Sukses

7 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Olahraga, Rajin Bersepeda

Liputan6.com, Jakarta Menurunkan berat badan, sebenarnya tak hanya berlaku bagi yang ingin tubuh ideal. Berat badan yang seimbang adalah kunci kesehatan jiwa dan raga seseorang. Cara menurunkan berat badan dengan olahraga bisa dijadikan referensinya.

Berolahraga sebenarnya cukup mengasyikkan bukan? Sayangnya sebagian orang menganggapnya sebagai kegiatan yang cukup melelahkan. Padahal, cara menurunkan berat badan dengan olahraga bukan hal yang memberatkan dibanding menahan nafsu makan. 

Justru, cara menurunkan berat badan dengan olahraga membuat upaya mendapat berat badan ideal menjadi lebih menyenangkan. Bahkan, olahraga bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang. Cukup lakukan olahraga yang menurutmu menyenangkan, misalnya seperti bersepeda, jogging, jalan kaki, dan lain sebagainya.

Berikut Liputan6.com ulas cara menurunkan berat badan dengan olahraga dari berbagai sumber, Jumat (7/8/2020).

2 dari 7 halaman

Yoga dan Berenang

Yoga

Yoga merupakan olahraga yang memusatkan pada kekuatan, kelenturan, dan pernapasan. Penelitian di India membuktikan yoga sangat membantu menghilangkan gas berlebih di perut, sehingga melancarkan pencernaan dan menghilangkan lemak di perut.

Hal inilah yang membuat yoga menjadi cara menurunkan berat badan dengan olahraga menjadi lebih menyenangkan. Yoga akan melatih serta menyelaraskan tubuh dan pikiran supaya lebih rileks.

Hingga tubuh mengeluarkan hormon yang bisa membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh secara efektif. Mulailah berlatih yoga selama 10-20 menit setiap hari agar tubuh dapat melakukan sistem metabolisme dengan maksimal.

Berenang

Berenang bisa menjadi cara menurunkan berat badan dengan olahraga yang menyenangkan. Selain berenang dapat membentuk tubuh, berat badan ideal akan didapatkan.

Sebuah studi yang dilakukan melibatkan beberapa wanita paruh baya menunjukan berenang selama 60 menit tiga kali dalam seminggu, dapat mengurangi lemak pada tubuh, meningkatkan fleksibilitas, dan mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung, dan kolesterol.

Berenang melakukan kegiatan yang sangat mudah dan tak memiliki efek samping berbahaya seperti nyeri otot badan sehingga semua kalangan dapat melakukanya.

3 dari 7 halaman

Jalan Kaki Cepat

Jalan kaki cepat juga bisa dijadikan referensi bagi yang sedang berupaya menurunkan berat badan. Cara menurunkan berat badan dengan olahraga yang satu ini tak memberatkan sama sekali. bahkan, bisa sambil bersantai dan menikmati suasana pagi dan sore hari.

Ketika melakukan jalan kaki cepat, tubuh akan membakar 100 hingga 300 kalori dalam 30 menit (disesuaikan dengan berat badan) atau 200 hingga 600 kalori dalam 1 jam. Hal ini dikarenakan tubuh akan membakar gula yang disimpan sebagai bahan bakar atau energi.

Pada sebuah studi dari Kanada juga menemukan bahwa jalan kaki cepat selama satu jam setiap harinya dapat mengurangi lemak perut pada wanita sebanyak 20% selama 13 minggu.

Menurut Jessica Smith, seorang pelatih kebugaran mengatakan, jalan kaki merupakan pilihan yang tepat untuk mendapatkan kebugaran serta mengendalikan berat badan. Selain mudah dilakukan, jalan kaki bisa dilakukan oleh siapa saja, murah, dan praktis.

4 dari 7 halaman

Sit-Up dan Push-Up

Hal mudah lainnya yang bisa dilakukan adalah sit-up dan push-up. Jika suda memutuskannya, berkomitmenlah akan melakukannya secara rutin. Melakukannya secara rutin akan membuatmu mendapat hasil yang maksimal.

Cara menurunkan berat badan dengan olahraga yang satu ini juga cukup sederhana. Lakukan 10 kali sit-up dan 10 kali push-up. Naikkan intensitas latihan setiap harinya.

Hal ini akan membantu menurunkan berat badan dalam waktu yang singkat. Melakukan sit-up dan push-up di pagi hari, dapat bermanfaat untuk mengontrol nafsu makan karena dapat menyebabkan efek mudah kenyang.

