Sukses

25 Oleh-Oleh Khas Turki yang Wajib Dibeli

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda sedang berlibur di Turki, maka jangan sampai lupa untuk membawa beberapa oleh-oleh khas Turki untuk sanak saudara dan kerabat di Tanah Air. Sebab, beberapa oleh-oleh khas Turki tersebut sudah pasti sulit didapatkan di tempat lain.

Turki memang memiliki keunikannya sendiri, itulah mengapa oleh-oleh khas Turki sangat berbeda dibandingkan dengan negara-negara lain. Memang, berbagai oleh-oleh khas Turki ini tidak lepas dari peradaban yang sudah berlangsung ribuan tahun lalu.

Nah, jadi oleh-oleh khas Turki apa saja yang cocok untuk dibawa ke Tanah Air? Berikut ini Liputan6.com telah merangkumnya dari berbagai sumber, Minggu (9/8/2020).

2 dari 6 halaman

Oleh-oleh khas Turki yang Pertama

1. Buah kering

Salah satu provinsi di Turki yaitu Malatya, merupakan daerah penghasil hampir 85% aprikot di dunia. Jadi jika Anda ada di sekitar daerah Malatya, jangan lupa untuk membelu berbagai macam aprikot kering serta buah kering lainnya.

2. Turkish Delight

Oleh-oleh khas Turki selanjutnya bernama “Turkish Delight” atau lokum yang merupakan salah satu jenis makanan penutup. Lokum ditemukan oleh Haci Bekir Efendi, yang sudah memproduksi makanan tersebut di lingkungan Bahcekapi Istanbul sejak tahun 1777.

3. Baklava

Selanjutnya yaitu Baklava, yang juga merupakan makanan penutup khas Turki. Makanan ini sangat terkenal di daerah Timur Tengah, Balkan, dan Asia Selatan. Baklava terbuat dari campuran kacang-kacangan yang ditabur di antara lembaran-lembaran adonan. Selanjutnya, disiram dengan sirup gula ketika akan disantap.

Oleh-oleh khas Turki ini bisa bertahan selama tiga hari apabila Anda ingin membawanya pulang. Untuk mendapatkannya, Anda bisa ke berbagai tempat di Turki, tapi ada lokasi terbaik untuk membeli Baklava, yaitu di Kota Gaziantep.

4. Teh Trabzon

Teh memang menjadi hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Turki. Salah satu sentra produksi teh tersebut ada di daerah Laut Hitam, tepatnya di kota Trabzon. Ada berbagai jenis teh di kota Trabzon yang tidak bisa ditemui di daerah lain, seperti Istanbul hingga Ankara.

5. Marzipan

Marzipan merupakan olahan yang dikenalkan ke orang Eropa oleh Turki dalam bentuk “badem ezmesi” atau pasta almond. Bentuk dari Marzipan sendiri mulai dikembangkan pada masa pemerintahan Raja Suleiman. Hingga saat ini, penjual Marzipan yang paling terkenal berada di bekas ibukota Ottoman, Edirne, tepatnya di toko keluarga Kececizade dan Arslanzade.

3 dari 6 halaman

Oleh-oleh khas Turki Masih dari Jenis Makanan

6. Permen Kastanye

Makanan manis ini berasal dari Bursa. Permen ini terbuat dari Chestnut yang diambil dari sekitar Gunung Uludag, lalu direbus dalam sirup gula. Permen kastanye memiliki beberapa variasi, salah satunya permen dengan taburan cokelat.

7. Es krim Maras

Apabila Anda mengunjungi kota Kahramanmaras, maka jangan sampai melewatkan es krim Maras. Es krim tersebut tercipta secara tidak sengaja, ketika proses pembuatan minuman Sahlep yang terbuat dari biji anggrek. Es krim Maras sendiri terbuat dari susu kambing dan bisa bertahan hingga tiga hari apabila didinginkan dengan es kering.

8. Safranbolu Lokum

Jika sedang di kota Safranbolu dekat Laut Hitam, Anda harus mencoba berbagai variasi rasa Lokum. Sebab, kota bersejarah ini terkenal akan berbagai jenis hidangan khas Turki, yaitu Saffron yang unik dan rasanya berbeda karena adanya tambahan pistachio dan kelapa.

9. Höşmerim

Makanan ini berasal dari provinsi Balikesir. Höşmerim merupakan sajian penutup khas musim panas karena makanan ini termasuk makanan ringan dengan kandungan semolina dan keju. Untuk mendapatkan makanan ini, Anda bisa mengunjungi distrik Havran Balikesir yang sudah sejak 500 tahun lalu membuat dan menjual Höşmerim.

10. Pişmaniye

Pişmaniye adalah sajian yang memiliki rasa manis dan teksturnya halus. Makanan ini dibuat dengan mencampurkan tepung, mentega, dan gula yang dipanggang. Hidangan ini sudah dikenal sejak awal abad ke-15.

4 dari 6 halaman

Oleh-oleh khas Turki Berupa Barang

11. Karpet Turki

Untuk membeli oleh-oleh khas Turki ini, Anda bisa mengunjungi Hereke. Kota ini terletak di barat laut Kocaeli yang berdekatan dengan Istanbul. Mengapa di kota tersebut? sebab, pabrik karpet tertua di Turki ada di kota Hereke. Bahkan, sebagian besar karpet yang ada di istana bersejarah Istanbul diproduksi di kota Hereke.

12. Sutra Foulards

Ketika zaman Utsmani, kota Bursa adalah pusat penghasil kain tenun yang bersejarah di Turki. Tapi, pada saat ini Denizli menggantikan posisi kota Bursa di pasar dunia. Apabila Anda berada di Bursa, Anda bisa menuju ke Kozahan untuk mencoba sutra Foulard dan syal.

