Sukses

Cara Mudah Menanam Daun Bawang di Rumah untuk Pemula

Cara mudah menanam daun bawang bisa diterapkan, bahkan bagi pemula sekalipun.

Liputan6.com, Jakarta Cara mudah menanam daun bawang bisa dipraktikkan di rumah. Daun bawang ini tentunya sangat dibutuhkan bagi kamu yang hobi memasak. Tanaman satu ini memang biasa digunakan sebagai bumbu dan bahan tambahan pada masakan karena dapat meningkatkan cita rasa.

Oleh karena itu, menanam daun bawang sendiri di rumah bisa jadi solusi agar kamu bisa lebih berhemat dan tidak susah-susah mencarinya saat dibutuhkan. Diperlukan langkah-langkah yang cukup sederhana dalam menanam daun bawang.

Cara mudah menanam daun bawang bisa diterapkan, bahkan bagi pemula sekalipun. Tentunya kamu harus mengikuti langkah-langkahnya dengan benar. Kamu bisa menggunakan pot dalam menerapkan cara menanam daun bawang di rumah ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (7/8/2020) tentang cara mudah menanam daun bawang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Pemilihan Bibit

Cara mudah menanam daun bawang yang pertama adalah melakukan pemilihan bibit yang berkualitas. Memilih bibit tanaman daun bawang ini bisa kamu lakukan secara generatif maupun vegetatif, yaitu dengan menggunakan biji tanaman (generatif) dan menggunakan anakan tanaman (vegetatif).

Kamu bahkan tidak perlu membeli bibit ke toko, karena bisa menggunakan daun bawang yang sudah ada di rumah. Hal ini karena, daun bawang yang biasanya dijual di pasar memang masih memiliki akar, sehingga bisa dijadikan bibit.

Kamu tinggal memilih yang bagian akarnya masih utuh, kemudian siram dengan air untuk menjaga kesegaran bibitnya. Setelah itu, potong bagian atas daun bawang. Selanjutnya, kamu bisa menyemai bibit tersebut terlebih dahulu dengan menyimpannya di dalam gelas berisi air atau melakukan penyemaian menggunakan polybag.

3 dari 7 halaman

Persiapan Media Tanam

Sembari menunggu bibit bisa ditanam, kamu bisa menyiapkan media tanam sebagai cara mudah menanam daun bawang selanjutnya. Siapkanlah media tanam berupa pot atau polybag sesuai keinginan. Bahkan, kamu juga bsa menggunakan botol, kaleng, hingga ember untuk menanam daun bawang di rumah asalkan diameter barang tersebut lebih dari 15 cm.

Setelah itu, siapkan tanah yang gembur, sumbur, dan memiliki kandungan unsur hara yang melimpah. Usahakan tanah memiliki pH tanah 6,5-7. Kemudian, campurkan tanah dengan pupuk kandang atau kompos dengan arang sekam, perbandingannya 2:1:1.

Setelah itu, kamu perlu menunggu selama 5-7 hari agar media taman siap ditanami dengan bibit yang telah disemai sebelumnya.

4 dari 7 halaman

Pemindahan Bibit ke Media Tanam

Setelah media tanam siap, dan bibit juga siap disemai, kamu bisa memindahkan bibit tersebut ke media tanam. Cara mudah menanam daun bawang ini perlu dilakukan secara hati-hati. Pastikan terlebih dahulu akar bibit tidak ada yang rusak atau putus sebelum memasukkannya ke dalam pot.

Buatlah lubang tanam sesuai dengan ukuran bibit, dan setelah memasukkan bibit, padatkan tanah. Selanjutnya, kamu tinggal menyiram secukupnya dan meletakkan tanaman di tempat teduh selama beberapa hari.

5 dari 7 halaman

Perawatan Tanaman

Cara mudah menanam daun bawang di rumah selanjutnya adalah melakukan perawatan tanaman. Penyiraman dalam hal ini sangat penting, karena media tanam tidak boleh sampai kering, namun juga tidak boleh terlalu lembap karena malah menimbulkan jamur dan bakteri. Siram seperlunya.

Selain itu, cabut rumput yang tumbuh di sekitar media tanam secara rutin, dan tangani hama secara manual tanpa penggunaan insektisida. Jika ada tanaman yang layu atau busuk, segera pindahkan agar tidak memengaruhi tanaman lain.

6 dari 7 halaman

Pemupukan

Pemupukan juga cukup penting sebagai cara mudah menanam daun bawang di rumah, terutama jika kamu menggunakan pot. Media tanam yang kecil tentu membuat unsur hara tersebrap lebih cepat oleh tanaman. Oleh karena itu, kamu harus secara rutin melakukan pemupukan.

Jika menggunakan pupuk kandang, haluskan terlebih dahulu, lalu taburkan melingkar pada tanaman selama 3 minggu sekali. Sedangkan, jika menggunakan pupuk urea, kamu bisa langsung menaburkannya pada tepi dinding pot juga selama 3 minggu sekali. Kamu juga perlu menyemprotkan pupuk daun sekali dalam seminggu.

7 dari 7 halaman

Panen

Biasanya daun bawang sudah bisa panen dalam waktu 75 hari sejak dipindahkan ke media tanam. Hal ini ditandai dengan jumlah rumpun yang banyak, daun berwarna hijau tua, sedikit keras, dan daun paling bawah sudah mulai menguning.

Cara mudah menanam daun bawang ini patut juga diperhatikan baik-baik. Agar dapat panen berulang kali, pilih daun bawang paling tua untuk dipanen terlebih dahulu. Kamu bisa memanen daun bawnag dengan memotong bagian pangkal batang. Jika masih ada anakan yang masih kecil, biarkan saja tumbuh agar bisa panen lagi nantinya.

Itulah beberapa cara mudah menanam daun bawang di rumah menggunakan pot. Kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya dengan saksama sehingga mendapatkan daun bawang yang berkualitas. Kamu pun tidak perlu susah-susah membeli daun bawang ke pasar dan pengeluaran pun akan lebih hemat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.