Sukses

5 Manfaat Konsumsi Buah Kering untuk Kesehatan, Kaya Nutrisi

Liputan6.com, Jakarta Tidak hanya buah yang masih dalam kondisi segar saja ternyata yang memiliki beragam manfaat. Sebab ada beberapa manfaat konsumsi buah kering untuk kesehatan yang layak diperhitungkan. Bahkan berbagai manfaat konsumsi buah kering untuk kesehatan ini sudah diakui di dunia kedokteran.

Untuk mendapatkan manfaat konsumsi buah kering ini bisa berasal dari jenis kurma, apricot, atau ara. Selain itu, buah apel yang dikeringkan juga memiliki berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan di dalamnya.

Mungkin Anda berpikir jika buah kering kehilangan kandungan seperti vitamin dan mineral di dalamnya, nyatanya kandungan tersebut masih tetap ada di dalam buah kering tersebut. Maka dari itu tidak ada salahnya untuk mengonsumsi buah kering secara teratur, namun tetap dalam takaran saji yang secukupnya, ya.

Sebab, rasa nikmat dari buah kering tersebut terkadang membuat lupa jika jumlah konsumsinya terlalu berlebihan. Hal ini justru bersiko menyebabkan kenaikan gula darah yang kurang baik. Maka dari itu tetap atur jumlah konsumsi buah kering yang menjadi favorit Anda.

Jadi, apa saja manfaat konsumsi buah kering untuk kesehatan tersebut? Supaya Anda tidak terus-terusan penasaran, maka di bawah ini Liputan6.com telah merangkum manfaat konsumsi buah kering untuk kesehatan tersebut dilansir dari Livestrong, Minggu (9/8/2020).

2 dari 6 halaman

1. Serat Tinggi

Manfaat konsumsi buah kering yang pertama, adalah manfaat yang berasal dari serat buah kering tersebut. Bahkan, buah kering sendiri umumnya memiliki kandungan serat yang lebih banyak. Serat yang terkandung pada buah kering ini sangat mampu menjaga sistem pencernaan.

Ada beberapa jenis buah kering yang bisa menjadi pilihan, salah satunya buah aprikot kering. Dalam tiap cangkir buah aprikot kering terdapat 6,5 gram serat di dalamnya. Padahal, di dalam buah aprikot segar justru hanya teradapat serat sebanyak 3,1 gram saja.

Selain aprikot, Anda juga bisa mendapatkan manfaat serat dari jenis buah kering lainnya, yaitu kismis. Di dalam buah kering ini tiap satu cangkirnya terkandung serat sebesar 5,4 gram lebih banyak jika dibandingkan 1,4 gram anggur tanpa biji.

Manfaat dari adanya serat ini tidak hanya membantu menjaga sistem pencernaan Anda saja. Menurut Harvard School of Public Health, serat dalam berbagai jenis buah kering ini dapat membantu mencegah obesitas, penyakit jantung serta beberapa penyebab risiko penyakit kanker.

3 dari 6 halaman

2. Antioksidan

Manfaat konsumsi buah kering untuk kesehatan selanjutnya, yaitu adanya kandungan antioksidan di dalam buah kering tersebut. Menurut sebuah studi tahun 2005 di Journal of American College of Nutrition. Buah kering memiliki jenis antioksidan yang sangat baik, yaitu phenols.

Phenols sendiri merupakan sejenis antioksidan yang kandungannya lebih banyak pada buah seperti kurma dan buah ara apabila dibandingkan dengan beberapa jenis buah segar. Itulah mengapa banyak peneliti yang sangat menyarankan untuk banyak mengonsumsi mengonsumsi buah kering.

Adanya kandungan antioksidan tersebut sudah banyak diketahui sangat baik dalam melawan berbagai macam risiko penyakit, seperti penyakit jantung, kanker, osteoporosis, diabetes, kanker, hingga berbagai penyakit degeneratif pada otak.

4 dari 6 halaman

3. Densitas Gizi

Hal ini disebabkan karena sebagian besar air yang terkandung pada buah diekstraksi dalam proses pengeringan. Itulah mengapa pada akhirnya nutrisi yang terkandung di dalam buah kering menjadi terkondensasi. Menurut European Food Information Council, jenis buah kering seperti aprikot, kismis, plum, serta buah ara memiliki kandungan yang sangat banyak dan baik bagi tubuh, yaitu beta karoten, vitamin E, niasin, besi, magnesium, potassium, dan kalsium yang sangat tinggi.

5 dari 6 halaman

4. Lemak dan Kalori

Kandungan lemak yang terdapat di dalam buah kering ternyata sangat sedikit. Namun, dengan kandungan lemak yang sedikit, buah ternyata tetap mengandung kalori yang cukup untuk menjadikannya sumber energi alami, khususnya bagi para atlet. Bahkan, buah kering juga merupakan suplemen bagi orang yang ingin menambah berat badan dengan sehat, karena kalori yang ada di dalam buah kering merupakan kalori baik dan rendah akan kandungan gula dan lemak.

6 dari 6 halaman

5. Cegah Kanker

Manfaat konsumsi buah kering untuk kesehatan yang terakhir, adalah kemampuan buah kering dalam mencegah kanker. Banyak penelitian yang mengatakan jika sebuah apel segar saja bisa membuat Anda terhindar dari penyakit.

Itulah mengapa, jika Anda mengonsumsi jenis buah apel dan aprikot kering setiap hari, akan menurunkan risiko terkena kanker. Hal ini tidak lepas dari kandungan buah apel dan aprikot yang berupa phytonutrients dimana memiliki fungsi sebagai antioksidan alami dan juga sebagai sumber serat yang baik bagi pencernaan. Tentunya, tidak lupa buah kering tersebut memiliki kandungan berupa vitamin seperti vitamin A, vitamin C, serta zat besi.

Nah, jadi tunggu apalagi? Segera dapatkan berbagai manfaat konsumsi buah kering untuk kesehatan tersebut. Tapi ingat, batasi jumlah konsumsinya dan jangan berlebihan.