13. Tembikar İznik

Tembikar İznik adalah kerajinan keramik yang dihiasi dengan seni “Çini”. Seni tersebut merupakan seni yang berkembang dari abad ke-15 hingga akhir abad ke-17. Jika penasaran dengan tembikar tersebut, Anda bisa mengunjungi Istana Topkapı di Istanbul. Namun, jika Anda ingin membelinya bisa menuju ke barat laut kota İznik.

14. Lampu kaca mosaik

Oleh-oleh khas Turki ini merupakan seni tradisional yang mewarnai kehidupan sehari-hari masyarakat di zaman Utsmani. Lampu kaca mosaik bisa Anda dapatkan di Grand Bazaar atau bazaar bersejarah lainnya yang ada di Turki.

15. Batu Oltu

Apabila sedang di Erzurum, Anda harus mengunjungi distrik Oltu yang sangat bersejarah. Batu Oltu merupakan batu semi-logam mulia, yang secara tradisional sudah digunakan dalam pembuatan cincin, anting, kalung, gelang, pin dasi, pipa rokok, hingga tasbih. Batu Oltu juga dikenal dengan sebutan amber hitam. Batu ini memiliki bobot yang ringan dan uniknya bisa membakar suatu benda ketika digosok ke permukaan benda tersebut.

5 dari 6 halaman

Oleh-oleh khas Turki Lainnya

16. Nazar Amulet

Benda ini diyakini sebagai jimat oleh masyarakat Turki. Bentuknya menyerupai mata dan dipercaya dapat melindungi dari kejahatan. Manik-manik dengan aksen hitam dan biru tersebut bisa ditemukan di berbagai tempat di Turki. Namun, ada salah satu desa yang  menjadi sentra pembuatan amulet, yaitu desa Nazarköy.

17. Patung miniatur Nemrut

Gunung Nemrut merupakan gunung tertinggi di pegunungan Taurus Timur, Turki tenggara. Di daerah tersebut terdapat Hierotheseion atau kuil-kuil, makam, dan rumah yang dipercaya sebagai tempat tinggal para dewa, yang dibangun oleh Raja Helenistik Antiochos I (69-34 SM) sebagai monumen untuk dirinya sendiri. Patung miniature tersebut dapat dibeli di sekitar kota Adiyaman.

18. Seni Ebru

Kertas marbling adalah jenis metode desain di atas permukaan air yang bisa menghasilkan pola mirip marmer halus atau batu lainnya. Di Turki, metode tersebut dikenal dengan “ebru”. Salah satu lokasi terbaik untuk mendapatkan barang kesenian ini, Anda bisa menuju ke Cappadocia.

19. Cezve

Jika Anda pernah menikmati kopi ala Turki, maka Anda harus membeli panci untuk membuatnya. Panic tersebut bernama Cezve, terbuat dari tembaga, seng, atau alumunium. Untuk menemukannya Anda cukup menuju ke Grand Bazaar Istanbul.

20. Çaydanlık

Selain kopi, Turki memiliki budaya minum teh dengan menggunakan Caydanlik. Barang ini digunakan untuk mengolah teh khas Turki. Çaydanlık terdiri dari dua bagian, yaitu atas dan bawah, dimana bagian atas untuk merebus teh dan bagian bawah untuk merebus air. Çaydanlık bisa Anda temukan di tiap toko ketika berada di Turki. Namun, untuk memiliki yang bentuknya tradisional, Anda bisa mengunjungi Grand Bazaar Istanbul.

6 dari 6 halaman

Oleh-oleh khas Turki yang Terakhir

21. Copperware

Ketika berada di kota Erzincan timur, Anda tak boleh melewatkan Bakircilar Carsisi yang menjual berbagai kerajinan dari tembaga, mulai dari hiasan hingga alat dapur.

22. Çeşm-i Bülbül

Çeşm-i Bülbül atau yang memiliki arti mata burung bulbul, merupakan alat dapur tradisional yang diproduksi dengan cara melelehkan kaca berwarna-warni hingga pipih pada suhu tinggi. Alat dapur terebut awalnya dibuat oleh ahli pembuat kaca Ottoman yang dikirim ke Venesia oleh Sultan Ottoman Selim III.

23. Patung Menara Maiden

Menara Maiden di Bosphorus menjadi salah satu simbol Istanbul sejak periode Bizantium abad pertengahan. Bagian dalam menara tersebut sudah diubah menjadi kafe dan restoran dengan pemandangan bekas ibukota Romawi, Bizantium, dan Ottoman. Di sini, Anda dapat membeli patung miniatur menara Maiden langsung di lokasi tersebut atau di Uskudar yang ada di seberang selat Bosphorus.

24. Batu Lule

Batu ini pertama kali ditemukan ahli mineralogi Jerman pada pertengahan abad ke-19. Batu putih ini menjadi simbol kota Eskisehir. Batu ini memiliki kandungan magnesium dan silikon yang tinggi. Batu Lule bisa dijadikan berbagai benda seperti pipa stilistik.

25. Patung Kuda Troya

Lalu, oleh-oleh khas Turki yang terakhir yaitu patung kuda Troya. Patung ini bisa Anda temukan di situs kuno Troy di provinsi Canakkale. Di sini Anda bisa membeli miniatur kuda Troya sebagai oleh-oleh. Kuda Troya sendiri merupakan legenda dari orang Yunani, yang dahulu membangun kuda kayu besar dan menyembunyikan kekuatan orang-orang terpilih didalam patung kuda tersebut untuk menaklukkan Troy.