita. Berikut cara menggemukkan badan dan meningkatkan nafsu makan dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(7/8/2020).

2 dari 7 halaman

Cara menggemukkan badan dan meningkatkan nafsu makan

Makan dalam porsi kecil lebih sering

Saat kekurangan berat badan, kamu mungkin akan merasa lebih cepat kenyang. Untuk meningkatkan nafsu makan, cobalah untuk tidak makan dalam porsi besar sekaligus.

Makan dalam porsi kecil namun dalam intensitas kecil bisa membantu memenuhi asupan kalori lebih cepat. Coba untuk makan lima sampai enam porsi kecil sepanjang hari alih-alih dua atau tiga kali makan besar.

Konsumsi protein

Cara menggemukkan badan adalah dengan makan cukup protein. Protein penting untuk membentuk massa otot dan mencegah penumpukan lemak.

Protein bisa mengubah kalori menjadi otot. Makanan berprotein biasanya juga lebih lezat dan bisa meningkatkan nafsu makan. Makanan berprotein tinggi termasuk daging, ikan, telur, banyak produk susu, dan kacang-kacangan.

3 dari 7 halaman

Cara menggemukkan badan dan meningkatkan nafsu makan

Konsumsi makanan padat kalori

Kunci dari cara menggemukkan badan adalah konsumsi cukup kalori. Untuk menggemukkan badan yang sehat, kamu perlu mengonsumsi lebih banyak kalori. Pilihan kalori sehat dapat memenuhi kebutuhan kalori tubuh tanpa memberi efek buruk bagi kesehatan. Kalori sehat mengandung karbohidrat, serat, dan lemak.

 Konsumsi snack sehat

Banyak penyembuhan, perbaikan, dan regenerasi tubuh terjadi ketika kita tidur. Saat tidur tubuh juga bisa membangun otot dan jaringan tanpa lemak. Jadi makan camilan sehat tepat sebelum tidur dapat membantu proses ini. Kamu bisa mencoba camilan sehat seperti kacang, biji, dan buah-buahan sebelum tidur.

4 dari 7 halaman

Cara menggemukkan badan dan meningkatkan nafsu makan

Susu

Cara menggemukkan badan dan meningkatkan nafsu makan selanjutnya adalah mengonsumsi susu dan produk turunannya. Susu memberikan keseimbangan protein, karbohidrat dan lemak yang baik.

Saat mencoba menambah berat badan, tubuh harus mendapat manfaat dari lemak, mineral, dan protein yang ada dalam susu. Susu full fat adalah pilihan terbaik untuk menambah berat badan.

Tambahkan rempah

Menambahkan rempah pada makanan bisa membantu meningkatkan nafsu makan. Beberapa makanan dapat menunda pencernaan dan menghasilkan gas. Jenis rempah tertentu bisa membantu mengurangi perut kembung dan meningkatkan nafsu makan.

Rempah juga bisa merangsang produksi empedu untuk memfasilitasi pencernaan lemak. Beberapa jenis rempah yang bisa meningkatkan nafsu makan di antaranya adalah adas, peppermint, lada hitam, ketumbar, mint, jahe, dan kayu manis.

5 dari 7 halaman

Cara menggemukkan badan dan meningkatkan nafsu makan

Cukup tidur

Kurang tidur atau tidur berlebihan dapat memengaruhi berat badan. Kualitas tidur yang buruk juga dapat berpengaruh secara keseluruhan bagi kesehatan. Menghindari begadang dan tidur berlebihan dapat membantu mendukung berat badan ideal.

Olahraga

Selama berolahraga, tubuh membakar kalori untuk mempertahankan tingkat energi. Aktivitas fisik dapat meningkatkan nafsu makan untuk mengisi kembali kalori yang terbakar. Selain itu, aktivitas fisik dapat memengaruhi beberapa proses dalam tubuh yang telah terbukti merangsang rasa lapar.

Untuk mengubah kalori ekstra yang dimakan menjadi otot, kamu perlu olahraga. Jenis olahraga yang baik untuk menaikkan berat badan meliputi latihan ketahanan tubuh, resistensi atau angkat berat. Untuk hasil terbaik, cobalah berolahraga dua hingga tiga hari dalam seminggu.

6 dari 7 halaman

Cara menggemukkan badan dan meningkatkan nafsu makan

Sarapan

Mengonsumsi sarapan setiap hari penting dilakukan saat ingin menambah nafsu makan dan menambah berat badan. Sarapan bisa membantu membakar lebih banyak kalori sepanjang hari. Ini dapat meningkatkan nafsu makan. Sarapan setiap hari sama pentingnya dengan makan teratur sepanjang hari.

Jadwalkan makan

Jika kamu kesulitan mengatur waktu makan, coba jadwalkan makan dan tetapkan pengingat di setiap waktu makan untuk memastikan kamu makan secara teratur. Selain itu, memiliki jadwal makan teratur penting untuk merangsang nafsu makan. Ini membantumu mengonsumsi cukup kalori dan nutrisi setiap hari.

7 dari 7 halaman

Cara menggemukkan badan yang salah

Tidur berlebihan

Kurang tidur dan tidur berlebihan dapat memengaruhi hormon nafsu makan. Ini dapat menyebabkan penyimpanan lemak di tubuh dan menambah berat badan dengan tidak sehat.

Konsumsi makanan rendah lemak

Menghindari konsumsi lemak termasuk lemak tak jenuh bisa memengaruhi kesehatan berat badan. Biasanya makanan rendah lemak akan mengandung karbohidrat sederhana. Karbohidrat sederhana berkinerja rendah yang dicerna dengan cepat. Ini bisa membuat peningkatan berat badan yang berlebihan.

Makan terlalu cepat

Diperlukan waktu 20 menit bagi perut untuk memberi tahu otak bahwa ia sudah kenyang. Makan dengan cepat akan memicu makan berlebihan. Ini dapat meningkatkan berat badan dengan cepat namun tidak sehat.

Konsumsi makanan olahan

Makanan olahan banyak mengandung kalori kosong. Makanan berkalori kosong termasuk makanan yang tinggi gula dan garam. Makanan ini dapat mengandung lebih banyak lemak tidak sehat dan dapat memengaruhi jantung.