Sukses

5 Jenis Kulit Wajah dan Cara Mengenalinya, Penting untuk Perawatan

Liputan6.com, Jakarta Jenis kulit wajah penting dikenali untuk melakukan perawatan. Hal ini karena beda jenis kulit wajah, maka berbeda pula perawatan yang harus dilakukan. Bahkan, produk perawatan kecantikan setiap jenis kulit pun juga tidak bisa disamakan.

Jenis kulit wajah seseorang bisa berubah seiring bertambahnya usia. Berbagai faktor lainnya seperti genetik, kondisi kesehatan, hingga faktor lingkungan seperti debu, sinar matahari, dan polusi juga dapat memengaruhi jenis kulit wajah. Bahkan kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol juga memiliki pengaruh terhadap jenis kulit wajah seseorang.

Jenis kulit wajah sangat berpengaruh terhadap produk dan perawatan yang perlu kamu gunakan. Kamu bisa mengenali jenis kulit wajah dari kandungan air pada kulit yang memengaruhi elastisitas, kandungan minyak yang memengaruhi kelembutan dan nutrisi, dan tingkat kepekaan kulit terhadap zat tertentu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (11/8/2020) tentang jenis kulit wajah.

2 dari 6 halaman

Kulit Wajah Normal

Jenis kulit wajah yang pertama adalah kulit wajah normal. Jenis kulit wajah ini memiliki jumlah kandungan air dan minyak yang seimbang, sehingga tidak menyebabkan kulit terlalu kering ataupun berminyak.

Cara mengenali kulit wajah normal adalah sebagai berikut:

- Warna kulit cenderung merata

- Memiliki tekstur lembut dan halus

- Pori-pori pada wajah tidak terlihat besar,

- Tidak memiliki komedo, jerawat, noda merah, dan masalah kulit lainnya.

- Kulit wajah normal biasanya memiliki tingkat sebum dan hidrasi yang seimbang (kulit tidak mudah kering atau terlalu berminyak)

Jenis kulit wajah normal ini biasanya tidak memilik banyak masalah dan mudah dirawat. Perawatan yang harus dilakukan pada jenis kulit wajah normal adalah dengan membersihkan wajah secara teratur. Gunakan pelembap yang sesuai jenis kulit wajah normal, serta pakai tabir surya saat akan melakukan kegiatan di luar ruangan.

3 dari 6 halaman

Kulit Wajah Kering

Jenis kulit wajah kering biasanya terjadi karena rendahnya kelembapan pada lapisan kulit terluar. Hal inilah yang membuat kulit wajah kering ini mudah mengalami keretakan dan pecah-pecah pada permukaan kulit. Penyebab kamu memiliki kulit kering bisa beragam, seperti faktor genetik, usia, faktor lingkungan, hingga karena bahan yang terkandung dalam produk sabun, kosmetik, dan pembersih.

Cara mengenali kulit wajah kering adalah sebagai berikut:

- Memiliki pori-pori kulit yang hampir tak terlihat

- Permukaan luar kulit terlihat kasar dan kusam

- Kulit kurang elastis.

- Jenis kulit ini juga lebih mudah memerah, gatal, bersisik, dan meradang.

- Setelah mandi kulit akan terasa kencang, pecah-pecah, dan bersisik.

- Jumlah sebum pada kulit kering lebih sedikit

Untuk perawatan jenis kulit wajah kering, kamu perlu menggunakan produk perawatan yang mengandung pelembap intensif. Selain itu, hindari penggunaan produk perawatan kulit yang memiliki kandungan detergen dan alkohol karena akan membuat kulit kering iritasi dan jaringan epidermis kulit rusak.

4 dari 6 halaman

Kulit Wajah Berminyak

Jenis kulit wajah berminyak terlihat lebih licin dan mengkilap karena produksi minyak atau sebum yang berlebih. Walaupun sebum ini berfungsi untuk melembapkan kulit, namun kelebihan produksi sebum dapat mengakibatkan wajah berminyak, pori-pori tersumbat, hingga membuat kulit rentan berjerawat.

Cara mengenali kulit wajah berminyak adalah sebagai berikut:

- Terlihatnya minyak berlebih pada wajah sehingga wajah berkilau

- Ukuran pori-pori cenderung besar

- Terdapat jerawat dan komedo.

Beberapa penyebab kulit berminyak adalah genetik, pubertas, cuaca panas, stres, dan efek obat-obatan seperti antibiotik. Sedangkan, cara merawat jenis kulit wajah berminyak adalah dengan rajin mencuci muka menggunakan air hangat suam-suam kuku atau menggunakan pembersih yang memiliki kandungan anti jerawat untuk menghilangkan jerawat pada kulit berminyak.

5 dari 6 halaman

Kulit Wajah Sensitif

Jenis kulit wajah selanjutnya adalah kulit wajah sensitif. Jenis kulit wajah sensitif ini biasanya sangat peka dan mudah sekali mengalami alergi atau iritasi dan ruam sebagai reaksi terhadap faktor tertentu. Faktor seperti lingkungan, makanan, atau penggunaan produk kosmetik sangat berpengaruh terhadap jenis kulit ini.

Cara mengenali kulit wajah sensitif adalah sebagai berikut:

- Wajah sering berubah kemerahan

- Kulit sering terasa kencang dan terdapat rasa menusuk pada wajah

- Juga merasakan sensasi panas atau perih pada wajah.

Jenis kulit wajah ini mudah bereaksi pada produk kosmetik yang terlalu keras atau yang tidak cocok dengan kondisi wajah. Cara merawatnya bisa dengan mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kulit Anda bereaksi seperti sinar matahari langsung atau udara yang terlalu dingin.

6 dari 6 halaman

Kulit Wajah Kombinasi

Jenis kulit wajah kombinasi adalah perpaduan antara kulit berminyak dan kulit kering. Cara mengenali jenis kulit wajah ini biasanya ditandai dengan kulit wajah yang berminyak di zona T, yaitu area dagu, hidung, dan dahi, serta kulit kering di area pipi. Hal ini dapat dipengaruhi oleh faktor genetik dan peningkatan hormon selama masa pubertas.

Cara terbaik untuk merawat kulit wajah kombinasi adalah dengan menggunakan produk pembersih dan pelembap yang diformulasikan khusus untuk jenis kulit wajah kombinasi. Dnegan begitu, kadar minyak di daerah zona T akan berkurang, dan area pipi lebih lembap. Hindari penggunaan produk pembersih yang mengandung alkohol, asam salisilat, dan benzoil peroksida. Bahan-bahan ini dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kering.