Sukses

9 Cara Mengecilkan Perut yang Ampuh dan Cepat

Liputan6.com, Jakarta Cara mengecilkan perut tampaknya menjadi hal yang cukup dicari-cari oleh banyak orang, Anda mungkin salah satunya. Wajar saja, sebab perut yang buncit bisa menyebabkan menurunnya percaya diri ketika di tempat umum.

Selain mengganggu penampilan dan percaya diri, ketika perut sudah terlalu buncit akan menyebabkan rasa sesak dan tidak nyaman, terutama ketika melakukan gerakan tertentu seperti menunduk atau duduk. Hal ini karena perut menjadi pengganjal yang mempersulit gerakan.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, sebab ada cara mengecilkan perut yang cukup efektif. Apakah memerlukan biaya mahal? Tentu tidak, karena cara mengecilkan perut ini sebenarnya berasal dari mengubah gaya hidup dan konsumsi makanan sehari-hari.

Selain itu, cara mengecilkan perut ini juga tidak mengharuskan Anda untuk menjadi anggota di tempat fitness yang terkadang membutuhkan biaya tidak sedikit. Sebab, olahraga yang diperlukan agar hasil dari cara mengecilkan perut ini maksimal, tidak memerlukan alat khusus, cukup memanfaatkan bobot tubuh saja.

Di bawah ini Liputan6.com telah melansir dari Medical News Today, mengenai cara mengecilkan perut tersebut. Tapi ingat, efektif atau tidaknya hasil dari cara mengecilkan perut tergantung konsisten dan niat Anda, Senin (10/8/2020).

2 dari 4 halaman

Cara Mengecilkan Perut yang Pertama

1. Konsumsi Makanan Rendah Kalori

Salah satu cara mengecilkan perut yang cukup efektif, yaitu dengan membatasi kalori sedikit mungkin. Hal ini akan membantu dalam mengurangi lemak terutama di area perut. Mengapa harus mengonsumsi makanan rendah kalori? Sebab, ketika kalori yang dikonsumsi sedikit, dan tubuh digunakan untuk aktivitas tinggi, maka lemak di tubuh akan menjadi bahan bakar yang utama dalam menjalankan aktivitas tersebut.

Jadi, mulai saat ini coba untuk mengganti makanan dengan nutrisi rendah dan kalori tinggi, dengan makanan yang memiliki kandungan nutrisi tinggi dan kalori rendah seperti buah, sayuran, gandum utuh dan lain sebagainya.

2. Kurangi Minuman Manis

Konsumsi gula yang terlalu banyak ternyata menjadi penyebab kenaikan berat badan dan perut buncit. Lemak di perut bisa meningkat karena resistensi insulin dan hal ini bisa memicu peradangan di seluruh tubuh.

Memang, mengurangi asupan gula menjadi sangat sulit. Itulah mengapa, selalu lakukan pengecekan kandungan gula baik dari makanan ringan atau minuman ringan yang dijual di pasaran.

3. Pilih Karbohidrat yang Tepat

Karbohidrat sederhana atau olahan, ternyata memiliki nilai gizi yang rendah namun berkalori tinggi. Karbohidrat ini bisa ditemui dalam roti putih, biji-bijian olahan, serta makanan dan minuman manis.

Penelitian juga mengaitkan karbohidrat olahan dengan bertambahnya jumlah lemak perut. Maka dari itu, coba ganti karbohidrat sederhana dengan karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks sendiri bisa ditemukan pada berbagai jenis buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

3 dari 4 halaman

Cara Mengecilkan Perut Selanjutnya

4. Makan Banyak Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran merupakan sumber karbohidrat kompleks yang menjadi alternatif makanan sehat dan rendah kalori dibandingkan jenis makanan dengan karbohidrat sederhana.

Selain itu, buah dan sayuran juga menambah asupan serat bagi tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa serat dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, penumpukan lemak visceral, kelebihan berat badan, serta membantu mengatur gula darah.

5. Konsumsi Protein Tanpa Lemak

Sumber protein tanpa lemak bisa berasal dari kacang-kacangan, polong-polongan, serta daging tanpa lemak. Menambahkan protein tanpa lemak tersebut ke dalam makanan dapat membantu mempercepat perasaan kenyang setelah makan dan menurunkan keinginan untuk mengonsumsi camilan manis.

6. Pilih Jenis Lemak Sehat

Cara mengecilkan perut selanjutnya, yaitu dengan memilih jenis lemak sehat untuk dikonsumsi. Lemak sendiri sebenarnya diperlukan bagi tubuh, namun jenis lemak yang dikonsumsi haruslah lemak yang sehat.

Sebisa mungkin hindari jenis lemak jenuh dan lemak trans, karena sangat tinggi risikonya menjadi penyebab penyakit pada jantung serta stroke. Lemak jahat tersebut juga dapat menyebabkan penambahan berat badan dan menjadi sumber utama peyebab bertambahnya lemak visceral.

Beberapa jenis makanan dengan kandungan lemak sehat bisa dengan mudah ditemukan, antara lain:

1. Alpukat

2. Chia Seed

3. Telur

4. Lemak ikan

5. Kacang-kacangan

6. Minyak Zaitun, Canola, dan jenis minyak sehat lainnya

4 dari 4 halaman

Cara Mengecilkan Perut yang Terakhir

7. High Intensity Interval Training (HIIT)

HIIT merupakan jenis olahraga yang sangat efektif membakar lemak. Contoh olahraga HIIT ini misalkan, jalan kaki selama 3 menit, kemudian berlari selama 30 detik, dan lakukan sebanyak 5 putaran. Menurut penelitian pada tahun 2011, menunjukkan bahwa HIIT dapat mengurangi lemak tubuh lebih efektif dibandingkan jenis olahraga lainnya.

8. Rajin Bergerak

Meningkatkan gerakan ketika beraktivitas harian juga menjadi hal penting dalam proses pembakaran lemak dan menyusutnya perut. Selain itu, melakukan gerakan lebih banyak ketika beraktivitas juga dapat memperkuat otot dan meningkatkan mood.

Cara menambah gerakan dalam aktivitas sehari-hari bisa dimulai dari peregangan ketika sedang bekerja dan usahakan tidak terlalu lama duduk. Lalu, ketika akan naik ke lantai atas, usahakan menggunakan tangga dibandingkan lift. Untuk berangkat kantor misalnya, ada baiknya menggunakan sepeda atau berjalan kaki.

9. Kardio

Latihan kardiovaskular atau kardio, bisa membuat jantung terpompa. Kegiatan ini juga ampuh dalam membakar kalori, membantu mengurangi lemak tubuh, serta mengencangkan otot. Ada beberapa latihan kardio yang bisa Anda lakukan sebagai cara mengecilkan perut, seperti lari-lari, renang, serta olahraga yang membutuhkan gerakan tubuh lebih.