5 dari 7 halaman

Bersepeda dan Jogging

Bersepeda

Bersepeda adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Kegiatan ini dapat menjadikan tubuh lebih bugar sekaligus ampuh turunkan berat badan. Bersepeda juga efektif mengurangi stres dan kecemasan. h

Meski bersepeda umumnya dilakukan di luar ruangan, saat ini banyak gym yang memiliki sepeda mesin. Hal ini semakin membuat cara menurunkan berat badan dengan olahraga menjadi lebih menyenangkan. Bersepeda di dalam ruangan ketika jika cuaca di luar tidak memungkinkan menjadi bisa dilakukan.

Bersepeda tidak hanya bagus untuk menurunkan berat badan. Berbagai penelitian telah menunjukan bersepeda dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar dan sehat. Termasuk bisa membantu menurunkan risiko terkena penyakit kanker.

Jogging

Jogging menjadi kegiatan yang sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Jogging ini hampir sama dengan lari. Kecepatan saat melakukan jogging akan berada pada 6.4-9.7 km/jam, sedangkan 9.7 km/jam menjadi kecepatan saat berlari.

Penelitian telah menunjukan bahwa melakukan jogging dapat membakar lemak visceral yang berbahaya, umumnya biasa dikenal lemak yang berada di bagian perut.

Jogging bisa dijadikan pilihan cara menurunkan berat badan dengan olahraga yang rutin dilakukan setiap minggu. Tak perlu langsung dengan durasi lama. Lakukan saja selama 20-30 menit. Paling tidak 3-4 kali pada setiap minggunya.

6 dari 7 halaman

Tanda Harus Turunkan Berat Badan

Sering Merasa Lelah

Sering merasa letih menjadi tanda selanjutnya Anda harus menurunkan berat badan. Peradangan menjadi penyebab situasi ini, hal ini terjadi karena berat badan yang berlebih. Jika Anda merasa lelah ketika hanya melakukan hal-hal yang selalu Anda lakukan. Misalnya seperti berjalan menaiki tangga atau mengajak anjing Anda berjalan-jalan. Hal ini adalah pertanda bahwa kelebihan berat badan membuat terlalu banyak tekanan pada tubuh.

Sering Merasa Lapar

Sering merasa lapar dapat terjadi jika anda terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji, karena jenis makanan ini memiliki efek yang buruk bagi tubuh dan hanya mengenyangkan perut sesaat. Hal tersebut juga mungkin dapat penanda Anda mengidap diabetes tipe 2.

Kolesterol dan Tekanan Darah Tinggi

Selain jadi "gejala" Anda harus segera menurunkan berat badan, kolesterol dan tekanan darah yang tinggi bisa menjadi masalah serius dalam kesehatan Anda jika tidak tidak segera ditangani atau hanya didiamkan saja.

Nyeri

Bila Anda mulai mengalami rasa nyeri pada lutut, pinggul, dan punggung, bisa saja hal tersebut terjadi karena ketegangan yang muncul pada beberapa bagian yang disebabkan kelebihan berat badan. Memaksa sendi pada kaki Anda untuk menopang berat badan yang berlebihan, dapat menyebabkan efek buruk pada bagian-bagian tersebut.

7 dari 7 halaman

Tanda Harus Turunkan Berat Badan

Mendengkur

Jika ternyata Anda mendengkur lebih sering dan lebih keras dari biasanya, itu bisa menjadi pertanda bahwa berat badan Anda menjadi masalah.  Mendengkur dapat mengganggu tidur Anda bahkan ketika Anda tidak menyadarinya, dan menurunkan kualitas tidur Anda. Kelebihan lemak yang cenderung menumpuk di sekitar leher dapat membuat saluran napas Anda lebih kecil, yang dapat menyebabkan peningkatan dengkuran dan bahkan sleep apnea, yang dapat mengancam jiwa.

Lebih Sensitif

Dalam beberapa kasus, kelebihan berat badan dapat menyebabkan beberapa bagian badan terasa sensitif dan lebih mungkin menjadi sakit saat disentuh. Peradangan dapat memengaruhi jaringan lemak yang tepat di bawah permukaan kulit yang menyebabkan kondisi ini. 

Tidak Mau Olahraga

Siapa pun yang benar-benar peduli dengan kesehatannya, harus berolahraga. Nah, jika Anda mulai merasa tidak nyaman dan sulit untuk menyelesaikan rutinitas olahraga karena ukuran tubuh Anda, itu berarti sudah saatnya Anda harus serius untuk menurunkan berat badan. Berolahraga ketika Anda kelebihan berat badan bisa membuat tekanan yang lebih besar pada jantung dan membuat hal itu sedikit lebih berisiko ketimbang seseorang yang memiliki berat badan normal.