Sukses

5 Cara Download Video di Youtube dengan Mudah Lewat HP dan Laptop

Liputan6.com, Jakarta Cara download video di YouTube memang sangat mudah. Salah satu cara yang mungkin sudah dikenal banyak orang adalah menggunakan software Internet Download Manager atau IDM. Namun, sekarang ini sudah banyak cara download video di YouTube yang lebih mudah.

Kamu bisa menerapkan berbagai cara tersebut lewat laptop ataupun HP. Apalagi, sebagai platform video yang sangat populer, YouTube menawarkan berbagai konten yang menarik untuk ditonton. Kamu bisa belajar banyak hal dari menonton YouTube sekarang ini.

Cara Download Video di Youtube bisa menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi. Kamu bebas memilih untuk mengunduh video YouTube dengan aplikasi yang bisa kamu install terlebih dahulu, menggunakan situs web, atau menggunakan ekstensi browser.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (7/8/2020) tentang cara download video di YouTube.

2 dari 6 halaman

SaveFrom.net dan Situs Lainnya

Salah satu cara download video di YouTube yang mungkin sudah banyak dikenal dan digunakan adalah melalui SaveFrom.net. Website ini tentunya sudah sangat dikenal oleh orang-orang yang sering mengunduh video YouTube. 

Cara download video di YouTube yang pertama ini juga sangatlah mudah. Cukup dengan menyalin link video YouTube yang kamu inginkan, lalu tempel di kolom download. Setelah itum kamu tinggal download video tersebut, yang tidak akan berjalan lama. Kamu juga bisa memilih kualitas video yang kamu inginkan. Hal ini tentunya juga bergantung pada kualitas video yang kamu download.

Selain menggunakan SaveFrom.net ini, kamu juga bisa menggunakan situs lainnya seperti y2mate.com, vidpaw.com, lilsubs.com, youtubnow.com, tubeninja.net, hingga dredown.com/YouTube.

3 dari 6 halaman

Tambah SS pada URL Video

Cara download video di YouTube selanjutnya merupakan cara yang paling mudah, yaitu tingga menambahkan ‘ss’ pada URL video. Cukup dengan membuka link video yang ingin kamu download.

Kemudian, pada link tersebut tambahkan ‘ss’ tepat di depan tulisan YouTube sehingga linknya menjadi ‘ssyoutube’. Setelah itu akan muncul halaman baru yang merupakan tampilan situs SaveFrom.net.

Contohnya sebagai berikut:

https://www.youtube.com/watch?v=bdX2DM2DjUY&t=20s

menjadi

https://www.ssyoutube.com/watch?v=bdX2DM2DjUY&t=20s

Cara download video di YouTube ini memang sangat mudah. Kamu juga bisa memilih kualitas video yang akan kamu download pada tahap selanjutnya.

4 dari 6 halaman

Add-ons Easy YouTube Video Downloader Express

Selanjutnya, berbeda dengan cara download video di YouTube sebelumnya, kamu bisa menggunakan add-ons di browser. Add-ons ini bernama Easy YouTube Video Downloader Express yang biasanya disediakan oleh tiap browser.

Cara download video di YouTube ini juga sangat mudah. Pertama, ketik kata kunci’ Easy YouTube Video Downloader Express’ ke dalam pencarian add-ons. Setelah ketemu, klik add-ons tersebut hingga muncul halaman baru. Setelah itu, klik ‘add to firefox’ untuk menambahkan add-ons tersebut pada browser firefox.

Untuk mengetahui apakah add-ons ini sudah terpasang, caranya adalah melalui menu Extensions yang terdapat dalam menu add-ons. Pada menu tersebut, kamu akan menemukan apakah Easy YouTube Video Downloader Express sudah terpasang atau belum.

Jika sudah, kamu dapat membuka situs YouTube untuk memilih video yang ingin kamu download. Dengan cara ini, kamu tidak perlu menyalin link video untuk ditempel, karena di bawah video kamu akan menemukan tombol yang digunakan untuk download video pilihanmu.

 

5 dari 6 halaman

Videoder dan Aplikasi Lainnya

Cara download video di YouTube juga bisa dengan menggunakan aplikasi, salah satunya videoder. Melalui aplikasi Videoder, kamu dapat menentukan ingin download video dengan format MP3 atau MP4, bahkan video dengan kualitas HD dalam waktu singkat.

Menggunakan aplikasi ini juga bisa untuk mengunduh video di Instagram. Kamu juga bisa menungunduh beberapa video dalam waktu bersamaan, jadi tidak perlu menunggu lama.

Cara Download Video di YouTube menggunakan Videoder cukup mudah, tinggal install aplikasi videoder di HP atau perangkat lainnya. Setelah itu, buka aplikasi, lalu pilih ikon YouTube yang terdapat pada interface aplikasi.

Kamu akan menemukan tampilan seperti mengakses YouTube secara langsung. Cari video yang ingin kamu download. Perhatikan bagian bawah video, lalu kamu dapat memilih langsung kualitas video yang diinginkan, seperti MP3, MP4, HD dan lainnya. Kemudian, tunggu hingga video selesai diunduh dan tersimpan otomatis ke penyimpanan internal HP.

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi lainnya seperti VidMate sebagai cara download video di YouTube.

6 dari 6 halaman

Download Langsung di YouTube

YouTube juga menyediaka fitur yang membuat kamu bisa download langsung dari aplikasi, baik itu di laptop, maupn HP Android dan iPhone. Cara download video di YouTube ini bahkan lebih mudah lagi, kamu tinggal klik ikon ‘download’ yang ada di bawah video YouTube yang kamu inginkan.

Walau kamu bisa nonton video YouTube secara offline tanpa jaringan internet, dengan cara ini kamu tidak bisa menyimpan video ke memori HP atau laptop. Untuk menonton video YouTube yang telah kamu download tersebut, kamu bisa membukanya di menu Library lalu, pilih opsi Downloads. Cara download video di YouTube satu ini memang tidak membuat kamu bisa mengunduh semua video terkait dengan copyright.