Sukses

Webinar Adalah Seminar Online, Begini Fungsi dan Manfaatnya

Liputan6.com, Jakarta Webinar adalah singkatan dari web seminar. Istilah populernya, seminar online. Meskipun dilakukan secara online, tetapi pesertanya tak kalah antusias dengan seminar biasa. Kualitas dan profesional yang dihadirkan juga tak kalah dengan seminar biasa. 

Webinar adalah salah satu bentuk media yang memudahkan proses membagi dan menyaring informasi. Terutama bagi yang tak suka bepergian tetapi tetap ingin mendapat banyak pengetahuan. Entah itu pekerja, ilmuwan, ibu rumah tangga, hingga anak sekolahan. Siapa saja bisa mengikuti sesuai dengan segmentasi.

Webinar adalah seminar online yang berbasis video call. Seminar online ini bisa diselenggarakan oleh siapa saja asal memenuhi kriteria. Untuk bisa mengaksesnya, biasanya panitia webinar akan memberi setelah proses pendaftaran diselesaikan. Bisa link untuk dibuka melalui website maupun melalui aplikasi.

Berikut Liputan6.com ulas webinar adalah seminar online dari berbagai sumber, Jumat (7/8/2020).

2 dari 5 halaman

Webinar Adalah Seminar Online

Webinar adalah seminar online, sedangkan kepanjangannya web seminar. Webinar termasuk media yang kini mulai diandalkan berbagai informasi. Seminar berbasis web ini bisa diakses melalui web dan aplikasi. Kunci utama penggunaanya adalah koneksi internet stabil dan lancar.

Webinar adalah seminar online yang memungkinkan pembicara membagikan materi melalui media elektronik maupun internet. Meski tak dilakukan secara langsung atau tatap muka, tetapi antusias peserta webinar tetap sama dengan seminar biasa. Bahkan, kini keduanya sama-sama efektif dilakukan.

Webinar memungkinkan pengajaran dan berbagai informasi tanpa perlu menggunakan tempat dan ruang yang besar. Webinar bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja jika mau. Bisa gunakan komputer, laptop, ataupun smartphone.

Mekanisme webinar cukup sederhana. Webinar adalah seminar online yang memanfaatkan teknologi video call. Agar proses menyimak lebih longgar dan lancar, hindari melihatnya secara rombongan. Meski sebenarnya cara ini bisa saja dilakukan.

3 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Webinar

Jika sudah mengerti dan memahami webinar adalah seminar online, kini saatnya mengetahui jenisnya. Ada tiga jenis webinar yang bisa dilakukan. Jenis ini akan memudahkan proses dan pelaksanaan acaranya. Bagi pengisi agar lebih mudah mengarahkan pembicaraan. Sementara bagi peserta, agar lebih mudah memahami arah pembicaraannya. Berikut jenis-jenis webinar:

The Lead-Generation or Sales Webinar

Webinar jenis ini biasanya digunakan oleh para pemasar. Tujuannya untuk meningkatkan leads. Peserta juga bisa langsung mendaftarkan diri dan emailnya melalui website yang telah disediakan.

Jika sudah mendaftar dan nama pun terdaftar, peserta akan diberi akses webinarnya. Peserta juga akan mendapatkan materi atau modul yang disampaikan di seminar online. Webinar jenis ini cocok bagi peserta yang ingin mencari banyak informasi dan pemahaman baru.

The One-Off For-Profit Webinar

Jika The Lead-Generation ditujukan untuk memahamkan peserta. Jenis webinar yang satu ini ditujukan untuk mencari keuntungan. Terutama bagi para sales atau pemasar. Bagi para peserta, pastikan memiliki biaya untuk turut serta dalam seminar online ini. Keuntungan bagi pemasar yang akan membuat acara seminar ada di sini.

Bagi peserta yang diminta membayar tenang saja, jenis webinar ini lebih berkualitas. Pengisi seminarnya juga bisa dipastikan akan lebih profesinal dan bisa diandalkan. Uang yang peserta bayarkan akan sepadan dengan ilmu yang didapatkan. Meski begitu, tetap hati-hati dengan penipuan.

The Multi-Module Webinar or Webinar Series

Jenis webinar yang terakhir termasuk golongan yang terbaik. Seluruh topik yang akan dijelaskan oleh pembicara seminar online akan sangat berkualitas. Penjelasannya sudah pasti lebih komprehensif dari biasanya. Bagi peserta yang menginginkan kepuasan materi, bisa mencoba jenis webinar ini. bahkan, bagi peserta yang ingin mengajukan pertanyaan juga dipersilahkan.

4 dari 5 halaman

Fungsi Webinar Bagi Penggunanya

Mengumpulkan Leads

Layaknya mengumpulkan anggota dengan tujuan sama. Webinar akan mempermudahnya. Penonton dan peserta akan lebih mudah terjaring. Bagi pemasar, mereka akan lebih dipermudah melancarkan informasi yang ingin disampaikan.

Mengumpulkan Feedback

Ingin mengetahui hasil dari promo atau campaign bisa dilakukan dengan kuesioner melalui webinar. Bagi yang menginginkan inovasi, bisa mulai menyiapak pertanyaan. Usahakan pertanyaannya relevan dan akan menguntungkan. Jangan asal-asalan karena kesempatan tak akan datang dua kali.

Promosi Produk dan Jasa

Memberikan informasi campaign terbaru atau peluncuran produk bisa dilakukan memalui webinar ini. Meski memudahkan, tetap pastikan informasi mengenai produk dan jasanya bagus. Webinar yang berkualitas pasti memiliki nilai informasi yang kaya dan berguna bagi banyak orang. Tak terkecuali jika webinar tersebut hanya bagian dari promosi produk dan jasa.

5 dari 5 halaman

Manfaat Webinar Bagi Penggunanya

Webinar adalah seminar online yang memiliki banyak jenis. Selain jenis, manfaat dari webinar juga wajib dibahas. Tentu saja agar calon peserta webinar bisa menempatkan diri dan tak ragu untuk mulai mengikutinya. Berikut manfaat webinar bagi setiap penggunanya:

Peserta

Selain pemasar, dalam webinar objek pemasarannya adalah peserta. Tenang saja, para peserta juga pasti akan mendapat keuntungan banyak. Tentu berbeda dengan para pemasar.

Peserta bisa mendapatkan ilmu dari seminar online yang diikutinya. Informasi akan lebih cepat didapat dari seminar ini. Tanpa perlu keluar rumah dan menghabiskan banyak waktu diperjalanan. Informasi yang didapat tetaplah sama kualitasnya.

Pemasar

Bagi para pemasar sudah pasti akan mendapat keuntungan luar biasa. apalgi bagi pemasar yang ingin menjaring leads, wajib bikin webinar. Kemudian bagi yang ingin mempromosikan sebuah produk, dijamin akan ada banyak keuntungan yang didapatkan dan tak mengecewakan. Intinya, pemasar akan lebih mudah membagikan informasi kepada segmentasi yang telah dibuatnya.